Home » » Pengertian dan Bentuk-bentuk Perubahan Sosial

Pengertian dan Bentuk-bentuk Perubahan Sosial

   
Pengertian dan Bentuk-bentuk Perubahan Sosial

A. Pengertian Perubahan Sosial

Perubahan Sosial menurut keterangan dari para pakar Kingsley Davis Perubahan sosial sebagaievolusi yang terjadi dalam struktur dan faedah masyarakat. Misal: pengorganisasian buruh mengakibatkan perubahan hubungan buruh dan majikan.

Mac Iver Perubahan sosial sebagai evolusi dalam hubungan sosial (social relationships) atau sebagai evolusi terhadap ekuilibrium (equilibrium) hubungan sosial.

Gillin dan Gillin Perubahan sosial sebagai sebuah variasi dari cara-cara hidup yang sudah diterima, baik sebab perubahan situasi geografis, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi maupun percampuran ataupun penemuan baru dalam masyarakat.

Jadi, dapat diputuskan bahwa evolusi sosial merupakan fenomena pergeseran atau peralihan yang mempunyai sifat normal dan universaldengan kata lain perubahan tersebut penting dan tentu terjadi pada masyarakat apapun dan dimanapun sebagai sebuah variasi dari cara-cara hidup yang sudah diterima, baik sebab perubahan situasi geografis, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi maupun percampuran ataupun penemuan baru dalam masyarakat.

B. Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial

a. Perubahan yang lambat dan cepat

1. Perubahan yang lambat
Perubahan yang lambat merupakan evolusi yangseringkali tak terencanakan, terjadi sebab masyarakat hendak menyesuaikan dengan kebutuhan, suasana /kondisi baru yang timbul sejalan dengan perkembangan masyarakat .Perubahan yang evolusioner tidak jarang tidak dialami sebagai perubahan, sebab masyarakat telah sukses menyesuaikan diri secara sempurna terhadap evolusi yang terjadi.

2. Perubahan yang cepat (revolusioner) 
Perubahan yang cepat (revolusioner)  merupakan Perubahan ini bisa terjadi tanpa rencana, namun dapat pula direncanakan terlebih dahulu.perubahan/ peralihan secara cepat terhadap sekian banyak  aspek kehidupan yg urgen yang tentang dasar-dasar atau sendi-sendi pokok kehidupan masyarakat.

b. Perubahan Kecil dan Perubahan Besar

1. Perubahan kecil merupakan
Perubahan kecil merupakan perubahan yang terjadi tidak membawa pengaruh langsung atau berarti dalam masyarakat. Contoh: Perubahan mode rambut tidak menyebabkan perubahan pada lembaga kemasyarakatan.

2. Perubahan besar merupakan
Perubahan besar merupakan perubahan yang terjadi membawa pengaruh langsung atau berarti dalam masyarakat Contoh; Industrialisasi yang pada masyarakat agraris yang akan membawa pangaruh besar dalam masyarakat.

c. Perubahan yang dikehendaki dan yang tidak dikehendaki
Perubahan yang dikehendaki merupakan: Perubahan yang sudah direncanakan terlebih dahulu oleh pihak yang menghendaki evolusi dalam masyarakat (agent of change) dapat dari seseorang maupun institusi swasta maupun pemerintah.Perencanaan evolusi masyarakat tersebut dapatdinamakan social enginering atau social planning. Perubahan yang sengaja direncanakan tersebut misalnya dinamakan dengan istilah pembangunan dan modernisasi.
Terimakasih telah membaca artikel berjudul Pengertian dan Bentuk-bentuk Perubahan Sosial

Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 11/22/2017

0 komentar Pengertian dan Bentuk-bentuk Perubahan Sosial

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak