Skip to main content

Pengertian dan Obyek Kajian Psikologi

Pengertian dan Obyek Kajian Psikologi
Psikologi merupakan ilmu yang membahas tentang kejiwaan seseorang. Dalam perkembangannya, psikolog banyak dikaji oleh para ilmuan berdasarkan objek kajian psikologi masing-masing. Sebenarnya untuk memberikan definisi atau pengertian psikologi secara khusus tidak dapat dilakukan karena pada dasarnya psikologi sendiri memiliki banyak cabang yang menjadi pusat kajian namun kata kuncinya adalah psikologi berkaitan dengan jiwa manusia. Untuk lebih jelasnya terkait pengertian dan objek kajian psikologi akan dijelaskan berikut ini.

A. Pengertian Psikologi

Pengertian psikologi berasal dari kata "Psikologi" berasal dari kata Yunani "psyche" yang merupakan jiwa, dan "logo" yang dengan kata lain adalah sains. Jadi secara etimologis (dari arti istilah) psikologi adalah ilmu yang menyelidiki jiwa, baik tentang berbagai gejala, proses dan latar belakangnya, atau disebut menggunakan psikologi. Berbicara tentang jiwa, pertama-tama kita harus dapat memisahkan jiwa dari jiwa. Hidup adalah kekuatan fisik yang bergantung pada kehidupan fisik dan menghasilkan tindakan tubuh, yaitu tindakan yang disebabkan oleh proses pembelajaran. Misalnya: insting, refleks, nafsu dan sebagainya. Jika dia mati secara fisik, demikian juga hidupnya.
Sedangkan jiwa adalah kekuatan kehidupan spiritual yang memiliki sifat tak berbentuk, yang menjadi kekuatan pendorong dan pengatur semua tindakan khusus (perilaku pribadi) fauna dan manusia tingkat tinggi. Perbuatan individu adalah tindakan yang dibuat menjadi hasil dari proses pembelajaran yang dimungkinkan oleh atmosfer fisik, spiritual, sosial, dan lingkungan. Proses belajar adalah proses membuat kepribadian yang meningkat (kepribadian) dengan berjuang untuk mendapatkan definisi baru, nilai-nilai baru, dan kemampuan baru, sampai pada titik ia dapat melakukan lebih sukses, dalam menghadapi kontradiksi dalam kehidupan. Jadi jiwa mengandung pengertian, nilai-nilai budaya dan kemampuan.
Psikologi itu sendiri memiliki arti umum yaitu:
Berdasarkan informasi dari Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Psikologi adalah ilmu yang berhubungan dengan menggunakan proses mental normal dan abnormal serta pengaruhnya terhadap perilaku.
Berdasarkan informasi dari Ernest Hilgert (1957) psikologi adalah ilmu yang menyelidiki perilaku terlaris manusia dan fauna lainnya.
Berdasarkan informasi dari psikologi Chaplin adalah ilmu tentang perilaku dan fauna manusia, serta penyelidikan organisme dalam segala macam dan kompleksitas ketika bereaksi terhadap aliran dan evolusi alam yang lebih tidak memadai dan insiden sosial yang memperbaharui lingkungan.
Berdasarkan informasi dari Dr. Singgih Dirgagunarsa, psikologi adalah ilmu yang menyelidiki perilaku manusia.
Berdasarkan informasi dari Plato dan Aristoteles, psikologi adalah ilmu yang memeriksa sifat jiwa dan prosesnya.
Pemahaman psikologi di atas menjelaskan beragam pendapat psikolog yang berpengalaman. Perbedaannya berakar pada perbedaan titik awal dari yang berpengalaman dalam memeriksa dan mendiskusikan kehidupan jiwa perumahan ini. Dan dari definisi di atas, tidak dapat diputuskan bahwa psikologi adalah pengetahuan pengetahuan yang memeriksa semua perilaku dan tindakan individu, di mana orang tersebut tidak dapat dipisahkan dari lingkungannya.

B. Objek Kajian Psikologis

Secara umum Obyek kajian Psikologi dibagi menjadi dua yaitu:

1. Objek Material

Objek material adalah sesuatu yang dibahas, dipelajari atau diselidiki, atau elemen yang diprovokasi atau sesuatu yang ditargetkan oleh pikiran, objek material merangkum apa saja, baik benda konkret (spiritualitas, nilai, inspirasi, inspirasi). Objeknya adalah manusia (Alex Sobur, 2003: 41).

2. Objek formal

Objek formal adalah teknik melihat, teknik ulasan yang dilakukan oleh seorang peneliti dari objek material dan prinsip-prinsip yang digunakannya. Objeknya adalah, menurut informasi dalam hal perilaku manusia, objek tersebut memiliki sifat realitas atau realitas, yang dapat diamati untuk membuat memoredict, menggambarkan sesuatu yang dilihat. Cara untuk menyaksikan pergerakan seseorang adalah bagaimana ia melakukan sesuatu dan bersaksi sesuai dengan informasi dari matanya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar