Faktor Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Pertumbuhan dan perkembangan anak adalah dua istilah yang sering dikaitkan dengan diri anak. Kedua istilah tersebut memiliki perbedaan dari perspektif arti masing-masing dan tidak dapat disamakan.

Apa Itu Pertumbuhan dan Perkembangan?

Pertumbuhan merupakan suatu berukuran kematangan fisik. Hal ini ditandai dengan peningkatan ukuran tubuh dan organ-organ yang berbeda. 
Baca Juga : Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak
Oleh karena itu, pertumbuhan mampu diukur pada satuan sentimeter atau meter dan kilogram. Perkembangan adalah bertambahnya kemampuan pada struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks pada pola yang teratur dan bisa diramalkan, sebagai hasil berdasarkan proses pematangan.

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Orang tua harus mengetahui tumbuh kembang anak yang bisa ditentukan oleh beberapa faktor diantaranya merupakan sebagai berikut :
  • Umur

Umur merupakan variabel yang selalu diperhatikan didalam penyelidikan epidemiologi. Angka-nomor  kesakitan maupun kematian, hampir seluruh keadaan menunjukkan interaksi dengan umur. Umur merupakan galat satu hal yang krusial pada menghipnotis seseorang. 
Hal ini sesuai menggunakan pendapat Hurlock yang menyatakan bahwa meningkat umur seseorang meningkat juga taraf pengetahuanya, ini diperoleh dari pengalamannya dan ini akan berpengaruh terhadap apa yang dilakukan sang seorang.
  • Pendidikan

Pendidikan adalah proses tumbuh kembang semua kemampuan dan konduite manusia melalui pengajaran, sebagai akibatnya pada penelitian itu perlu dipertimbangkan umur dan proses belajar. Tingkat pendidikan juga adalah galat satu faktor yang mempengaruhi persepsi seseorang buat lebih mendapat ilham-wangsit dan teknologi yang baru, semakin semakin tinggi pendidikan seorang maka akan bertambah pengalaman yang mempengaruhi wawasan dan pengetahuannya. Adapun tujuan yang hendak dicapai melalui pendidikan merupakan untuk membarui pengetahuan, sikap dan persepsi dan menanamkan tingkah laku  atau kebiasaan baru.
  • Pekerjaan

Pekerjaan adalah suatu kegiatan atau aktivitas seseorang buat memperoleh penghasilan guna memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Pekerja atau karyawan merupakan mereka yang bekerja dalam orang lain, institusi maupun perusahaan, dengan menerima upah atau gaji baik berupa uang atau barang. Sedangkan lapangan pekerjaan atau jabatan merupakan jenis pekerjaan yang dilakukan atau ditugaskan pada seseorang.

Ciri-Ciri Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Menurut Hidayat dalam pertumbuhan dan perkembangan anak, terdapat banyak sekali karakteristik spesial   yang membedakan komponen satu menggunakan yang lain.

1. Ciri-ciri Pertumbuhan Anak

Proses pertumbuhan anak memiliki ciri-ciri menjadi berikut:
  • Dalam pertumbuhan akan terjadi perubahan ukuran pada hal bertambahnya ukuran fisik, misalnya berat badan, tinggi badan, lingkar ketua, lingkar lengan, lingkar dada dan yang lainnya.
  • Dalam Pertumbuhan bisa terjadi perubahan proporsi yang bisa terlihat pada proporsi fisik atau organ insan yang timbul mulai dari masa konsepsi hingga dewasa.
  • Pada pertumbuhan hilang karakteristik-ciri lama   yang terdapat selama pertumbuhan, misalnya hilangnya kelenjar timus, gigi susu atau hilangnya refleks tertentu.
Baca Juga : Tahap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

2. Ciri-ciri Perkembangan Anak 

Proses Perkembangan anak memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  • Perkembangan selalu melibatkan proses pertumbuhan yang diikuti dari perubahan fungsi, seperti perkembangan sistem reproduksi akan diikuti perubahan pada fungsi indera kelamin.
  • Perkembangan memilki pola yang kontinu yaitu perkembangan dapat terjadi dari wilayah kepala kedaerah kaki.
  • Perkembangan memiliki tahap yang berurutan mulai menurut melakukan hal yang sederhana hingga melakukan hal yang sempurna.
  • Perkembangan setiap individu memiliki kecepatan pencapaian yang tidak selaras.
  • Perkembangan dapat menentukan pertumbuhan termin selanjutnya, dimana tahapan perkembangan wajib  dilewati termin demi tahap.