Skip to main content

Pokok-Pokok Ajaran Syiah dan Perkembangannya

Syiah merupakan salah satu aliran pemahaman dalam islam yang memiliki pengikut terbanyak kedua setelah paham ahlussunnah wal jamaah. Pada prinsipnya aliran syiah memiliki perbedaan yang sangat menonjol daripada aliran islam lainnya terutama jika dilihat dari beberapa pokok ajaran dalam aliran syiah.

Pokok-Pokok Ajaran Syiah

Syiah memiliki 5 ide utama yang harus ditaati oleh pengikut mereka, termasuk pada tauhid, al, adl, sebuah nubuwah, al Imamah dan al ma'ad.

1. At-Tauhid

Kaum syiah juga percaya bahwa Allah SWT adalah Satu, ketergantungan semua makhluk, tidak memiliki anak dan tidak diperanakkan dan juga tidak mirip dengan makhluk di bumi ini. Namun, menurut mereka Allah memiliki 2 atribut yaitu al-tsubutiyah yang merupakan sifat yang harus dan masih ada dalam Allah SWT. 
Ciri-ciri ini termasuk 'alim (mengetahui), qadir (berkuasa), hayy (kehidupan), murid (akan), mudrik (pintar, cerdas), qadim azaliy baq (tidak ada awal, azali dan abadi), mutakallim (ucapan) dan shaddiq (benar). Sedangkan sifat kedua yang dimiliki oleh Allah SWT adalah al-Salbiyah yang merupakan sifat yang tidak mungkin dalam Allah SWT. Kualitas-kualitas ini termasuk terdiri dari beberapa bagian, memiliki tubuh, dapat dilihat, ditempatkan, memiliki persekutuan, berniat untuk melakukan sesuatu dan menjadi tambahan pada Esensi yang Dia miliki.

2. Al ‘adl

Kaum Syiah memiliki keyakinan bahwa Tuhan memiliki karakter Yang Maha Adil. Allah tidak pernah melakukan kesalahan atau perbuatan buruk lainnya. Tuhan tidak melakukan apa pun kecuali atas dasar manfaat dan kebaikan umat manusia. Menurut Syiah semua perbuatan yang dilakukan oleh Allah pasti ada maksud dan tujuan tertentu yang harus dicapai, sehingga semua perbuatan yang dilakukan oleh Allah SWT itu baik. Jadi dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa konsep keadilan Tuhan adalah bahwa Tuhan selalu melakukan perbuatan baik dan tidak melakukan hal buruk. Tuhan juga tidak meninggalkan sesuatu yang harus dilakukan.

3. An-Nubuwah

Keyakinan kaum Syiah terhadap keberadaan Nabi juga tidak berbeda dengan keyakinan umat Islam lainnya. Menurut mereka, Tuhan mengutus para nabi dan rasul untuk membimbing umat manusia. Para rasul memberikan kabar baik kepada mereka yang melakukan perbuatan baik dan memberikan kabar hukuman atau ancaman kepada mereka yang tidak saleh dan menyangkal Allah SWT. Dalam hal kenabian, Syiah berpendapat bahwa jumlah total Nabi dan Rasul adalah 124 orang, Nabi terakhir adalah nabi Muhammad SAW yang merupakan nabi paling penting dari semua Nabi yang ada, istri-istri Nabi adalah orang-orang yang suci dari segala kejahatan, para nabi dilindungi dari segala bentuk kekeliruan baik sebelum maupun setelah diangkat sebagai rasul, Alquran adalah mukjizat Nabi Muhammad yang kekal, dan firman Allah adalah hadits (baru), hukian qadim makhluk (diciptakan) karena kata-kata Tuhan terdiri dari huruf dan suara yang dapat didengar, sedangkan Allah tidak berbicara dengan huruf dan suara.

4. Al-Imamah

Bagi kaum Syiah, Imamah berarti kepemimpinan dalam urusan agama maupun di dunia. Dia adalah pengganti Rasul dalam mempertahankan syari'ah, melaksanakan hudud (memiliki atau menghukum pelanggar hukum Allah), dan menyadari kebaikan dan kedamaian umat. Bagi Syiah yang berhak menjadi pemimpin umat hanya seorang imam dan menganggap para pemimpin selain imam sebagai pemimpin ilegal dan tidak diharuskan untuk ditaati. Oleh karena itu pemerintah Islam sejak kematian Rasul (kecuali pemerintah Ali Bin Abi Thalib) adalah pemerintahan yang tidak sah. Selain itu, imam dianggap ma'sum, dilindungi dari dosa sehingga ia tidak berdosa dan perintah, larangan tindakan atau tindakannya tidak boleh diperdebatkan atau dikritik.

5. Al-Ma'ad

Secara harfiah al ma'dan adalah tempat kembali, yang dimaksud di sini adalah akhirat. Kaum Syiah sepenuhnya percaya bahwa akhirat pasti akan terjadi. Menurut kepercayaan mereka, manusia akan dibangkitkan, tubuh secara keseluruhan akan dikembalikan ke asalnya baik daging, tulang, dan roh. Dan pada Hari Kebangkitan juga manusia harus bertanggung jawab atas semua perbuatan yang telah dilakukan ketika hidup di dunia di hadapan Allah SWT. Pada saat itu Tuhan juga akan memberi upah kepada mereka yang melakukan kesalehan dan menyiksa mereka yang telah melakukan ketidaktaatan.

Perkembangan Syiah

Semua sekte dalam Syiah sepakat bahwa Imam pertama adalah Ali bin Abi Thalib, kemudian Hasan bin Ali, kemudian Husein bin Ali. Tetapi setelah itu timbul perselisihan tentang siapa yang menggantikan Imam Husein bin Ali. Dalam hal ini muncul dua pendapat. Pendapat kelompok pertama, yaitu Imamah beralih ke Ali bin Husein, putra Husein bin Ali, sementara kelompok lain percaya bahwa imamah dipindahkan ke Muhammad bin Hanafiyah, putra Ali bin Abi Thalib dari istri non-Fatimah. Sebagai hasil dari perbedaan antara kedua kelompok ini, beberapa sekte muncul dalam Syiah.
Para penulis klasik memiliki perselisihan yang tajam tentang pembagian sekte dalam Syiah ini. Namun, para ahli umumnya membagi sekte Syiah menjadi empat kelompok besar, yaitu Kaisaniyah, Zaidiyah, Imamiyah dan Gulat.

1. Al-Kaisaniyah

Kaisaniyah adalah nama sekte Syiah yang percaya bahwa kepemimpinan setelah Ali bin Abi Thalib beralih ke putranya Muhammad bin Hanafiyah. Para ahli membantah pendapat pendiri Syiah Kaisaniyah, beberapa mengatakan dia adalah mantan budak Kaisan Ali bin Abi Talib r.a. Ada juga yang mengatakan bahwa dia adalah Almukhtar bin Abi Ubaid yang memiliki nama lain Kaisan. [20] Di antara ajaran-ajaran Syiah Kaisaniyah adalah, kafir Khalifah yang mendahului Imam Ali ra dan tidak mempercayai mereka yang terlibat dalam perang Sifin dan Perang Jamal (Unta), dan Kaisan berpikir bahwa Gabriel ketika mendekati Almukhtar dan berkhotbah kepadanya. bahwa Allah SWT menyembunyikan Muhammad bin Hanafiyah.
Sekte Kaisaniyah dibagi menjadi beberapa kelompok, tetapi semuanya kembali ke dua gagasan yang berbeda, yaitu:

  1. Percayalah bahwa Muhammad bin Hanafiyah masih hidup.
  2. Percaya bahwa Muhammad bin Hanafiyah hilang, dan posisi kepemimpinan dialihkan ke yang lain.
Poin utama Shi'a al-Kaisaniyah adalah antara lain:

  • Mereka tidak percaya bahwa roh Tuhan menetes ke tubuh Ali ibn Abi Thalib, seperti kepercayaan Saba'iyah.
  • Mereka percaya pada kembalinya imam (raj'ah) setelah kematiannya. Faktanya, sebagian besar pengikut al-Kaisaniyah percaya bahwa Muhammad Ibn Hanafiyah tidak mati, tetapi masih hidup di Gunung Radlwa.
  • Mereka menganggap bahwa Allah. itu mengubah kehendak-Nya menurut perubahan dalam pengetahuan-Nya. Allah SWT. Atur sesuatu, lalu atur yang sebaliknya.
  • Mereka percaya pada keberadaan reinkarnasi (tanasukh al-arwah).
  • Mereka percaya pada roh.

2. Az-Zaidiyah

Zaidiyah adalah sebuah sekte di Syiah yang percaya pada kepemimpinan Zaid bin Ali bin Husein Zainal Abidin setelah kepemimpinan Husein bin Ali. Mereka tidak mengakui kepemimpinan Ali bin Husein Zainal Abidin yang diakui oleh sekte Imamah, karena menurut mereka Ali bin Husein Zainal Abidin dianggap tidak memenuhi syarat sebagai pemimpin.
Sekte Zaidiyah mengakui keabsahan Khalifah atau Imamah Abu Bakar As-Sidiq dan Umar bin Khattab. Dalam hal ini, Ali bn Abi Talib dinilai lebih tinggi dari Abu Bakar dan Umar bin Khattab. Karena itu, sekte Zaidi ini dianggap sebagai sekte Syiah terdekat dengan Sunnah. Disebut juga Lima Imam dinamai demikian karena mereka adalah pengikut Zayd ibn 'Ali ibn Husayn ibn' Ali bin Abi Thalib. Mereka dapat dianggap moderat karena mereka tidak menganggap ketiga khalifah sebelum Ali tidak valid. Perintah imam mereka adalah:

  • Ali bin Abi Thalib (600-661), juga dikenal sebagai Amirul Mukminin
  • Hasan bin Ali (625-669), juga dikenal sebagai Hasan al-Mujtaba
  • Husain bin Ali (626-680), juga dikenal sebagai Husain bin Shahid
  • Ali bin Husain (658-713), juga dikenal sebagai Ali Zainal Abidin
  • Zaid bin Ali (658-740), juga dikenal sebagai Zaid bin Ali as-Syahid, adalah putra Ali bin Husain dan saudara tiri Muhammad al-Baqir.
Poin utama dari ajaran Syiah Zaidiyah, terdiri dari beberapa hal, yaitu:

  • Percaya seseorang dari keturunan Fatima (putri Nabi) yang mengobarkan pemberontakan dalam membela kebenaran, dapat diakui sebagai seorang imam, jika ia memiliki pengetahuan agama, moralitas, keberanian, dan kedermawanan. Lebih jauh mereka mengatakan bahwa siapa pun dari keturunan Ali bin Abi Talib dapat menjadi seorang imam, bisa lebih dari satu orang dan bahkan tidak ada sama sekali. Posisi imam dapat dikonfirmasi berdasarkan kemampuan untuk memimpin dan juga dapat didasarkan pada latar belakang pendidikan.
  • Ajaran Syiah Zaidiyah. Mengenai kepemimpinan Khulafa al-Rashidin, mengakui kekhalifahan Abu Bakar, Umar dan Utsman pada awal masa pemerintahannya, meskipun Ali bin Abi Thalib dianggap sebagai teman paling mulia. Dalam hubungan ini, ada konsep Syiah Zaidiyah yang berbunyi: جواز امامة المفضول مع وجود الأفضل. Yang dimaksud dengan المفضول adalah Abu Bakar, ‘Umar dan‘ Usman. Sedangkan yang dimaksud dengan الأفضل adalah Ali bin Abi Thalib.
  • Dalam ajaran Syiah Zaidiyah, ia tidak mengakui pemahaman ishmah, yaitu keyakinan bahwa para imam dijamin oleh Allah dari kesalahan, lupa dan dosa. Mereka juga menolak pemahaman rajaah (seorang imam akan muncul setelah bersembunyi atau mati), pemahaman mahdiyah (seorang imam yang memegang gelar al-Mahdi akan muncul untuk mengembangkan keadilan dan menghancurkan kejahatan), dan memahami taqiyah, yaitu sikap berhati-hati dengan menyembunyikan identitasnya di depan lawan.
  • Dalam hal usul atau prinsip-prinsip umum Islam, ajaran-ajaran Syiah Zaidiyah mengikuti jalan yang dekat dengan Mu'tazilah atau pemahaman rasionalis. Adapun aspek masalah furu 'atau hukum dan institusi mereka, mereka menerapkan Hanafi Yurisprudensi (salah satu sekolah Yurisprudensi Sunni). Karena itu, dalam kasus pernikahan mut'ah mereka melarangnya, meskipun pada awal Islam bahwa pernikahan diizinkan, itu dibatalkan. Saat ini, fiqh Syiah Zaidiyah termasuk dalam Yurisprudensi yang diajarkan di Universitas al-Azhar.

3. Al-Imamiyah

Imamiyah adalah kelompok yang percaya bahwa nabi Muhammad SAW telah menunjuk Ali ibn Abi Thalib sebagai imam pengganti dengan penunjukan yang jelas dan tegas. Karena itu, mereka tidak mengakui legitimasi kepemimpinan Abu Bakar, Umar, dan Utsman. Bagi mereka masalah imamah adalah salah satu masalah utama dalam agama atau usuludin. Sekte Imamat pecah menjadi beberapa kelompok. Kelompok besar adalah kelompok Isna 'Asyariyah atau kelompok dua belas Syiah. Kelompok terbesar kedua adalah kelompok Isma'iliyah. Kelompok Isma'iliyah memerintah di Mesir dan Baghadad. [26] Disebut juga Tujuh Imam. Dinamai demikian karena mereka percaya bahwa imam itu hanya tujuh orang dari 'Ali bin Abi Thalib, dan mereka percaya bahwa imam ketujuh adalah Ismail. Perintah imam mereka adalah:

  1. Ali bin Abi Thalib (600-661), juga dikenal sebagai Amirul Mukminin
  2. Hasan bin Ali (625-669), juga dikenal sebagai Hasan Al-Mujtaba
  3. Husain bin Ali (626-680), juga dikenal sebagai Husain bin Shahid
  4. Ali bin Husain (658-713), juga dikenal sebagai Ali Zainal Abidin
  5. Muhammad bin Ali (676-743), juga dikenal sebagai Muhammad Al-Baqir
  6. Ja'far bin Muhammad bin Ali (703-765), juga dikenal sebagai Ja'far Ash Sadiq
  7. Ismail bin Ja'far (721 - 755), adalah anak pertama Ja'far ash-Sadiq dan saudara lelaki Musa al-Kadzim.
Poin utama dari ajaran Syiah Zaidiyah, terdiri dari beberapa hal. Diantara mereka:

  • Ilmu al-Faidh al-Ilahi, yang Allah berikan pada imam. Maka dengan itu para pendeta, memiliki posisi di atas manusia pada umumnya dan beilmu melebihi manusia lainnya. Mereka secara khusus memiliki pengetahuan yang tidak dimiliki orang lain. Baginya mengetahui pengetahuan Syariah lebih dari apa yang diketahui.
  • Sungguh, iman tidak harus terlihat dan diketahui oleh publik, tetapi itu mungkin bersembunyi samar. Meskipun demikian itu harus dipatuhi. Dia adalah Mahdi yang memberikan petunjuk kepada manusia, meskipun dia belum terlihat selama beberapa waktu. Dia pasti muncul, dan Hari Pengadilan tidak akan datang sampai al-Mahdi muncul, memenuhi bumi dengan keadilan, karena kejahatan dan tirani telah merajalela.
  • Tentunya imam tidak bertanggung jawab di depan siapa pun. Tak seorang pun harus menyalahkannya, apa pun yang dilakukannya. Masyarakat harus membenarkan bahwa apa yang dilakukan itu baik, tidak ada keburukan sedikit pun. Karena para imam memiliki pengetahuan yang tidak dapat dicapai oleh orang lain. Itu sebabnya mereka memutuskan bahwa pastor itu ma'shum.

4. Al-Ghaliyah

Istilah ghulat berasal dari kata ghala-yaghlu-ghuluw yang berarti meningkat dan meningkat. Ghala bi ad-din yang berarti memperkuat dan menjadi ekstrem sehingga melampaui batas. Syiah Syiah adalah kelompok pendukung Ali yang memiliki sikap berlebihan atau ekstrim. Gelar ekstrim yang diberikan kepada kelompok ini berkaitan dengan pendapatnya yang aneh, yaitu ada beberapa orang yang secara khusus dianggap Tuhan dan ada juga beberapa orang yang dianggap sebagai Rasul setelah Nabi Muhammad. Selain itu, mereka juga mengembangkan doktrin ekstrem lainnya tanpa, hulul, tasbih dan ibaha.
Sekte terkenal di Syiah Ghulat adalah Sabahiyah, Kamaliyah, Albaiyah, Mughriyah, Mansuriyah, Khattabiyah, Kayaliyah, Hisamiyah, Nu'miyah, Yunusiyah, dan Nasyisiyahwa Ishaqiyah. Nama-nama sekte menggunakan nama-nama tokoh yang membawa atau memimpin mereka. Sekte-sekte ini awalnya hanya memiliki satu, yaitu ideologi yang dibawa oleh Abdullah Bin Saba 'yang mengajarkan bahwa Ali adalah Tuhan. Kemudian karena perbedaan prinsip dan ajaran, ghulat Syiah terpecah menjadi beberapa sekte. Meski begitu, semua sekte ini setuju secara prinsip tentang hulul dan tanasukh. Pemahaman ini dipengaruhi oleh sistem keagamaan kuno Babel yang ada di Irak seperti Zoroaster, Yahudi, Manikam dan Mazdakisme.

Ajaran Ghulat menurut Syahrastani, ada enam yang menjadikannya ekstrem, yaitu:

  1. Tanasukh yang merupakan jalan keluar roh dari satu tubuh dan terjadi di tubuh lain. Pemahaman ini diambil dari filsafat Hindu. Orang Hindu percaya bahwa roh disiksa dengan bergerak ke tubuh binatang yang lebih rendah dan diberi ganjaran dengan berpindah dari satu kehidupan ke kehidupan yang lebih tinggi. Syiah Ghulat menerapkan ideologi ini dalam konsep imamah, sehingga ada orang-orang yang menyatakan seperti Abdullah Bin Muawiyah Bin Abdullah Bin Ja'far bahwa roh Tuhan diwariskan kepada Adam kepada para imam selama beberapa generasi.
  2. Bada, yang merupakan keyakinan bahwa Tuhan mengubah kehendak-Nya sejalan dengan perubahan dalam pengetahuan-Nya, dan dapat memerintahkan dan sebaliknya. Lebih lanjut Syahrastani menjelaskan bahwa bada 'dalam pandangan Syiah Ghulat memiliki beberapa makna. Ketika datang ke ilmu pengetahuan, itu berarti menunjukkan sesuatu yang bertentangan dengan apa yang Tuhan tahu. Ketika sampai pada kehendak, itu berarti menunjukkan kebenaran dengan melanggar apa yang diinginkan dan hukum yang Dia terapkan. Jika itu terkait dengan pesanan, itu berarti memesan sesuatu yang bertentangan dengan perintah sebelumnya. Ideologi ini dipilih oleh Mukhtar ketika mendakwa dirinya sendiri dengan mengetahui hal-hal yang akan terjadi, baik melalui wahyu yang diungkapkan kepadanya atau melalui surat-surat dari imam. Jika dia berjanji kepada pengikutnya bahwa sesuatu akan terjadi, maka itu akan benar-benar terjadi seperti yang dikatakan, maka itu dibenarkan sebagai bukti kebenaran dari kata-katanya. Tetapi jika itu terjadi sebaliknya, ia mengatakan bahwa Tuhan menginginkan bada '
  3. Raj'ah yang masih ada hubungannya dengan Mahdiyah. Para Syiah Ghulat percaya bahwa Imam Mahdi Al-Muntazhar akan datang ke bumi. Gagasan raj'ah dan mahdiyah adalah ajaran semua sekte dalam Syiah. Tetapi mereka memiliki pendapat berbeda tentang siapa yang akan kembali. Ada yang mengatakan bahwa kembalinya akan menjadi Ali dan beberapa mengatakan bahwa kembalinya akan menjadi Ja'far As-Saddq, Muhammad bin Al-Hanafiyah dan beberapa bahkan mengatakan Mukhtar ats-Thaqafi.
  4. Tasbih artinya menyamakan, menyamakan. Shi'a Ghulat seperti salah satu imam mereka dengan Tuhan atau menyamakan Tuhan dengan makhluk. Tasbih ini diambil dari ideologi hululiyah dan tanasukh dengan khaliq.
  5. Hulul berarti Tuhan ada di setiap tempat, berbicara dalam semua bahasa dan ada di setiap individu manusia. Hulul untuk Syiah ghulat berarti Allah yang berinkarnasi pada imam sehingga imam harus disembah.
  6. Ghayba yang berarti melenyapkan Imam Mahdi. Ghayba adalah kepercayaan Syiah bahwa Imam Mahdi ada di negara ini dan tidak bisa dilihat oleh mata biasa. Konsep Ghayba pertama kali diperkenalkan oleh Mukhtar Ats-Tsaqafi pada tahun 66 H / 686 M di Kufah ketika menyebarkan Muhammad Bin Hanafiyah sebagai Imam Mahdi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar