Home » » Pengertian Wihdatul Wujud dan Tokohnya

Pengertian Wihdatul Wujud dan Tokohnya

   
Pengertian Wihdatul Wujud dan Tokohnya

A. Pengertian Wihdatul Wujud

Wihdatul Wujud terdiri dari dua kata yakni  wahdat dan wujud, wahdah memiliki mempunyai makna  tunggal dan wujud ada, dengan begitu   wihdatul-wujud berarti kesatuan wujud. Pada kelanjutannya kata wahdah oleh ulama’ klasik dita’rifkan sebagai satu kesatuan yang Zatnya tak dapat dipecah  oleh sesuatu yang sekecil apapun. Di samping  dari dua definisi  diatas kata wahdah oleh para berpengalaman filsafat dan semua  sufistikditafsirkan  bahwa kata wahdah sebagai kesatuan antara pelajaran  dan roh, hakekat dan bentuk, bermunculan  dan batin, Allah dan alam. Pengertian yang ketiga berikut  yang dipakai  oleh semua  sufi yang memiliki  paham bahwa insan  dan alam ialah  satu kesatuan wujud.

Sebenarnya  wihdatul wujud memiliki  pemahaman yang paling  kompleks danpaling  sulit guna  ditangkap., untunglah Syekh Akbar Ibnu Arabi selaku pencetus paham ini mengilustrasikan  wihdatul wujud ( kesatuan jiwa ) dengan paling  jelas mengenai  hubungan tuhan dan alam dalam konsep kesatuan wujud.

وما الوجه إلا واحد غير أنه انت أعددت المرابا تعددا
“wajah tersebut  satu namun  jika anda  memperbanyak cermin maka ia punbakal  menjadi banyak, akan namun  wajahnya tetap satu”.

Tasawwuf ibnu arabi tidak saja  manusia saja yang menyatu dengan tuhanbakal  tetapi semua  makhluk hidup yang terdapat  di muka bumi ini. Maka dari tersebut  Filsafat ibnu arabi oleh semua  ilmuwan dinamakan  Panteisme.

Para penyokong   wihdatul wujud melafalkan  segala macam-macam benda dan makhluk yang terdapat  di alam ini adalah manifestasi dari pada Tuhan. Tuhan di sini bukan dalam makna  esensi ( dzat) akan namun  sifat-sifat-Nya yang indah.

Secara detailnya dalam hayal ibnu arabi tuhan dan alam laksana  halnya hubungan wajah dan cermin. Wajah ditujukan untuk  tuhan dan cermin dimaksudkan untuk  seluruh alam, dimana benda-benda ( bayang-bayang  seluruh alam tergolong  manusia) yang terdapat  dalam cermin itu  adalah perwujutan dari pada Dzat tuhan yag dinamakan  sifat tuhan.

Karena tuhanlah yang memiliki  wujud yang hakiki atau wajibul wujud hanyalah tuhan dan di samping  tuhan yang terdapat  dialam alam ini tidak memiliki  wujud, dengan kata beda  yang mempuyai wujud hanyalah tuhan, dan wujud yang dijadikannya( isi semua  alam) sebetulnya  tidak memiliki  wujud.

Berdasarkan keterangan dari  Prof.Dr. Abudin Nata, bahwa filosofis  wihdatul wujud merupakan  pada masing-masing  sesuatu memiiki aspek bermunculan  dan batin termsuk pada tuhan, aspek bermunculan  pada manusiamerupakan  fisiknya yang tampak, dan batinnya yang berupa roh yangterdapat  pada jiwa manusia, selnjutnya bagian  lahir yang terdapat  pada tuhan merupakan  sifat-sifat-Nya yang estetis  dan bagian  batin pada diri tuhan merupakan  Dzat yang kekal, dengan begitu   wihdatul wujud tidak disebutkan  keluar dari islam sebab  tidak mengganggu pada Dzat tuhan.

B. Tokoh Wihdatul Wujud

Faham wihdatul wujud diajarkan oleh ibnu arabi ia bermunculan  dikota murci spanyol pada tahun 1165M. mengenai  latar pendidikannya merupakan  ia belajar di seville, lantas  ia pergi ke rusis, disana ia memperdalam ilmu tasawwuf. Tentang pemikirannya laksana  apa yang telah  disebut diatas.

Ibnu al-Farid dari cairo ( 1181-1235M) yang memunculkan  paham al-haqiqahal-muhammadiyah ( konsep Muhammad) menurut  keterangan dari  pahamnya al-haqiqah al-muhammadiyah dibuat  tuhan sejak  azal cocok  dengan bentuk-Nya sendiri. oleh karena tersebut  seseorang dapat memahami  tuhan bilamana  berusaha menjangkau  abdul karim al-jilli ( wafat 1428 M) yang telah membawa filsafat manusia  kamill. Manusia sempurna merupakan  sama dengan nur Muhammad, yang adalah cerminan untuk  tuhan.

DAFTAR PUSTAKA

Abudin Nata, Akhlak Tasawwuf, Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2009
Mulyadhi karta Negara, Menyelami Lubuk Tasawwuf, Jakarta, Erlangga, 2006
Mustofa, akhlak tasawwuf, Bandung, Pustaka Setia, 1997
Rosihan Anwar, akhlak tasawwuf, Bandung, Pustaka Setia, 2009
Terimakasih telah membaca artikel berjudul Pengertian Wihdatul Wujud dan Tokohnya

Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 11/27/2017

2 komentar Pengertian Wihdatul Wujud dan Tokohnya

  1. tulisan yang tidak menjustifikasi dan berimbang. ini bagus buat referensi

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak