--> Skip to main content

Ruang Lingkup Teknik Informatika dan Prospek Kerjanya

Informatika adalah disiplin ilmu yang memeriksa transformasi liputan berlambang yaitu data dan fakta pada mesin berbasis komputerisasi. Disiplin ilmu ini meliputi beberapa macam bidang, termasuk di dalamnya sistem berita, ilmu komputer, ilmu kabar, teknik personal komputer  dan aplikasi berita pada sistem keterangan manajemen. 

Apa Itu Teknik Informatika?

Secara umum, informatika mencakup struktur, sifat, dan hubungan dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, dan menampilkannya dalam bentuk liputan. Selain itu, aspek informatika tidak hanya sekedar liputan yang telah diproses melaui komputer, akan tetapi juga mencakup segala hal yang yang berbasis komputer meskipun belum diproses.

Teknik Informatika adalah disiplin ilmu yang secara spesifik menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer sebagai proses pengelolaan data. Pada teknik informatika bidang ilmu yang lebih khusus dikaji adalah bidang pemrograman dan komputasi, rekayasa perangkat lunak dan masih banyak lagi bidang bisnis serta teknologi jaringan komputer .

Ruang Lingkup Teknik Informatika

Secara garis besar, ruang lingkup teknik informatika dapat dikelompokkan menjadi beberapa bidang ilmu, yaitu :
  1. Sistem Informasi, yaitu memberikan pengetahuan dan pengertian dasar tentang konsep dan kerangka sistem warta, metodologi dan teknik perancangan, pengembangan, pengetesan dan pemeliharaan sistem aplikasi.
  2. Rekayasa Perangkat Lunak, yaitu materi yang dipelajari pada bidang Analisa dan Desain Obyek, Penyempurnaan Proses Rekayasa, Inspeksi Perangkat Lunak, Rekayasa Perangkat Lunak, Pemrograman Basis Data Client Server.
  3. Pemrograman dan Komputasi, yaitu memberikan pengetahuan dan kemampuan menganalisis pemograman dalam ruang lingkup Komputasi, Komputasi Paralel, Sistem Terdistribusi, Teknologi Antar Jaringan.
  4. Arsitektur dan Jaringan Komputer, materi yang dipelajari yaitu Arsitektur Komputer, Organisasi Komputer, Elektronika, Sistem Digital, Sistem Mikroprosesor, Jaringan Komputer dll.

Prospek Kerja Teknik Informatika

Dalam hal prosepek kerja teknik informatika memiliki peluang yang cukup besar karena selalu seiring dengan perkembangan teknologi. Adapun prospek kerja teknik informatika, yaitu:

a. Junior Programmer

Programmer yang umum dicari oleh perusahaan adalah mereka yang menguasai bahasa pemrograman Java, C++ dan Visual Basic, sedangkan untuk web programer, yang sering dibutuhkan adalah mereka yang menguasai bahasa HTML/XML, PHP, ASP, Cold Fusion.

b. System Analyst

System analyst adalah orang yang tugasnya menganalisis dan mendesain sistem yang akan digunakan pada suatu perusahaan/organisasi. System analyst dituntut untuk menaruh analisis dan mengetahui secara jelas, mulai dari apa yang diminta oleh klien, bagaimana membuat databasenya, hingga ke pengenalan hardware. Kemampuan dalam menghitung anggaran yang akan dipakai dalam pengerjaan sistem juga dibutuhkan dari para system analyst.

c. Graphic Designer

Seorang web designer akan bertanggung jawab atas elemen visual dan multimedia berdasarkan sebuah situs. Web designer akan bekerja sama dengan programmer web. Mereka bertugas merancang situs, baik berdasarkan segi isi maupun tampilannya. Seorang graphic designer juga bisa mengerjakan hal selain mendesain sebuah situs, misalnya sebagai staf artistik pada majalah atau koran.

d. Network Administrator

Seorang network administrator bertugas menjaga keamanan dan kontinuitas jaringan sistem yg dipakai, termasuk hal-hal seperti membuat personal komputer  agar terkoneksi ke internet, membuat email server, FTP server, dan DNS server. Network administratormerupakan orang yg acapkali ditanyakan jika terjadi perkara pada jaringan.

e. ERP Consultant

Tugas seorang ERP Consultant adalah memberi masukan atau saran tentang pengembangan suatu sistem dengan perangkat lunak database eksklusif. Tujuannya agar perusahaan klien lebih efektif dalam melakukan pekerjaan dan menggunakan pengeluaran yang lebih minim  . Tidak jarang seorang konsultan ERP juga dituntut untuk memberikan solusi pencarian dan pengumpulan data.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar