Home » » Kebutuhan Hidup Pada Masyarakat Lanjut Usia

Kebutuhan Hidup Pada Masyarakat Lanjut Usia

Kebutuhan Hidup Pada Masyarakat Lanjut Usia

Kebutuhan Hidup Pada Masyarakat Lanjut Usia

Setiap orang memiliki kebutuhan hayati. Orang lanjut usia juga mempunyai kebutuhan hayati yg sama agar bisa hidup sejahtera. Kebutuhan hayati orang lanjut usia diantaranya kebutuhan akan makanan bergizi seimbang, pemeriksaan kesehatan secara rutin, perumahan yang sehat dan kondisi tempat tinggal   yang tentram & kondusif, kebutuhan-kebutuhan sosial misalnya bersosialisasi menggunakan semua orang pada segala usia, sebagai akibatnya mereka memiliki banyak teman yg bisa diajak berkomunikasi, membagi pengalaman, memberikan pengarahan buat kehidupan yg baik. 

Kebutuhan tersebut diperlukan sang lanjut usia agar bisa mandiri.Kebutuhan tadi sejalan menggunakan pendapat Maslow pada Koswara (1991) yang menyatakan bahwa kebutuhan manusia meliputi:

1.Kebutuhan fisik pada masyarakat lanjut usia
Kebutuhan fisik (physiological needs) merupakan kebutuhan fisik atau biologis seperti pangan, pakaian, papan, seks & sebagainya.

2. Kebutuhan ketentraman pada masyarakat lanjut usia
Kebutuhan ketentraman (safety needs) merupakan kebutuhan akan rasa keamanan dan ketentraman, baik lahiriah juga batiniah misalnya kebutuhan akan jaminan hari tua, kebebasan, kemandirian dan sebagainya.

3. Kebutuhan sosial bagi masyarakat lanjut usia 
Kebutuhan sosial merupakan kebutuhan bersifat bermasyarakat atau berkomunikasi dengan manusia lain melalui perkumpulan atau paguyuban, organisasi profesi, kesenian, olah raga, kesamaan hobby dan sebagainya 

4. Kebutuhan harga diri pada masyarakat lanjut usia
Kebutuhan harga diri (esteem needs) adalah kebutuhan akan harga diri buat diakui akan keberadaannya.

5. Kebutuhan ekspresi pada masyarakat lanjut usia
Kebutuhan ekspresi (self actualization needs) merupakan kebutuhan buat membicarakan kemampuan fisik, rohani maupun daya pikir berdasar pengalamannya masing-masing, bersemangat buat hidup,& berperan dalam kehidupan.
Sejak awal kehidupan hingga berusia lanjut setiap orang memiliki kebutuhan psikologis dasar (Setiati,2000).

Kebutuhan hidup pada masyarakat lanjut usia merupakan tanggunggajawab seluruh elemen masyarakat tidak berpika hanya pada keluarga mereka. Kebijakan pemerintah terkai permasalahan masyarakat lanjut usia sangat mempengaruhi kberlangsungan hidup yang layak sebagai orang yang usianya sudah lanjut bagi mereka.

Dengan demikian, kebutuhan hidup bagi msyarakat lanjut usia dapat terpenuhi agar masa tua mereka dapat nikmati dan tidak menjadi beban hidup yang senantiasa menghantui mereka. Kepedulian Masyarakat sekitar mereka sangat mempengaruhi tercapainya kebutuhan hidup mereka,
Terimakasih telah membca artikel berjudul Kebutuhan Hidup Pada Masyarakat Lanjut Usia

Kumpulan Makalah
Kumpulan Makalah Updated at: 10/24/2017

0 komentar Kebutuhan Hidup Pada Masyarakat Lanjut Usia

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak