Home » » Pengertian dan Tujuan Ilmu Perbandingan Agama

Pengertian dan Tujuan Ilmu Perbandingan Agama

Pengertian dan Tujuan Ilmu Perbandingan Agama

A. Pengertian Ilmu Perbandingan Agama

Dalam makna yang luas komparasi ilmu agama ialah suatu cabang ilmu pengetahuan yang berusahan untuk mengetahui gejala-gejala keagamaan dari pada sebuah kepercayan dalam hubungan nya dengan agama lain. Tugas ilmu komparasi agama salah satu ilmu pengetahuan beda nya di abad ini tidak dapat di remehkan. Malah ilmu tersebut telah di kelompokan kedalam “Carpus of humanities” yangkian meperjelas faedah nya.fungsi utama yang sudah ada bakal di jalankan ialah memahami kehidupan batin, nalar benak dan kecendrungan hati umat beragama. Sehinga bisa di ketahui segi-segi persamaan dan perbedaan antar agama. Lebih dari tersebut lagi, terdapat agama yang datang lebih dahulu merupakn pendahuluan terhadap kebenaran agama yang datang kemudian. 

B. Tujuan ilmu komparasi agama

Ilmu komparasi agama mengembakan sebuah prinsip untuk seseorang dalam menstudi diri nya sendiri sehingan ia bakal mempunyai kesadaran diri dalam kehidupan agama nya yang sedang berkembang dan dalam kehidupan agama yang beraneka-ragam.justru tersebut ilmu komparasi agama adalahsuatu subjek yang powerful dalam bidang Humaniora. Namun kelambananpertumbuhan nya di sebabkan oleh riset ilmiah dan pernilai-pernilai terhadap data-data yang relevan.namun terdapat nya sebuah apresiasisusah mengingkari fakta bahwa permahaman agama daloam kehidupankeseharian harus di pahami karena plobema keseharian tidak dapat di lepaskan dengan agama dan sosial budaya. sehinga menifestasi kehidupan beragama paling di tentukan oleh evolusi daya hidup baik sosial, ekonomi dan budaya. Kultur, totalitas bisa di format agama sehinga meghasilakansebuah pola pribadi tertentu. Untuk tersebut dalam mengdekati sesuatu agama mesti melalui teknik tertentu dan mesti bertolak belakang dengan pendekatan teologis.

Disinilah tugas pokok ilmu ini, untuk menyatakan segala macampermasalahan sosial keagamaan baik yang sifat nya transendental antarainsan dengan zat yang maha kuasa, maupun yang mempunyai sifat horizontal antara insan sesama nya dan dengan alam.

Ilmu ini tidak berjuang mencari kebenara sebuah agama, sebab kebenarantersebut adalahmaslah teologi yang memakai jalan yang jarang di tempuh oleh ilmu pengetahuan. Agama dalam pandangan ilmu ini ialah sama. Oleh karena tersebut ilmu ini tidak dapat meningkatkan keimanan seseorang, sehinga orang yang tidak beragama tidak bisa memperoleh keyakinan dari ini. Para berpengalaman perbandingan ilmu agama tidak berjuang dalam tiap bahasa nya guna meyakinkan maksud agama sebagai mana usaha pengikut gama tersebut sendiri. Penyelidikan komparasi agam melulu untuk sebuah perbandingan, bukan guna menjadi ulama, pastor, pendeta, resi, bitshu sesuatu agama. Sebab guna menjadi alim ulama sebuah agama membutuhkan waktu yang panjang. Sedangkan ilmu ini melulu mencatat fenomena-fenomena yang terdapat dalam masing-masing agama. Secara paling tidak dapat menimbulakan daya nalar dalam memperbandingkan sekian banyak  fenomena agama yang baik persamaan maupun perbedaan.

Tentu saja sebab gama adalahconcern insan sebagai totalitas, pastilah agama tersebut sangat besar peran nya termasuk memprovokasi sikap pemeluk agama dalam bersikap menghadapi apa saja di dekat nya serta menghadapi nasip nnnya sendiri. Oleh karena tersebut tidak lah salah kalua di kata kan bahwa salah satu fungsi agama it u malah memberikan integritas masyarakat atau juga kejiwaan. 

Tujuan beda dari ilmu komparasi agama ialah menilai apa yang hakikat dari agama, laksana yang dikata kan oleh Fenomenologi benyamin constant di prancis dan Cristoph meiner di jerman, diantara nya di temukan bahwa agama-agama itu tidak sedikit persamaan nya dan tidak jarang apa yang di namakan politheisme tersebut sebenar nya monotheisme, namun monotheisme yang tidak murni dan tidak asli.

Di antara tinjauan beda lagi dari ilmu perbandinngan agama ialah menjadi asal usul agama, the origin dari agama. Asal-usul agama yang di peroleh kan atau yang di cari ialah apakah sebenar nya sal usul agama itu. Benarkah harus berasal dari wahyu? Apakah tidak berasal dari magi, penyembahan nenek moyang atau beda nya. Mestinya soal asal usul demikiankemudian di rangakai kan dengan hukum pertumbuhan nya, sehinga terdapat yang mengemukakan bisa jadi ada nya hukum refolusi dalam pertumbuhan agama.

Lebih jauh bisa di sampaikan tujuan ilmu komparasi agama ialah mengetahui isi doktrin agama yang cocok dengan pemahaman dan penghayatan pemeluk-pemeluk nya. Tujuan demikian pasti dominan terhadap langkah-langkah studi.
Terimakasih telah membca artikel berjudul Pengertian dan Tujuan Ilmu Perbandingan Agama

Kumpulan Makalah
Kumpulan Makalah Updated at: 11/25/2017

0 komentar Pengertian dan Tujuan Ilmu Perbandingan Agama

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak