Skip to main content

Mengenal Sifat Wajib Allah dan Artinya

Sifat Wajib Allah
Sifat wajib Allah adalah salah satu sifat yang dimiliki Allah selain sifat jaiz dan sifat mustahil Allah swt.  Meski terdapat pembatasan jumlah sifat wajib Allah yaitu 20 sifat sebatas kemampuan manusia dalam menemukan dan memahami sifat wajib Allah, akan tetapi pada prinsipnya sifat Allah tidak terbatas dengan segala kesempurnaan-Nya. Sifat wajib bagi Allah sebatas gambaran dan informasi kepada manusia tentang kemuliaan Allah yang mampu ditemukan dan dikaji oleh umat manusia.

Apa Itu Sifat Wajib Allah?

Sifat wajib Allah adalah sifat yang dimiliki oleh Allah swt dengan segala keagungan dan kesempurnan-Nya. Setiap orang Islam wajib percaya bahwa Allah swt memiliki sifat sempurna dan tidak terhingga. Dengan demikian, mereka wajib percaya bahwa 20 sifat wajib Allah yang dipetakan para ulama berdasarkan temuan mereka melekat dan dimiliki oleh Allah swt.
Baca Juga : Makna Baik dan Buruk dalam Islam
Sifat wajib Allah berbeda dengan sifat Jaiz dan sifat mustahil Allah. Sifat Jaiz adalah sifat yang boleh dan tidak boleh Allah lakukan seperti penciptaan Alam semesta. Adapun sifat Mustahil Allah yaitu sifat yang tidak mungkin dimiliki oleh Allah sebagai pencipta dunia dan segala isinya. Seperti, kematian yang dialami setiap makhluk, sementara Allah swt tidak mungkin mati seperti makhluknya, maka kemudian Allah mustahil bersifat mautun.
Adapun sifat wajib Allah yaitu sifat yang melekat dan dimiliki oleh Allah swt yang berbeda dengan apa yang terjadi dan dimiliki makhluknya. Seperti, setiap makhluk hidup akan binasa pada batas waktu yang telah ditentukan, sementara Allah sebagai pencipta akan kekal selamanya. Dengan demikian, Allah bersifat Baqa’.  

20 Sifat Wajib Allah dan Artinya

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa sifat wajib Allah ada 20 berdasarkan penetapan beberapa ulama. Adapun 20 sifat wajib Allah yang dimaksud, yaitu:
1. Wujud
Salah satu sifat wajib Allah adalah wujud yang berarti ada. Sifat tersebut merupakan kejelasan bahwa keberadaan Allah swt jelas adanya pada suatu tempat tersendiri dimana makhluk tidak mampu menjangkaunya secara akal, akan tetap mereka akan mampu memahaminya melalui iman dalam hatinya. 
2. Qidam
Qidam adalah sifat bagi wajib Allah yang berarti terdahulu atau Allah ada sebelum dunia dan segala yang ada di dalamnya tercipta. Sifat Wajib Allah ini menunjukkan bahwa setiap makhluk yang ada di dunia ini merupakan ciptaan dari zat yang paling Awal yaitu Allah swt. 
3. Baqo’
Sifat wajib Allah selanjutnya adalah Baqo yang berarti kekal. Semua makhluk akan mengalami kebinasaan pada batas waktu tertentu, Namun sebagai pencipta yang pastinya tidak sama dengan makhluk-Nya tidak akan binasa dan akan kekal selama-lamanya. 
4. Mukholafatul Lil Hawaditsi 
Allah swt sebagai pencipta pastinya tidak akan sama dengan makhluknya dari segi apapun, sehingga manusia tidak bisa mendeskripsikan Tuhan berdasarkan akal yang sangat terbatas. Sifat wajib Allah ini, menegaskan kepada kita bahwa Allah swt berbeda dengan semua makhluk-Nya.
5. Qiyamuhu Binafsihi
Allah swt memiliki sifat wajib Qiyamuhu Binafsihi yang berarti berdiri sendiri. Sifat wajib Allah ini menegaskan bahwa sebagai pencipta alam dan segala isinya, Allah tidak perlu bantuan dari makhluknya, jika kemudian Allah perintahkan kepada manusia untuk menolong agama Allah, maka hal tersebut diperuntukkan bagi manusia itu sendiri.
6. Wahdaniyyah
Wahdaniyah adalah sifat wajib Allah yang berarti Maha Esa. Sifat ini menegaskan bahwa Allah hanya satu-satunya zat yang patut dipertuhankan dan disembah. Tidak hanya itu, sifat wajib Allah ini menjelaskan kepada kita bahwa, Allah swt tunggal pada setiap hal bukan hanya pada zatnya, tetapi juga pada sifat dan perbuatan-Nya.
7. Qudrot
Qudrat merupakan sifat wajib Allah yang artinya Maha Kuasa. Sifat ini menjelaskan bahwa dalam hal kemampuan untuk menciptakan dan meniadakan segala sesuatu hanya ada pada Allah swt. 
8. Irodat
Sifat wajib Allah selanjutnya adalah Irodat yang berarti Allah berkehendak terhadapa segala sesuatu pada makhluk-Nya. Allah berkehendak menetapkan takdir makhluk-Nya sebelum diciptakannya. Sifat wajib Allah ini menjelasakan bahwa Allah swt bebas menciptakan apa pun yang dikehendaki dan dipilih-Nya.
9. Ilmu
Ilmu adalah sifat wajib bagi Allah yang berarti mengetahui. Allah swt mengetahui segala sesuatu yang ada di dunia ini baik yang sudah terjadi maupun yang akan terjadi. Ilmu Allah berbeda jauh dengan ilmunya makhluk ibarat setetes air diantara lautan, sehingga manusia hanya mampu menalar keagungan Allah dengan sedikit saja. 
10. Hayat
Hayat artinya hidup, sebagai salah satu sifat wajib Allah yang menerangkan kepada kita bahwa Allah memliki sifat maha hidup untuk selamanya yang tidak dibatasi waktu. Berbeda dengan manusia yang hanya mgikuti alur waktu sampai batas tertentu. 
11. Sama’
Sama’ adalah sifat wajib Allah yang berarti Maha Mendengar. Allah mendengar segala yang disampaikan makhluknya termasuk do’a seorang hamba yang memohon sesuatu kepa-Nya. 
12. Bashor
Selain Allah memiliki sifat sama’, Allah juga memiliki sifat wajib Bashor yang berarti maha melihat. Ini menegaskan bahwa segala sesuatu dapat terlihat oleh Allah dan tidak satupun yang bisa lolos dari pengawasan Allah swt. 
13. Kalam
Kalam adalah sifat wajib Allah yang berarti Berfirman. Allah swt berfirman kepada Rasul-Nya, seperti Allah berbicara langsung dengan Nabi Musa a.s. Hal tersebut dijelaskan dalam QS. An-Nisa ayat 164. 
14. Kaunuhu Qodiron
Sifat wajib Allah selanjutnya adalah Kaunuhu Qodiron yang berarti Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Sifat wajib ini menjelaskan secara maknawi kepada kita bahwa manusia adalah makhluk yang lemah di mata Allah swt. Dengan demikian, segala sifat yang dapat merusak hati seperti sombong harus jauh dari diri kita. 
15. Kaunuhu Muridan
Kaunuhu Muridan adalah sifat wajib Allah yang artinya maha berkehendak. Allah swt berkehendak terhadap segala Sesutu yang terjadi, sedang terjadi, maupun yang akan terjadi pada setiap makhluk di dunia ini.
Baca Juga : Jenis-Jenis Zikir
16. Kaunuhu ‘Aliman
Kaunuhu ‘Aliman artinya Maha Mengetahui. Sifat wajib Allah ini bermakna bahwa Allah mengetahui segala sesuatu baik yang nyata maupun gaib dan mustahil Allah bersifat bodoh.
17. Kaunuhu Hayyan
Kaunuhu Hayyan adalah sifat wajib Allah yang berarti Maha Hidup. Dalam artian, Allah swt tidak mungkin mati dan berakhir pada suatu masa. Allah swt akan hidup selamanya bahkan ketika dunia ini hancur sekalipun. 
18. Kaunuhu Sami’an
Sifat wajib Allah Kaunuhu Sami’an artinya Allah Maha Mendengar dan tidak mungkin Allah tuli. Allah swt mendengarkan segala keluh kesah manusia yang diutarakan kepada-Nya. Kaunuhu Bashiron
19. Sifat wajib Allah ini mengandung arti Allah swt Maha melihat dan mustahil Allah buta. Allah melihat setiap perbuatan manusia baik dilakukan secara terang-terangan maupun secara tersembunyi. 
20. Kaunuhu Mutakalliman
Sifat wajib Allah yang terakhir adalah Kaunuhu Mutakalliman yang berarti Allah Maha Berfirman dan tidak mungkin Allah memiliki sifat bisu. Allah berfirman kepada hambanya terutama kepada para Nabi dan Rasul ketika mereka menerima wahyu dari Allah secara langsung.

Demikian Penjelasan tentang sifat wajib bagi Allah yang berjumlah 20. Setiap muslim harus memahami sifat wajib Allah tersebut agar senantiasa meningkatkan iman dan takwa kepada Allah swt.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar