Skip to main content

Mengenal Komponen Komputer dan Manfaatnya

Komputer merupakan salah satu teknologi masa kini yang sudah tidak asing lagi di tengah-tengah masyarat. Hampir setiap orang sudah mengenal dan bahkan memiliki unit komputer di tempat kerja bahkan di rumah mereka masing-masing. Meskipun demikian, kita perlu memahami tentang komputer terutama terkait komponen-komponennya.

Apa Itu Komputer?

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data dari mekanisme yang sudah dirumuskan. Istilah komputer pada awalnya digunakan untuk mendeskripsikan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika tanpa alat bantu. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, istilah komputer dilekatkan pada mesin pengelola data. Pada mulanya, komputer digunakan hanya sebatas perhitungan aritmatika, akan tetapi saat ini komputer tidak hanya sebatas itu, tetapi sudah mencakup segala aspek terutama dalam hal tugas dan data tertentu

Komponen-komponen Komputer 

Perlu dipahami bahwa komputer dapat beroperasi karena hubungan antara berberapa komponen yang saling mendukung antara satu dengan yang lainnya. Adapun komponen-komponen komputer yang dimaksud, yaitu: 

1. Input

Adapun yang termasuk komponen input pada komputer, yaitu:
  1. Keyboard, kompenen ini berfungsi untuk memberikan masukan data alfanumerik dan interpretation ASCII lainnya.
  2. Mouse, Merupakan komponen berfungsi pada sistem operasi berbasis GUI, dimana pada pengopersiannya akan berhubungan dengan pointer yang terdapat di layar guard yang befungsi untuk mempercepat pengoperasian perintah-perintah module pada komputer .
  3. Trackpad, Trackball, sama dengan mouse yang membedakannya hanya pada bentuknya.
  4. Pen, dipakai sebagai pengganti pionter mouse. Biasanya dipakai untuk komputer layar sentuh. Untuk memerikan perintah tertentu, tidak lagi menggunakan mouse, akan tetapi tinggal menyentuhkan coop ke GUI di layar sentuh.
  5. Microphone, yaitu komponen yang memberikan perintah suara pada komputer.
  6. Scanner, dipakai untuk memindai gambar yang akan dimasukkan ke dalam sistem computer ke dalam bentuk digital.

2. Output

Adapun yang termasuk ke dalam komponen komputer ini, yaitu:
  1. Monitor, komponen yang menampilkan proses atau apa yang sedang dikerjakan oleh personal komputer termasuk menampilkan interpretation hasil pengolahan.
  2. Printer, untuk menampilkan atau mencetak interpretation computer.
  3. Plotter, sama sama dengan printer, yang membedakannya adalah kemampuan dalam mencetak data.
  4. Speaker atau Buzzer. Untuk mengungkapkan informasi atau interpretation output pengolahan dalam bentuk gelombang bunyi.

3. Prosesor

Komponen komputer yang mencakup prosesor, yaitu:
  1. Prosesor, adalah komponen yang paling utama dalam pemrosesan data. Di dalam komponen ini semua interpretation diproses dari module yang dijalankan.
  2. Motherboard, adalah komponen yang menjadi tempat semua komponen berafiliasi. Semua komponen mulai dari input, prosesor hingga output, saling terhubung melalui komponen ini.
  3. Hard Disk, adalah komponen yang berfungsi untuk menyimpan interpretation dan module yang diharapkan oleh seluruh komponen komputer. Komponen lainnya yang fungsinya sama yaitu Disk Drive yaitu CD, DVD, Floppy-Drive.
  4. Memori, adalah tempat penyimpanan interpretation dan module yang sifatnya ad interim yang digunakan buat meningkatkan kecepatan proses dari kerja prosesor.

4. Komponen Tambahan

Komponen tambahan pada komputer biasanya berbentuk kartu atau port, seperti:
  1. Kartu VGA, merupakan perantara Prosesor dengan komponen pendukungnya  menggunakan layar penampil atau monitor.
  2. Kartu Audio, adalah perantara antara Prosesor menggunakan speaker.
  3. Kartu Firewire, merupakan perantara antara Prosesor (dan komponen pendukungnya) dengan komponen submit berkecepatan tinggi misalnya kamera video.
  4. Kartu TV Tuner, adalah mediator antara Prosesor dan komponen pendukungnya menggunakan komponen submit buat mendapat siaran televisi.

Manfaat Komputer 

Seperti diketahui bahwa keberadaan komputer sudah menjalar pada setiap tempat baik di rumah dan tempat kerja. Hal tersebut tidak terlepas dari manfaat komputer bagi manusia. Berikut beberapa manfaat komputer, yaitu:

1. Mempermudah Pekerjaan 

Dengan komputer banyak pekerjaan yang dapat di selesaikan dengan mudah, jika dahulu orang mengetik surat harus menggunakan mesin tik, dan apabila terdapat kesalahan maka kertas tadi akan disobek dan diketik ulang balik. Selain itu, dengan mesin tik dokumen yang sudah diketik tidak dapat di edit ulang.  Dengan adanya komputer, kita bisa mengetik dokumen, mengedit dan menyimpan dokumen tersebut untuk bisa diedit berulang kali.

2. Sebagai Sarana Komunikasi

Pada zaman dahulu jika ingin berkomunikasi dengan seorang yang berada jauh, kita dapat memakai fasilitas telepon, akan tetapi kita hanya dapat berkomunikasi dengan suara. Dengan adanya komputer sebagai media komunikasi, kita bisa berinteraksi jarak jauh dengan orang lain tidak hanya dengan suara tetapi juga saling bertatap muka.

3. Sebagai Alat Hiburan

Dahulu alat hiburan kita hanyalah Radio, tape, Televisi dan jalan-jalan untuk mengetahui situasi dari suatu daerah. Dengan computer,  kita dapat menghibur diri kita dengan berbagai fasilitas yang terdapat pada komputer.  

4. Sebagai Media Pendidikan

Pada zaman modern sekarang ini, komputer merupakan media penunjang pendidikan yang memiliki peran yang sangat besar. Berbagai informasi pendidikan bisa didapatkan melalui komputer.

5. Sebagai Sarana Informasi

Dengan personal komputer  kita bisa melihat atau memperoleh fakta yang kita butuhkan. Terdapat banyak informasi yang tersedia pada komputer yang bisa diakses untuk menambah pengetahuan kita tentang sesuatu yang baru. 

6. Sebagai Sarana Usaha

Personal komputer  juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk melakukan usaha yang mendatangkan penghasilan bagi kita.

7. Sebagai Alat Kontrol

Di beberapa tempat, komputer dimanfaatkan sebagai alat untuk mengentrol proses kerja dan mengoperasikan sistem. Dengan komputer, hasil pengontrolan sangat akurat karena berdasarkan data mesin yang dijalankan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar