Skip to main content

Pengertian Globalisasi Serta Dampaknya Bagi Indonesia

Pengertian Globalisasi Serta Dampaknya Bagi Indonesia

A. Pengertian Globalisasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, globalisasi merupakan proses masuk keruang lingkup dunia. Globalisasi berasal dari kata globe/global yaitu dunia atau bola dunia. Globalisasi sebetulnya adalah suatu kapitalisme dalam bentuknya yang paling mutakhir. Pemikiran Theodore Levitte  dalam bukunya yang berjudul “Who Coined the Therm Globalization is Dead” (1985), menjadikan ia orang yang pertama kali menggunakan istilah globalisasi pada tahun 1985. Berikut ini terdapat beberapa pengertian tentang globalisasi oleh para ahli :

Selo Sumardjan
Globalisasi adalah terbentuknya system organisasi dan komunikasi antar masyarakat diseluruh dunia untuk mengikuti system dan kaedah-kaedah yang sama.

Robert O. Keohane dan Joseph S. Nye 
Globalisasi yakni Saling berhubungan, integrasi, dan saling keterkaitan antar masyarakat dan negara-negara seluruh dunia.

Emanuel Richter
Globalisasi ialah suatu jaringan kerja global yang secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpecah-pecah ataupun terisolir ke dalam ketergantungan dan peraturan dunia.

Lodge
Globalisasi sebagai suatu proses yang menempatkan masyarakat dunia bisa menjangkau satu dengan yang lain atau saling berhubungan dalam semua aspek kehidupan mereka, baik dalam budaya, ekonomi, politik, teknologi, maupun lingkungan hidup.

B. Dampak Globalisasi Bagi Indonesia

1. Dampak Globalisasi di Bidang Hukum
Masyarakat menghendaki adanya perubahan, keterbukaan, keadilan, dan demokrasi. Kecenderungan perubahan di bidang hukum yang dipengaruhi oleh globalisasi adalah diratifikasinya beberapa perangkat konvensi hukum internasional menjadi hukum nasional Indonesia.

2. Dampak Globalisasi di Bidang Sosial Budaya
Ciri-ciri berkembangnya globalisais kebudayaan adalah sebagai berikut:
a. Berkembangnya pertukaran kebudayaan internasional.
b. Penyebaran prinsip multikebudayaan (multiculturalism), dan kemudahan akses suatu individu terhadap kebudayaan lain di luar kebudayaannya.
c. Berkembangnya turisme dan pariwisata.
d. Semakin banyaknya imigrasi dari suatu negara ke nagara lain.
e. Berkembangnya mode yang berskala global, seperti pakaian, film dan lain-lain.
f. Bertambah banyaknya event-event berskala global, seperti Piala Dunia FIFA.

3. Dampak Globalisai di Bidang Ekonomi
Perwujudan nyata dari globalisasi ekonomi antara lain terjadi dalam bentuk berikut:
a. Globalisai produksi.
b. Globalisasi pembiayaan.
c. Globalisasi tenaga kerja.
d. Globalisasi jaringan informasi.
e. Globalisasi Perdagangan.

4. Dampak Globalisasi di Bidang Politik
Globalisai mempengaruhi aplikasi kekuasaan, hubungan internasional, kedaulatan nasional dan organisasi internasional. Termasuk di dalamnya adalah perbatasan antar Negara tetangga atau bentuk perjanjian-perjanjian atau traktat internasional.

5. Dampak Globalisasi di Bidang Agama dan Kepercayaan
Proses globalisasi yang imanen dan berdimensi global dapat menyentuh tradisi agama yangmempunyai kekuatan norma, nilai, dan makna yang memberikan dasar etika bagi kehidupan bermasyarakat.

6. Dampak Globalisasi dibidang Informasi dan Komunikasi
 Informasi dan komunikasi yang didukung dengan menggunakan teknologi dapat dilakukan dengan mudah dan efektif. Proses komunikasi melalui media masa, seperti radio, televisi, surat kabar, dan film yang didukung dengan teknologi canggih dapat mengatasi jarak antara penyampai pesan dan penerima pesan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar