Home » » Pengertian dan Obyek Kajian Psikologi

Pengertian dan Obyek Kajian Psikologi

Pengertian dan Obyek Kajian Psikologi

A. Pengertian Psikologi

“Psikologi” berasal menurut keterangan dari perkataan Yunani “psyche” yg ialah jiwa, & “logos” yg dengan kata lain ilmu pengetahuan. Jadi secara etimologi (dari makna istilah) psikologi merupakan ilmu yg mengusut tentang jiwa, baik mengenai macam-macam gejalanya, prosesnya maupun latar belakangnya, atau disebut memakai  ilmu jiwa. Berbicara mengenai jiwa, terlebih dahulu kita mesti  dapat memisahkan antara nyawa dengan jiwa. Nyawa adalahdaya jasmaniah yg adanya tergantung pada hayati fisik dan mengakibatkan perbuatan badaniah, yaitu tindakan yang pada timbulkan oleh proses belajar. Misalnya : insting, refleks, nafsu dan sebagainya. Jika fisik meninggal, maka meninggal pulalah nyawanya.

Sedang jiwa adalahdaya hidup rohaniah yg mempunyai sifat tak berbentuk, yg menjadi penggerak dan pengatur untuk sekalian perbuatan-perbuatan khusus (personal behavior) dari fauna tingkat tinggi & manusia. Perbutan individu adalahperbuatan menjadi output proses belajar yang di mungkinkan oleh suasana jasmani, rohaniah, sosial & lingkungan. Proses belajar  ialah proses bikin mempertinggi jati diri (personality ) dengan jalan berjuang mendapatkan definisi baru, nilai-nilai baru, & kemampuan baru, sampai-sampai ia bisa melakukan yang lebih sukses, dalam menghadapi pertentangan-pertentangan dalam hidup. Jadi jiwa berisi pengertian-pengertian, nilai-nilai kebudayaan & kecakapan-kecakapan.

Psikologi sendiri memiliki poly pengertian, diantaranya :

Berdasarkan keterangan dari Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Psikologi adalah ilmu yang sehubungan menggunakan proses-proses mental baik normal maupun abnormal & pengaruhnya dalam prilaku.

Berdasarkan keterangan dari Ernest Hilgert (1957) psikologi adalahilmu yang menginvestigasi tingkah laris insan dan fauna lainnya.

Berdasarkan keterangan dari Chaplin psikologi ialah ilmu pengetahuan tentang prilaku manusia & fauna, pula investigasi terhadap organisme dalam segala aneka & kerumitannya saat mereaksi arus & evolusi alam lebih tidak cukup & insiden-peristiwa kemasyarakatan yang membarui lingkungan.

Berdasarkan keterangan dari Dr. Singgih Dirgagunarsa, psikologi adalahilmu yg menginvestigasi tingkah laku  insan.

Berdasarkan keterangan dari Plato dan Aristoteles, psikologi ialah ilmu pengetahuan yang mengecek tentang hakekat jiwa serta prosesnya.

Pengertian psikologi diatas menjelaskan beragamnya pendapat para berpengalaman psikologi. Perbedaan itu bermuasal dalam adanya disparitas titik berangkat para berpengalaman dalam mengecek dan membicarakan kehidupan jiwa yang perumahan ini. Dan dari definisi tadi sangat tidak dapat diputuskan bahwa psikologi adalahilmu pengetahuan yang mengecek semua tingkah laris & tindakan individu, dimana pribadi tersebut tidak dapat dilepaskan dari lingkungannya.

B. Obyek Kajian Psikologi

Objek Psikologi dipecah menjadi dua, yakni :

1. Objek Material
Objek Material ialah sesuatu yg dibahas, dipelajari atau diselidiki, atau sebuah unsur yang diprovokasi atau sesuatu yg dijadikan target pemikiran, objek material merangkum apa saja, baik hal-hal konkret (kerohanian, nilai-nilai, ilham-inspirasi). Objeknya yakni manusia(Alex Sobur,2003:41).

2. Objek formal
Objek formal merupakan teknik memandang, teknik meninjau yang dilaksanakan oleh seorang peneliti terhadap objek materialnya serta prinsip-prinsip yg digunakannya. Objeknya yakni menurut keterangan dari segi tingkah laris manusia, objek tersebut mempunyai sifat realitas atau nyata, yang bisa diobservasi bikin memorediksi, mendeskripsikan sesuatu yang dilihat. Caranya menyaksikan gerak gerik seorang bagaimana beliau mengerjakan sesuatu dan menyaksikan menurut keterangan dari matanya[ ibid, 2003:42].
Terimakasih telah membca artikel berjudul Pengertian dan Obyek Kajian Psikologi

Kumpulan Makalah
Kumpulan Makalah Updated at: 10/14/2017

0 komentar Pengertian dan Obyek Kajian Psikologi

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak