Home » » Pengertian, Komponen, Fungsi dan Manfaat Komputer

Pengertian, Komponen, Fungsi dan Manfaat Komputer

   
Pengertian, Komponen, Fungsi dan Manfaat Komputer

A. Pengertian Komputer

Komputer adalah indera yang dipakai buat mengolah data dari mekanisme yg sudah dirumuskan. Kata computer pada awalnya digunakan buat mendeskripsikan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa indera bantu, namun arti istilah ini lalu dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan berita hampir tertentu herbi perkara aritmetika, tetapi personal komputer  terkini dipakai untuk poly tugas yg nir berhubungan dengan matematika.

B. Komponen-komponen Komputer & Fungsinya

Secara generik komponen komputer  terbagi sebagai tiga kategori, yaitu Infut,Proses & Output.

1. Komponen personal komputer  yang termasuk pada komponen Input adalah:

Keyboard, merupakan komponen yang berfungsi buat memberikan masukan berupa data-data alfanumerik dan interpretation ASCII lainnya.

Mouse. Merupakan komponen yang sangat berfungsi pada personal komputer  yg memakai sistem operasi berbasis GUI, dimana pada pengopersiannya akan berhubungan dengan pointer yang terdapat di layar guard yang befungsi buat mempercepat atau mempermudah pada pengoperasian perintah-perintah module pada personal komputer .

Trackpad, Trackball, sama dengan mouse. Yang membedakannya merupakan bentuknya.

Pen, dipakai sebagai pengganti pionter mouse. Biasanya dipakai dalam personal komputer  yg mempunyai layar sentuh. Untuk memerikan perintah tertentu, nir lagi menggunakan mouse, akan tetapi tinggal menyentuhkan coop ke GUI di layar sentuh.

Microphone, komponen masukan yang memberikan interpretation masukan berupa interpretation suara.

Scanner, dipakai buat memindai gambar yg akan dimasukkan ke dalam sistem komputer menjadi berbentuk digital.

2. Komponen personal komputer  yang termasuk pada komponen Output adalah:

Monitor, komponen yang menampilkan proses atau apa yg sedang dikerjakan oleh personal komputer . Termasuk menampilkan interpretation hasil pengolahan.

Printer, buat menampilkan atau mencetak interpretation menurut personal komputer .

Plotter, sama menggunakan printer. Yang membedakannya adalah kemampuan pencetakan datanya.

Speaker atau Buzzer. Untuk mengungkapkan informasi atau interpretation output pengolahan dalam bentuk gelombang bunyi.

3. Komponen komputer yg termasuk pada komponen Pemroses adalah Prosesor bersama menggunakan perangkat pendukungnya:

Prosesor, adalah komponen primer pemrosesan data. Di dalam komponen ini semua interpretation diproses dari module yg dijalankan.

Motherboard, adalah komponen yg menjadi tempat semua komponen berafiliasi. Semua komponen mulai berdasarkan input, prosesor hingga output, berhubungan melalui komponen ini.

Hard Disk, adalah komponen yg berfungsi buat menyimpan interpretation & module yg diharapkan oleh seluruh komponen (komputer). Komponen lainnya yang fungsinya sama menggunakan tough hoop merupakan Disk Drive (CD, DVD), Floppy-Drive.

Memori (RAM), adalah tempat penyimpanan interpretation & module yg sifatnya ad interim yang digunakan buat meningkatkan kecepatan proses dari kerja prosesor.

4. Komponen Perantara antara Prosesor menggunakan Input dan Output. Komponen ini biasanya berbentuk komponen tambahan berupa kartu atau Slot/Port:

Kartu VGA, merupakan perantara antara Prosesor & komponen pendukungnya  menggunakan layar penampil (monitor).

Kartu Audio, adalah perantara antara Prosesor (& komponen pendukungnya) menggunakan speaker.

Kartu Firewire, merupakan perantara antara Prosesor (dan komponen pendukungnya) dengan komponen submit berkecepatan tinggi misalnya kamera video.

Kartu TV Tuner, adalah mediator antara Prosesor (& komponen pendukungnya) menggunakan komponen submit buat mendapat siaran televisi.

C. Fungsi & Manfaat Komputer 

Berikut ini dijelaskan tentang fungsi & manfaat personal komputer  yaitu:

1. Komputer menjadi wahana mempermudah kerja 
Dengan komputer banyak pekerjaan yg dapat di selesaikan menggunakan gampang, jika dahulu orang mengetik surat harus menggunakan mesin tik, & apabila terdapat kesalahan maka kertas tadi akan pada sobek & di ketik ulang balik , selain itu dengan mesin tik dokumen yang sudah pada ketik tidak dapat di edit pulang, sementara dengan menggunakan personal komputer  kita bisa mengetik dokumen, mengedit & menyimpan dokumen tersebut untuk bisa pada edit berulang-ulang.

2. Kompter Sebagai Sarana Komunikasi
Zaman dahulu jika berkomunikasi dengan seorang yang berada jauh menurut kita, kita dapat memakai fasilitas telepon, akan tetapi itu kita hanya mendengar bunyi sahabat atau saudara kita. 

3. Komputer sebagai Alat Hiburan
Dahulu alat hiburan kita hanyalah Radio, tape, Televisi & jalan-jalan buat mengetahui syarat & situasi berdasarkan satu daerah. Dengan personal komputer  kita dapat mengghibur diri kita menggunakan berbagai fasilitas yang masih ada dalam personal komputer.  

4. Komputer Sebagai Alat Pendidikan
Pada zaman modern sekarang ini, komputer merupakan alat penunjang pendidikan yang memiliki peran yang sangat besar. Berbagai informasi pendidikan bisa didapatkan melalui komputer.

5. Komputer Sebagai Sarana Informasi
Dengan personal komputer  kita bisa melihat atau memperoleh fakta yg kita butuhkan .

6. Komputer Sebagai Sarana Usaha
Personal komputer  jua dapat dipergunakan sebagai indera buat melakukan poly bisnis yang mendatangkan penghasilan bagi kita.

7. Komputer Sebagai Sarana Kontrol
Di beberapa pabrik, Perhotelan, dan perusahaan poly personal komputer  dipergunakan menjadi wahana buat mengontrol atau mengoperasikan system.
Terimakasih telah membaca artikel berjudul Pengertian, Komponen, Fungsi dan Manfaat Komputer

Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 10/09/2017

0 komentar Pengertian, Komponen, Fungsi dan Manfaat Komputer

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak