--> Skip to main content

Unsur-Unsur Komunikasi Bisnis dan Tujuannya

Komunikasi bisnis berbeda dengan komunikasi pada umumnya seperti komunikasi personal maupun komunikasi lintas budaya. Seperti dikethaui bahwa komunikasi personal merupakan bentuk komunikasi antara dua orang atau lebih untuk saling berbagi informasi dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari.  Sementara itu, yang dimaksud komunikasi lintas budaya adalah bentuk komunikasi yang dilakukan antara dua orang atau lebih dengan latar belakang budaya yang berbeda diantara mereka. 

Apa Itu Komunikasi Bisnis?

Komunikasi bisnis adalah setiap komunikasi baik verbal maupun nonverbal yang digunakan untuk menjalin kerjasama terkait promosi produk dan gagasan berdasarkan target yang telah ditetapkan yang mencakup pengetahuan internal dan eksternal untuk mencapai tujuan bisnis.
Komunikasi internal termasuk komunikasi visi  baik perseroan maupun perusahaan seperti taktik, rencana, kultur perusahaan, nilai-nilai dan prinsip dasar yang masih ada di perusahaan, motivasi karyawan, serta gagasan-gagasan, dll. 
Komunikasi eksternal termasuk merek, pemasaran, iklan, hubungan pelanggan, humas, interaksi-hubungan media, perundingan usaha, dan lain-lain. 
Baik komunikasi internal maupun eksternal keduanya mempunyai tujuan yang sama, yaitu membentuk suatu nilai usaha.
Komunikasi bisnis merupakan komunikasi yang digunakan secara menyeluruh dalam suatu usaha yang meliputi komunikasi verbal maupun nonverbal. 
Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa Komunikasi Bisnis adalah suatu proses pertukaran pesan atau berita untuk mencapai efektivitas dan efisiensi produk kerja pada pada struktur dan sistem organisasi. 
Dalam kegiatan komunikasi bisnis, pesan hendaknya tidak hanya bersifat informatif tetapi juga harus Persuasif, agar pihak lain dapat memahami dan meyakini suatu tindakan yang akan dilakukan.

Unsur-Unsur Komunikasi Bisnis

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa komunikasi bisnis adalah segala bentuk komunikasi yang digunakan baik verbal maupun non verbal untuk memperkenalkan sebuah ide atau produk, maka demikian perlu dipahami tentang unsur-unsur yang terdapat dalam komunikasi bisnis. Adapun unsur-unsur komunikasi bisnis yang perlu diketahui, yaitu
  1. Memiliki tujuan, Komunikasi bisnis harus mempunyai tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya yang sejalan dengan tujuan organisasi
  2. Pertukaran, dalam hal ini melibatkan paling tidak dua orang atau lebih yaitu komunikator dan komunikan.
  3. Gagasan, opini, informasi, instruksi adalah isi berdasarkan pesan yang bentuknya beragam tergantung tujuan, situasi, dan kondisinya.
  4. Melalui cara personal maupun impersonal yang sifatnya tatap muka dengan menggunakan media yang menjangkau banyak orang secara bersamaan.
  5. Meggunakan simbol atau sinyal yang merupakan alat atau metode yang bisa dimengerti atau dipahami sang penerima dalam menyampaikan pesan.
  6. Pencapaian tujuan organisasi, yang membedakan antara dari setiap organisasi yaitu tujuan tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Tujuan Komunikasi Bisnis

Adapun Tujuan dari Komunikasi bisnis diuraikan secara singkat berkut ini:.

a. Memberi Informasi

Memberikan informasi yang berkaitan dengan bisnis secara keseluruhan kepada pihak lain, model seseorang pemimpin perusahaan yang ingin menerima pegawai diharapkan bisa menentukan media mana yang akan dipilih. 

b. Memberi Persuasi

Melakukan persuasi terhadap pihak lain supaya apa yang diungkapkan dapat mereka pahami dengan baik dan sahih. Hal ini sering kali dilakukan terutama yang berkaitan dengan penegasan konfi rmasi pesanan pelanggan atau negoisasi dengan pelanggan, supaya kedua pihak memperoleh manfaat secara bersama-sama tanpa ada pihak yang merasa dirugikan.

c. Melakukan Kolaborasi

Melakukan kolaborasi bisnis antara seseorang dengan orang lain. Melalui jalinan komunikasi bisnis tersebut seseorang dapat dengan mudah melakukan kolaborasi bisnis. Saat ini, seiring penggunaaan teknologi yang semakin pesat, seseorang dapat menggunakan aneka macam media telekomunikasi seperti telpon, faksimile, telpon seluler, internet, surat elektronik, teleconference. Teknologi komunikasi tersebut sangat penting dalam menjalin kolaborasi bisnis.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar