Home » » Perkembangan Islam dI Amerika Serikat Saat Ini

Perkembangan Islam dI Amerika Serikat Saat Ini

   
Perkembangan Islam dI Amerika Serikat Saat Ini

A. Jumlah Umat Islam di Amerika Serikat Saat Ini

Di kota New York ada selama 800 ribu umat Islam paling tidak dari 8 juta lebih total warga atau selama 10% dari borongan masyarakat New York.
Ada selama 120 ribu murid Muslim yang bersekolah di sekolah umum, diduga sekitar  10-13%  dari total murid. Oleh karena tersebut kami sedang memperjuangkan supaya hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha dapat menjadi hari libur. Alhamudulillah Wali Kota yang baru terpilih sudah menjanjikan bakal menjadikan cuti hari raya untuk seluruh kota.

B. Karakter Muslim di Amerika Serikat Saat Ini

Ada tiga yang beberapa besar secara demography. Pertama adalam umat Islam dari Asia Selatan. Kedua dari  Timur Tengah dan terakhir dari Afrika. Selebihnya seluruh Islam terdapat di sana, datang dari Indonesia, China, Eropa, Checnya  dan Hispanik.

Asli amerika pun sudah mulai banyak. semenjak peristiwa 11 September yang kemudian  mereka tidak sedikit yang masuk Islam.  tidak lagi warga pendatang atau kulit hitam, tapi banyak sekali dari mereka ialah orang kulit putih dan hispanik. Dan secara karakter meraka paling terdidik, muda-muda dan profesional.

C. Kendala yang Islam di Amerika Serikat Saat Ini

Tiga tangtangan yang dihadapi umat Islam di kota New York. Pertama, mengawal momentum dakwah yang muncul setelah 11 September. Jangan sampai anda kehilangan dan kembali laksana biasa-biasa saja. Sekarang ini Islam diekspose sedemikian rupa, jadi tersebut harus diciduk sebagai kesempatan dakwah.

Kedua bagaimana menangani muallaf yang semakin bertambah.  Ada  4 ribu orang masing-masing tahun masuk Islam dari kalangan orang Amerika. Semakin besar jumlah muallaf bilamana tidak tertangani dengan baik, maka mereka bakal kembali pada kelaziman lamanya.

Saat ini, kami sedang mengerjakan pembinaan intensif untuk para muallaf yang jumlahnya paling besar. Kami juga telah menegakkan Yayasan Pusat Pelatihan Da’i yang bertujuan menampung semua muallaf  belajar, lantas nanti secara intensif kami genjot belajar islamnya, biar mereka dapat jadi Imam dan da’i.

Ini menyerahkan keuntungan besar, sebab dengan lahirnya semua imam dan da’i dari kalangan mereka sendiri Islam tidak akan dirasakan sebagai tamu lagi.

Ketiga, semakin berkembang dan banyaknya pengekor Islam, semakin tidak sedikit orang yang takut. Jadi terdapat kelompok-kelompok tertentu yang ketakutan. Kami tidak melarikan diri dari mereka. Bukan pula semakin mengurangi dan menakuti-nakuti mereka, namun kami mengerjakan pendekatan persuasif. Maka kami kerjakan dialog antar agama dengan mereka yang bertuajuan menghilangkan intimidasi terhadap pertumbuhan Islam yang sedang berjalan.

Di antara ketakutan-ketakutan itu sejumlah negara bagian tidak mengizinkan penerapan Syariah. Misalnya dengan tidak mengizinkan memotong fauna memakai pisau, tapi mesti gunakan mesin. Sebenarnya tersebut bukan isu, intinya namun mereka fobia akan pertumbuhan Islam.

Nah guna meredam hal-hal itu, kami mengerjakan dialog dengan pemimpin agama mayoritas, kami kunjungi mereka, menyerahkan presentasi mengenai Islam sampai kami dapat dekat dengan mereka. Tujuan kami ialah meredam Islamofobia yang gencar di Amerika Serikat.

Contoh saat terjadi pemberontakan terhadap pembangunan masjid  Ground Zero oleh 70% masyarakat New York, bukan kami yang membela diri, namun pemimpin kaum beberapa besar di sana yang membela kami, tentu ditolong oleh politik dan media.

D. Kasus Islam Fobia di Amerika Serikat Saat Ini

Islamofobia yang terjadi di New York tidak berbentuk penyerangan fisik, namun menjelek-jelekan Islam lewat buah pena di kereta api, atau iklan-iklan di TV yang menuliskan Islam tersebut agama yang tidak beradab, agama Islam sumber keterbelakangan, dan macam-macam tuduhannya. Dan teknik meradam Islamofobia ialah dengan mendapat pembelaan dari pihak mereka sendiri.

Berbeda dengan permasalahan islamofobia dengan di Indonesia. Di sana terdapat kekerasan tapi paling kecil sekali, sebab di Amerika saat seorang mengerjakan kekerasan tidak bakal ditanya motifnya. Sebab perbuatan mengancam, mengusung tangan atau menusuk apalagi membunuh itu ialah sebuah kesalahan.

Dakwah pasca 11 September  (runtuhnya Gedung WTC) begitu susah, yang disangka orang bahwa bisa jadi menjadi akhir dakwah Islam di sana ternyata keliru.
Yang terjadi malah sebaliknya, 11 September menjadi titik kebangkitan dakwah. Pemandangan wanita menggunakan hijab, polwan-polwan Muslimin menata traffic light  telah biasa saja di sana. Masyarakat telah paham tersebut bagian dari perintah agama.
Maka saya percaya bahwa dakwah Islam di New York (khususnya) dan Amerika Serikat (umumnya) bakal semakin solid.

Solidnya sebab Islam telah diakuai menjad unsur dari Amerika. Jika terjadi pelecehan terhadap Islam berarti  negara Amerika pun ikut dilecehkan. Sehingga saya optimis Islam bakal semakin berkembang dan solid. Dan andai Islam di New York dan Amerika semakin powerful  insyaAllah bakal memberi pengaruh posisi Islam di dunia. Karena bagaimana pun pun Amerika masih dirasakan negara super power.

E. Strategi Dakwah Islam di Amerika Serikat Saat Ini

Pertama, di antara stigma Islam dan Muslim di Amerika ialah selalu identik dengan Timur Tengah. Citra Timur Tengah juga dirasakan jauh dari nilai  demokrasi, diskriminasi terhadap kaum wanita, dan pusat konflik di dunia. Jadi ketika disebutkan Islam Timur Tengah  seolah ini agama yang sarat dengan konflik. Kedepan saya bakal terus memperlihatkan diri, mengucapkan bahwa Islam itu tidak saja agama Timur Tengah, namun Islam tersebut agama dunia,  global. Dan beberapa besar umat Islam di dunia ini bukan dari Arab, namun dari semua penjuru dunia.

Kedua, lantas  mengkader ulama-ulama dari penduduk Amerika sendiri.  Hingga kesudahannya akan hadir ulama dari kalangang mereka sendiri.

Ketiga, tetap mengawal perkembangan Islam tersebut tidak membalik menakutkan orang, tapi malah Islam mesti menjadi kontributor dan dapat menjadi daya tarik. Orang Islam jadi politikus, pedagang, pendidik, ekonom, dan akademik.
Terimakasih telah membaca artikel berjudul Perkembangan Islam dI Amerika Serikat Saat Ini

Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 10/04/2017

0 komentar Perkembangan Islam dI Amerika Serikat Saat Ini

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak