Home » » Pengertian dan Pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia

Pengertian dan Pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia

   
Pengertian dan Pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia

A. Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia,disingkat MSDM,adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur interaksi dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif dan bisa digunakan secara maksimal  sehingga tercapai tujuan (goal) beserta perusahaan, karyawan dan warga sebagai maksimal. MSDM didasari pada suatu konsep bahwa setiap karyawan merupakan insan- bukan mesin - & bukan semata sebagai sumber daya bisnis.


Berikut ini adalah pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) berdasarkan para pakar:

Menurut Melayu SP. Hasibuan.MSDM adalah ilmu dan seni mengatur hubungan & peranan energi kerja agar efektif & efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan dan warga .

Menurut Henry Simamora. MSDM merupakan sebagai eksploitasi, pengembangan, penilaian, hadiah balasan jasa dan pengelolaan terhadap individu anggota organisasi atau kelompok bekerja. MSDM juga menyangkut desain dan implementasi system perencanaan, penyusunan personalia, pengembangan karyawan, pengeloaan karir, evaluasi kerja, kompensasi karyawan dan interaksi perburuhan yang mulus.

Menurut Achmad S. Rucky. MSDM merupakan penerapan secara tepat & efektif pada proses akusis, eksploitasi, pengemebangan dan pemeliharaan personil yg dimiliki sebuah organisasi secara efektif buat mencapai tingkat pendayagunaan sumber daya manusia yang optimal sang organisasi tersebut dalam mencapai tujuan-tujuannya.

Menurut Mutiara S. Panggabean. MSDM adalah proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pimpinan dan pengendalian aktivitas-aktivitas yg berkaitan dengan analisis pekerjaan, evaluasi pekerjaan, pengadaan, pengembangan, kompensasi, kenaikan pangkat   dan pemutusan interaksi kerja guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan

Menurut Mutiara S. Panggabaean. MSDM merupakan kegiatan di bidang sumber daya insan bisa dipandang dari 2 sudut pandang, yaitu berdasarkan sisi pekerjaan & dari sisi pekerja. Dari sisi pekerjaan terdiri berdasarkan analisis & evaluasi pekerjaan. Sedangkan dari sisi pekerja meliputi aktivitas-aktivitas pengadaan tenaga kerja, evaluasi prestasi kerja, training dan pengembangan, kenaikan pangkat , kompensasi & pemutusan hubungan kerja.

B. Pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia

Dalam setiap aktivitas atau kegiatan organisasi menurut waktu ke waktu selalu timbul perkara-masalah. Untuk mengatasi kasus–masalah yg ada terdapat beberapa pendekatan sinkron menggunakan periodenya. Maksudnya pendekatan yang lebih akhir menerangkan lebih baru dilihat menurut segi waktunya. Tetapi sampai kini   pun terdapat pimpinan perusahaan yang menggunakan pendekatan usang pada mengatasi permasalahan. Di bawah ini dikemukakan 3 pendekatan: Pendekatan Mekanis, Pendekatan Paternalisme, dan, Pendekatan Sistem Sosial.

1. Pendekatan Mekanis (klasik)
Perkembangan di bidang Industri menggunakan penggunaan mesin–mesin dan indera–alat elektronika membawa kemajuan yg sangat pesat dalam efisiensi kerja.

Dalam pendekatan mekanis, apabila ada pertarungan yang herbi energi kerja, maka unsur manusia dalam organisasi disamakan menggunakan faktor produksi lain, sebagai akibatnya pimpinan perusahaan cenderung menekan pekerja dengan upah yg minim sebagai akibatnya porto produksi rendah. Pandangan pendekatan ini memperlihatkan perilaku bahwa tenaga kerja wajib  dikelompokkan menjadi kapital yang merupakan faktor produksi. Dengan hal ini maka di sebaiknya buat memperoleh tenaga kerja yg murah namun mampu di manfaatkan semaksimal mungkin dan memperoleh output yang lebih akbar buat kepentingan pemberi kerja. Pendekatan ini relatif secara umum dikuasai di negara–negara industri barat hingga menggunakan tahun 1920 – an.

2. Pendekatan Paternalisme (Paternalistik)
Dengan adanya perkembangan pemikiran berdasarkan para pekerja yang semakin maju berdasarkan para pekerja, yang memberitahuakn mereka dapat melepaskan diri berdasarkan ketergantungan manajemen atau pimpinan perusahaan mengimbangkan dengan kebaikan buat para pekerja. Paternalisme adalah suatu konsep yg menduga manajemen sebagai pelindung terhadap karyawan, aneka macam bisnis sudah dilakukan oleh pimpinan perusahaan supaya para pekerja nir mencari donasi berdasarkan pihak lain. Pendekatan ini mulai hilang pada waktu periode tahun 1930–an.

3. Pendekatan Sistem Sosial (Human Relation)
Manajemen Sumber Daya Manusia atau personalia adalah proses yang kompleks. Setiap ada permasalahan, maka diusahakan dipecahkan menggunakan sebaik mungkin menggunakan resiko yg paling mini, baik bagi pihak energi kerja maupun pemberi kerja
Terimakasih telah membaca artikel berjudul Pengertian dan Pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia

Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 10/27/2017

0 komentar Pengertian dan Pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak