Skip to main content

Macam-Macam Tulisan Arab Bismillah

Tulisan Bismillah berasal dari bahasa Arab yang terdapat pada awal setiap surah dalam Al-Qur’an selain Surah At-Taubah. Ucapan Bismillah diterapkan pada setiap aktifitas harian yang menandakan bahwa segala perbuatan kita diniatkan karena Allah SWT.

Tulisan Arab Bismillah biasanya dijadikan sebagai objek kaligrafi bagi para seniman untuk menciptakan sebuah karya seni yang unik. Selain itu, Tulisan Bismillah baik dalam bahasa Arab maupun dalam bahasa latin selalu menjadi permulaan sebuah tulisan baik formal maupun non-formal khususnya bagi mereka yang beragama islam.

Makna Bismillah Dalam Bahasa Arab

Lafaz Bismillah yaitu Bismillahirrahmanirrahim, jika ditulis dalam bahasa Arab yaitu  بسم الله الرحمن الرحيم
Artinya adalah Dengan menyebut Nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Bacaan Bismillah tersebut sebagai symbol bagi kaum mulimin bahwa dalam setia aktifitasnya didasari niat yang tulus dan hanya mengharapkan ridho dari Allah swt agar setiap perbuatannya bernilai ibadah di sisi-Nya.

Beberapa bentuk tulisan Arab Bismillah yang biasa ditemukan seperti tulisan Bismillah yang Singkat seperti ِسْمِ اللّهِ, yang berarti dengan nama Allah. Selain itu, terdapat pula tulisan Arab Bismillah secara lengkap seperti بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ yang yang mengandung arti dengan menyebut nama Allah yang maha pemurah dan Maha Penyayang.

Penggunaan bacaan Bismillah tersebut biasanya pada tempat dan waktu tertentu. Bacaan Bismillah dalam tulisan yang dipakai biasanya versi yang panjang, sementara dalam melakukan aktifitas keseharian digunakan versi yang pendek misalnya ketika kita makan, maka yang diucapkan yaitu kata Bismillah.

Meskipun demikian, penggunaan Bismillah baik secara tulisan maupun lisan tidak diatur secara formal karena memang keduanya bisa diterapkan. Demikian juga tulisan arab Bismillah maupun tulisan arab latin tidak terdapat aturan pemakaiannya.

Macam-Macam Tulisan Arab Bismillah

Terdapat banyak jenis Tulisan Arab Bismillah yang bisa dijadikan pilihan dalam memulai sebuah isi tulisan. Tulisan Arab Bismillah yang indah akan membuat kita merasa lebih nyaman dalam membacanya apalagi bagi yang memiliki jiwa seni yang tinggi. 
Tulisan Arab Bismillah dalam kaligrafi bisa dilihat pada jenis-jenis kaligrafi itu sendiri. Adapun jenis kaligrafi yang biasanya menulis Bismillah dalam bahasa Arab yaitu:

1. Kaligrafi Khat Kufi

Tulisan Arab Bismillah pada kaligrafi Khat Kufi Seperti berikut.

2. Kaligrafi Khat Naskhi

Tulisan Arab Bismillah pada kaligrafi Khat Naskhi Seperti berikut.

3. Kaligrafi Khat Riq’ah

Tulisan Arab Bismillah pada kaligrafi Khat Riq’ah Seperti berikut.

4. Kaligrafi Khat Diwani

Tulisan Arab Bismillah pada kaligrafi Khat Diwani Seperti berikut.

5. Khat Tsuluts

Tulisan Arab Bismillah pada kaligrafi Khat Tsuluts Seperti berikut.

6. Khat Farisi

Tulisan Arab Bismillah pada kaligrafi Khat Farisi Seperti berikut.

Itulah beberapa tulisan Arab Bismillah dari berbagai khat kaligrafi Arab sebagai referensi dalam memahami tulisan Bismillah dalam bahasa Arab.