Skip to main content

Pengertian Asbabun Nuzul dan Fungsinya

Al-Qur’an diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad saw., secara berangsur-angsur berdasarkan peristiwa tertentu. Kejadian yang terjadi kala itu, menjadi latar belakang ayat Al-Qur’an diturunkan, yang kemudian disebut asbabun-nusuzul. Asbabun nuzul sendiri penting untuk dipahami karena berkaitan dengan pemahaman secara spesifik tentang makna sebuah ayat dalam Al-Qur’an.

Pengertian Asbabun Nuzul

Asbabun nuzul adalah sebab diturunkannya ayat dalam Al-Qur’an karena sebuah peristiwa atau karena adanya permasalahan yang ditanyakan langsung kepada Nabi Muhammad saw. Dengan demikian, turunnya ayat kepada Nabi tidak selamanya berkaitan dengan sebuah peristiwa tertentu, akan tetapi terkadang karena sebuah pertanyaan yang memerlukan jawaban yang oleh Allah swt langsung memberikan jawaban melalui Rasul-Nya.

Pengertian asbabun nuzul secara sederhana, yaitu merupakan gabungan anatara dua kata. Kata pertama yaitu “Asbab”, yang berarti sebab-sebab. Sedangkan kata yang kedua adalah “Nuzul”, yang berarti turun. Dengan demikian, pengertian asbabun nuzul adalah sebab-sebab Al-Qur’an diturunkan.

Berkaitan dengan sebab ditunkannya Al-Qur’an, maka ada beberapa hal yang mencakup di dalamnya, seperti apa peristiwanya, dimana tempatnya, siapa pelakunya, dan kapan peristiwa tersebut terjadi. Cakupan asbabun nuzul tersebut terdapat dalam satu kesatuan dan tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lain.

Adapun peristiwa yang terjadi ketika itu yang kemudian dijawab dengan ayat Al-Qur’an, dibagi menjadi tiga peristiwa, yaitu:

  1. Peristiwa yang berhubungan dengan pertengkaran
  2. Peristiwa tentang kesalahan fatal
  3. Peristiwa yang berkaitan dengan harapan
Sementara itu, sebab turunnya ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan pertanyaan yang kemudian dijawab dengan ayat Al-Qur’an, dibagi juga menjadi tiga pertanyaan, yaitu:

  1. Pertanyaan tentang peristiwa masa lalu
  2. Pertanyaan yang berkaitan dengan kejadian yang sedang berlangsung
  3. Pertanyaan yang akan terjadi di masa yang akan datang

Fungsi Asbabun Nuzul

Dalam menafsirkan sebuah ayat dalam Al-Qur’an, mengetahui sebab ditunkannya ayat tersebut menjadi sangat penting. Pemahaman yang benar sulit didapatkan apalagi terkait dengan sebuah hokum dalam islam, jika latar belakang ayat tersebut diturunkan tidak diketahui.

Secara kontekstual, pemahaman tentang asbabun nuzul membantu mengklasifikasikan maksud dari setiap ayat Al-Qur’an ditunkan. Dengan demikian, memperhatikan riwayat asbabun nuzul, akan menghindarkan seseorang dari kesalahpahaman terkait maksud suatu ayat Al-Qur’an.

Salah satu contoh kesalahpahaman dalam memaknai maksud ayat Al-Qur’an, karena tidak mengetahui asbabun nuzulnya, yaitu Usman Bin Mazun dalam menafsirkan surah Al-Maidah ayat 93 yang membolehkan meminum khamar yang didasarkan pada ayat tersebut.
Dengan penafsiran tersebut, As-Suyuti kemudian mengomentari, seandainya Usman Bin Mazun memahami asbabun nuzul ayat tersebut, maka ia tidak akan memberikan penafsiran seperti itu. Sebab Imam Ahmad dan lainnya, telah meriwayatkan bahwa asbabun nuzul dari ayat tersebut, yaitu saat diharamkannya khamar, nasib kaum muslimin yang syahid dalam memperjuangkan agama sementara dulunya mereka meminum khamar, dipertanyakan oleh orang-orang.

Dengan demikian, fungsi asbabun nuzul dipahami, yaitu sebagai berikut:

  • Sebagai hikmah diturunkannya hukum syara’ berkenaan dengan kepentingan umum.
  • Sebagai penjelas tentang maksud ayat Al-Qur’an ditunkan.
  • Sebagai landasan dari adanya dugaan pembatasan suatu ayat dalam Al-Qur’an.
  • Sebagai dasar pengkhususan hukum.
  • Memperjelasan makna ayat yang sifatnya umum.
  • Sebagai penjelas dari kesamaran sebuah hukum.
  • Mempermudah seseorang dalam menghafal dan memahami maksud ayat Al-Qur’an.
Demikian penjelasan tentang pengertian asbabun nuzul dan fungsi asbabun nuzul terhadap kejelasan suatu ayat dalam Al-Qur'an.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar