Home » » Pengertian, Strategi, dan Keuntungan Wirausaha

Pengertian, Strategi, dan Keuntungan Wirausaha

Pengertian, Strategi, dan Keuntungan Wirausaha

A. Pengertian Wirausaha

Wirausaha adalah proses mengidentifikasi, berbagi, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tadi mampu berupa wangsit inovatif, peluang, cara yg lebih baik pada menjalankan sesuatu. Hasil akhir berdasarkan proses tadi adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian.

Kewirausahaan memiliki arti yang bhineka antar para ahli atau sumber acuan lantaran berbeda-beda titik berat dan penekanannya. Richard Cantillon (1775), contohnya, mendefinisikan kewirausahaan menjadi bekerja sendiri (self-employment).  Seorang wirausahawan membeli barang saat ini dalam harga tertentu dan menjualnya dalam masa yang akan tiba dengan harga nir menentu. 

Jadi definisi ini lebih menekankan pada bagaimana seorang menghadapi risiko atau ketidakpastian. Berbeda dengan para ahli lainnya, menurut Penrose (1963) kegiatan kewirausahaan meliputi indentfikasi peluang-peluang di pada sistem ekonomi.

Sedangkan menurut Harvey Leibenstein (1968,1979) kewirausahaan mencakup aktivitas yang diperlukan buat menciptakan atau melaksanakan perusahaan dalam waktu seluruh pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan kentara, atau komponen fungsi produksinya belum diketahui sepenuhnya dan menurut Peter Drucker, kewirausahaan adalah kemampuan untuk membangun sesuatu yang baru & tidak selaras. 

Orang yg melakukan kegiatan kewirausahaan disebut  wirausahawan. Muncul pertanyaan mengapa seseorang wirausahawan (entrepreneur) mempunyai cara berpikir yg berbeda berdasarkan manusia dalam umumnya. Mereka memiliki motivasi, panggilan jiwa, persepsi dan emosi yang sangat terkait dengan nilai nilai, perilaku dan perilaku sebagai manusia unggul.

B. Strategi Wirausahaan

Strategi wirausaha menyangkut seluruh kekuatan perusahaan yg mengklaim bahwa usahanya benar -benar  eksis. Jika bahasa baru ingin berhasil , maka wirausaha wajib  memiliki empat kompetensi, diantaranya:
1. Fokus pada pasar,  bukan pada teknologi
2. Buat ramalan pendanaan untuk menghindari nir terbiayainya perusahaan
3. Bangun tim managemen, buakn menonjolkan perorangan
4. Beri peran eksklusif, khusus bagi wirausaha penemu

Jika managemen kewirausahaan menyangkut lingkungan internal perusahaan, maka taktik kewirausahaan menyangkut kesesuaian kemampuan internal dan aktivitas perusahaan menggunakan lingkukngan eksternal, dimana perusahaan wajib  bersaing dengan memakai kepetusan-keputusan strategis. 

Dalam melakukan strategi usahanya, wirausaha umumnya memakai salah  satu taktik berdasarkan empat strategi, menjadi berikut:
1. Berada pertama di pasar dengan prodek & jasa baru
2. Posisikan produk & jasa baru tadi dalam relung pasar yg tidak terlayani
2. Fokuskan barang & jasa pada relung yg mini   namun sanggup bertahan
3. Mengubah karakteristik produk, pasar atau industry

C. Keuntungan Dalam Wirausaha

Tiap orang tertarik pada kewirausahaan lantaran banyak sekali imablan yg dapat dikellompokkan pada 3 kategori dasar : Laba, kebebasan, & kepuasan dalam menjalani hidup.

1. Keuntungan Berupa Laba
Wirausaha mengharapkan hasil yang nir hanya membarui kerugian ketika dan uang yang diinvestasikan namun jua memberikan imbalan yg pantas bagi resiko & inisiatif yang mereka ambil pada mengoperasikan usaha mereka sendiri. Dengan demikian imbalan berupa laba merupakan motofasi yg kuat bagi wirausaha tertentu.

Laba merupakan galat satu cara dalam mempertahankan nilai perusahaan. Beberapa wirausaha mungkin mengambil keuntungan bagi dirinya sendiri atau menunjukkan laba tadi, namun kebanyakan wirausaha puas dengan laba yang pantas.

2. Keuntungan Berupa Kebebasan
Kebebasan buat menjalankan perusahaannya merupakan imbalan lain bagi seseorang wirausaha. Hasil informasi lapangan pada bisnis berskala kecil tahun 1991 memperlihatkan bahwa 38% menurut orang-orang yg meninggalkan pekerjaan nya di perusahaan lain lantaran mereka ingin menjadi bos atas perusahaan sendiri. 

Beberapa wirasuaha menggunakan kebebasannya buat menyusun kehidupan & perilaku kerja pribadnya secara fleksibel. Kenyataannya poly wirausaha nir mengutamakan fleksibiltas disatu sisi saja.

3. Keuntungan Berupa Kepuasan Dalam Menjalani Hidup 
Wirausaha acapkali menyatakan kepuasan yang mereka dapatkan dalam menjalankan bisnisnya sendiri. Pekerjaan yang mereka lakukan menaruh kenikmatan yg asal menurut kebebasan & kenikmatan ini merefleksikan pemenuhan kerja pribadi pemilik pada barang dan jasa perusahaan. Banyak perusahaan yang dikelolah oleh wirausaha tumbuh menjadai besar  akan namun terdapat pula yang relative permanen berskala kecil.
Terimakasih telah membca artikel berjudul Pengertian, Strategi, dan Keuntungan Wirausaha

Kumpulan Makalah
Kumpulan Makalah Updated at: 10/08/2017

0 komentar Pengertian, Strategi, dan Keuntungan Wirausaha

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak