Home » » 9 Etika Pergaulan Muslim yang Perlu Diketahui

9 Etika Pergaulan Muslim yang Perlu Diketahui

   
9 Etika Pergaulan Muslim yang Perlu Diketahui
Berikut 9 Etika Pergaulan Muslim yang Perlu Diketahui dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Mengucapkan dan Menjawab Salam

Ucapan salam saat bertemu dengan rekan atau orang beda sesama muslim,perkataan salam ialah do’a. Berarti dengan perkataan salam kita sudah mendoakan rekan tersebut. Islam mengajarkan untuk sesama Muslim guna saling bertukar salam bilamana bertemu atau bertamu. 


Rasulullah SAW bersabda :
“ Kamu tidak bakal masuk surga sebelum beriman, dan tidak bakal beriman sebelum berkasih sayang. Maukah anda aku tunjukkan sebuah amalan yangbakal dapat memupuk rasa kasih sayang sesamamu? Yaitu senantiasalahmenyampaikan salam sesamamu.” (HR.Muslim)

Bila bertamu yang menyampaikan salam terlebih dahulu ialah si tamu, tetapi bilamana bertemu, yang terlebih dahulu menyampaikan salam ialah yang sedang di atas kendaraan untuk yang berlangsung kaki, yangberlangsung kaki untuk yang duduk, yang sedikit untuk yang banyak, dan yang lebih muda untuk yang lebih tua. Namun, urusan itu tidaklah berlaku mengikat, bahkan Rasulullah SAW, memberikan daftar bahwa yangsangat utama ialah yang sangat dahulu menyerahkan salam. Pria bolehmenyampaikan salam untuk wanita dan demikian pula sebaliknya. Salam yang di ajarkan Islam ialah salam yang bernilai tinggi, universal, dan tidak terbelenggu dengan waktu. Di sebut bernilai tinggi sebab berisido’a guna mendapatkan keselamatan, berkah dan rahmat dari Allah SWT. Universal sebab berlaku untuk semua umat islam di manapun berada.

2. Meminta Izin

Meminta izin di sini dalam artian anda tidak boleh meremehkan hak-hak atau kepunyaan teman bilamana kita berkeinginan menggunakan barang milik rekan maka anda harus meminta izin terlebih dahulu.

3. Menghormati Orang yang Lebih Tua dan Menyayangi yang Lebih Muda

Remaja sebagai orang yang lebih muda usahakan memuliakan yang lebih tua dan memungut pelajaran dari hidup mereka. Di samping itu, remaja pun harus menyayangi untuk adik yang lebih muda darinya, dan yang sangat penting ialah memberikan bimbingan dan tuntunan kepada mereka ke jalan yang benar dan sarat kasih sayang.

4. Bersikap Santun dan Tidak Sombong

Dalam bergaul, penekanan perilaku yang baik paling ditekankan supaya teman dapat merasa nyaman berteman dengan kita. Kemudian sikap dasar remaja yang seringkali ingin tampak lebih dari temannya sungguh tidak diterapkan dalam islam bahkan congkak adalahsifat tercela yang dibenci Allah.

5. Bicara dengan Perkataan yang Sopan

Islam mengajarkan bahwa bila anda berkata, utamakanlah ucapan yang bermanfaat, dengan suara yang lembut, dengan gaya yang lumrah .

6. Tidak Boleh Saling Menghina

Menghina / mengumpat hukumnya dilarang dalam islam sampai-sampai dalam pergaulan usahakan hindari saling menghina salah satu teman.

7. Tidak Boleh Saling Membenci dan Iri Hati

Rasa iri akan dominan  dapat berkembang menjadi kebencian yang pada akhirnya menyebabkan putusnya hubungan baik salah satu teman. Iri hati adalahpenyakit hati yang menciptakan hati saya dan anda bisa merasakan ketenangan serta adalahsifat tercela baik di hadapan Allah dan manusia.

8. Mengisi Waktu Luang guna Kegiatan yang Bermanfaat

Masa remaja usahakan dipergunakan guna kegiatan-kegiatan yang positif dan berfungsi remaja mesti membagi waktunya tepat guna mungkin, denganteknik membagi masa-masa menjadi 3 bagian yakni : sepertiga guna beribadah untuk Allah, sepertiga guna dirinya dan sepertiga lagi guna orang lain.

9. Mengajak guna Berbuat Kebaikan

Orang yang memberi petunjuk untuk teman ke jalan yang benar bakal mendapatkan pahala laksana teman yang melakukan kebajikan itu, dananjuran untuk melakukan kebajikan adalahsuatu format kasih sayang terhadap teman.
Terimakasih telah membaca artikel berjudul 9 Etika Pergaulan Muslim yang Perlu Diketahui

Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 11/20/2017

0 komentar 9 Etika Pergaulan Muslim yang Perlu Diketahui

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak