Skip to main content

Pengertian Perubahan Sosial dan Bentuknya

Perubahan sosial menurut informasi dari ahli Kingsley Davis perubahan sosial sebagai evolusi yang terjadi dalam struktur dan manfaat masyarakat. Contoh, pengorganisasian buruh menyebabkan perubahan dalam hubungan buruh dan majikan.

Pengertian Perubahan Sosial

MAC Iver menjelaskan bahwa perubahan sosial sebagai evolusi dalam hubungan sosial atau sebagai evolusi untuk kesetimbangan hubungan sosial.
Gillin dan Gillin perubahan sosial sebagai variasi cara hidup telah diterima, baik karena perubahan situasi geografis, budaya material, komposisi populasi, ideologi atau pencampuran atau penemuan baru dalam masyarakat.
Jadi, dapat diputuskan bahwa evolusi sosial adalah fenomena pergeseran atau peralihan yang memiliki sifat normal dan universalin kata lain perubahan itu penting dan tentu saja terjadi di setiap masyarakat dan di mana saja sebagai variasi cara hidup yang dapat diterima, apakah itu mengubah situasi geografis, budaya material, komposisi populasi, ideologi atau pencampuran atau penemuan baru dalam masyarakat.

Bentuk Perubahan Sosial

Bentuk perubahan sosial pada masyarakat dapat dilihat dari beberapa sudut pandang, seperti perubahan dari segi waktu, yaitu perubahan lambat dan cepat. Selain itu, bentuk perubahan sosial, juga dilihat dari segi skala besar atau kecil. Dari penerapan, bentuk perubahan sosial ada yang diingin dan juga ada perubahan yang tidak diharapkan. Untuk lebih jelasnya, berikut dijelaskan secara sederhana.

1. Perubahan Lambat Dan Cepat

Perubahan lambat adalah evolusi sering tak terpandu, karena masyarakat akan beradaptasi dengan kebutuhan, suasana baru yang timbul sejalan dengan perkembangan masyarakat. Perubahan evolusi tidak lazim sebagai perubahan, karena masyarakat telah berhasil menyesuaikan dirinya dengan sempurna untuk evolusi. 
Perubahan yang cepat (revolusioner) adalah perubahan yang dapat terjadi tanpa rencana, tetapi juga dapat direncanakan terlebih dahulu. Perubahan yang cepat pada banyak aspek kehidupan dasar atau sendi dasar kehidupan masyarakat.

2. Perubahan Kecil dan Perubahan Besar

Perubahan kecil adalah perubahan yang terjadi tidak membawa pengaruh langsung atau bermakna dalam masyarakat. Contoh: perubahan dalam mode rambut tidak menyebabkan perubahan pada institusi publik.
Perubahan besar adalah perubahan yang terjadi untuk membawa pengaruh langsung atau bermakna dalam contoh masyarakat Industrialisasi masyarakat agraris yang akan membawa pangaruh besar dalam masyarakat.

3. Perubahan Yang Diinginkan dan Tidak Diinginkan

Perubahan yang diinginkan adalah: perubahan yang telah direncanakan sebelumnya oleh orang yang ingin evolusi dalam masyarakat (agen perubahan) dapat dari satu atau kedua lembaga swasta dan pemerintah. Perencanaan evolusi masyarakat dapat disebut keterlibatan sosial atau perencanaan sosial. Perubahan terencana secara sengaja dinamakan dalam hal pembangunan dan modernisasi.