Skip to main content

Prinsip dan Asas Demokrasi di Indonesia

Asas-Asas Demokrasi di Indonesia

A. Prinsip-prinsip Demokrasi di Indonesia

Pada dasarnya prinsip-prinsip demokrasi adalah sebagai berikut:

a. Kedaulatan ada di tangan rakyat
Kedaulatan rakyat berarti bahwa kekuasaan tertinggi ada di tangan rakyat. Ini berarti bahwa kehendak rakyat adalah kehendak tertinggi. Jika setiap warga negara mampu memahami makna dan makna prinsip demokrasi.

b. Pengakuan dan perlindungan hak asasi manusia
Pengakuan bahwa semua manusia memiliki martabat dan martabat yang sama, tanpa perbedaan antara gender, agama, etnis dan sebagainya. Pengakuan hak asasi manusia di Indonesia telah dinyatakan dalam UUD 1945 yang sebenarnya sudah ada sebelum Deklarasi Universal PBB yang lahir pada 24 Desember 1945.
UUD 1945 tercantum dalam: Pembukaan UUD 1945 paragraf pertama dan keempat, Badan UUD 1945, Keputusan MPR tentang Hak Asasi Manusia Indonesia telah dinyatakan dalam Keputusan MPR No. XVII / MPR / 1998. Setelah itu, UU No .39 tahun 1999 tentang hak asasi manusia dibentuk, Undang-undang yang mengatur dan menjadi HAM di Indonesia adalah Undang-Undang No.39 tahun 1999 tentang hak asasi manusia.
c. Pemerintah berdasarkan hukum (konstitusi)
Pemerintah didasarkan pada sistem konstitusional (hukum dasar) dan bukan absolutisme (kekuasaan absolut tidak terbatas). Sistem konstitusional ini menekankan bahwa pemerintah dalam menjalankan tugasnya dikendalikan atau dibatasi oleh ketentuan konstitusi.
d. Keadilan yang bebas dan tidak memihak
Setiap warga negara Indonesia memiliki hak untuk diperlakukan setara di hadapan hukum, pengadilan, dan pemerintah tanpa membedakan jenis kelamin, ras, suku, agama, kekayaan, pangkat dan posisi. Dalam persidangan, hakim tidak mendiskriminasi perlakuan dan tidak mendukung orang kaya, pejabat, dan orang-orang berpangkat tinggi. Jika mereka bersalah, hakim harus mengadilinya dan memberikan hukuman sesuai dengan kesalahannya.
e. Pengambilan keputusan berdasarkan musyawarah
Bahwa dalam setiap pengambilan keputusan itu harus dilakukan sesuai dengan keputusan bersama (musyawarah) untuk mencapai konsensus.
f. Keberadaan partai politik dan organisasi sosial politik
Padahal dengan adanya partai politik dan organisasi sosial dan politik fungsi ini untuk menyalurkan aspirasi rakyat.
g. Pemilihan umum yang demokratis
Pemilihan Umum adalah sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat di Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

B. Asas Demokrasi di Indonesia

Gagasan utama pemerintahan yang demokratis adalah pengakuan akan sifat manusia, yaitu pada dasarnya manusia memiliki kemampuan yang sama dalam hubungan sosial. Berdasarkan ide-ide dasar ini, ada dua prinsip dasar demokrasi, yaitu:
1. Pengakuan keikutsertaan  rakyat dalam pemerintahan
Misalnya pemilihan wakil rakyat ke lembaga perwakilan rakyat secara langsung, publik, bebas, dan rahasia serta jujur dan adil.
2. Pengakuan sifat dan martabat manusia
Misalnya keberadaan tindakan pemerintah untuk melindungi hak asasi manusia untuk kebaikan bersama.
Tiga lembaga negara adalah lembaga pemerintah yang memiliki wewenang untuk mewujudkan dan menerapkan otoritas eksekutif, lembaga pengadilan yang memiliki wewenang untuk menjalankan kekuasaan yudisial dan lembaga perwakilan rakyat (DPR, untuk Indonesia) yang memiliki wewenang untuk menggunakan kekuasaan legislatif. Di bawah sistem ini, keputusan legislatif dibuat oleh masyarakat atau oleh perwakilan yang berkewajiban untuk bekerja dan bertindak sesuai dengan aspirasi orang-orang yang mereka wakili (konstituen) dan yang memilih mereka melalui proses pemilihan umum legislatif, selain kepatuhan terhadap undang-undang dan peraturan.
Selain pemilihan umum legislatif, banyak keputusan atau hasil penting, misalnya pemilihan presiden suatu negara, diperoleh melalui pemilihan umum. Di Indonesia, hak untuk memilih hanya diberikan kepada warga negara yang telah melewati usia tertentu, misalnya usia 18 tahun, dan yang tidak memiliki catatan kriminal (misalnya, terpidana atau mantan terpidana).
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar