Skip to main content

Pengertian Operasi Plastik dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Operasi plastik adalah cabang ilmu kedokteran yang bertujuan merekonstruksi atau memperbaiki bagian tubuh manusia melalui operasi medis. 

Pengertian Operasi Plastik

Operasi plastik atau dikenal sebagai Bedah Plastik atau dalam bahasa Arab disebut Jirahah Tajmil adalah operasi yang dilakukan untuk mempercantik atau memperbaiki suatu elemen pada tungkai, baik yang terlihat atau tidak ada, dengan teknik yang ditambahkan, dikurangi atau dibuang, yang ditujukan untuk meningkatkan manfaat dan estetika tubuh. Sedangkan dalam bahasa Yunani, Operasi plastik dikenal sebagai Platikos yang berarti membangun.
Secara umum operasi plastik dapat dibagi menjadi dua jika dilihat dari fungsinya, yaitu:
  1. Operasi plastik yang bersifat rekonstruktif, misalnya akibat perang atau kecelakaan lain yang bertujuan untuk mengobati.
  2. Mempercantik apa yang sudah ada, yaitu sebagai upaya untuk mengeksplorasi kepuasannya sendiri dan untuk meningkatkan apa yang telah ditentukan sebelumnya dan tujuannya adalah untuk terlihat lebih muda.

Operasi Plastik

Semua jenis operasi yang dilakukan selain pada bagian tubuh disebut operasi plastik, meskipun operasi plastik didasarkan pada operasi. Operasi plastik adalah bagian dari operasi pada umumnya. Operasi yang sebagian besar dilakukan dalam kedokteran hanyalah operasi medis. Operasi plastik juga terjadi sebelum kematian seperti pembedahan pada mayat itu sendiri dapat diklasifikasikan menjadi beberapa bagian:
  1. Operasi untuk kejahatan atau lebih dikenal sebagai otopsi. Apa yang dilakukan pada tubuh orang yang sudah mati dan najis dapat memahami penyebab kematian kecuali mereka melewati proses otopsi.
  2. Pembedahan dilakukan sebagai proses pembelajaran. Itu diadakan di fakultas kedokteran dan bertujuan untuk memberikan pemahaman siswa tentang organ manusia dan lainnya yang terkait dengan tubuh manusia.
  3. Pembedahan dilakukan untuk mengetahui penyakit pasien di mana penyakit tersebut merupakan penyakit baru dan penyebabnya tidak diketahui.

Jenis-Jenis Operasi Plastik

Operasi plastik biasa dilakukan oleh seseorang dengan maksud dan tujuan tertentu. Jika dilihat dari jenis-jenis operasi plasitik secara umum, dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

Operasi Ghairu Ikhtiyariya

Operasi Ghairu Ikhtiyariyah Itu adalah operasi yang bertujuan untuk mengobati penyakit yang terjadi tanpa dominasi seseorang dalam penyakit sebelumnya. Apakah penyakit yang telah ada ketika bayi baru lahir seperti penyatuan jari tangan atau kaki, bibir sumbing, lubang hidung atau pendengaran dan lain sebagainya dan jenis penyakit lainnya yang terjadi tanpa disengaja. Jenis operasi ini hanya bertujuan untuk mengobati penyakit dan di masa depan itu akan membentuk keindahan orang-orang yang telah dirawat.

Operasi Ikhtiyariyah

Operasi Ikhtiyariyah adalah operasi yang dilakukan bukan karena argumen medis, tetapi mutlak seseorang hanya berharap untuk mempercantik diri dan berlebihan dalam mengartikan istilah-istilah estetika ini. Mengobati stigma fisik yang bersifat rekonstruktif, seperti akibat perang atau kemalangan lain yang bertujuan untuk mengobati. Operasi Ikhtiyariyah dibagi menjadi dua bagian yaitu:
  • Operasi Plastik Untuk Merubah Bentuk

Operasi plastik yang bertujuan untuk merubah bentuk seperti berikut:
  1. Mempercantik hidung, membuatnya tampak lebih tajam, dll.
  2. Mempercantik dagu, menggunakannya untuk meruncing, dll.
  3. Mempercantik payudara menggunakan payudara yang lebih kecil jika terlalu besar atau memperbesarnya menggunakan injeksi silikon atau gunakan peningkatan hormon untuk mengisi payudara menggunakan banyak cara yang telah ditemukan. 
  4. Mempercantik telinga 
  5. Mempercantik perut menggunakan penghilangan lemak atau lebih banyak unsur sesuai dengan tubuh.

  • Operasi Plastik Agar Kelihatan Lebih Muda 

Operasi plastik yang dilakukan agar kelihatan lebih mudah seperti:
  1. Mempercantik wajah dengan menghilangkan kerutan yang terkandung dengan skaler atau alat lain.
  2. Mempercantik kulit dengan menggunakan lemak yang terkandung dan mengatur wajah dengan apa yang Anda inginkan 
  3. Mempercantik kulit tangan dengan menghilangkan kerutan seolah-olah kulit masih padat dan muda .
  4. Mempercantik Alis baik digunakan bercukur agar terlihat lebih muda. Mungkin ini berdasarkan pada liputan menurut penulis bagian yang jarang ditemui dan sangat umum
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar