Skip to main content

Sumber-Sumber Belajar PAI

Sumber-sumber Belajar PAI
Sumber belajar pai, pada dasarnya mengacu pada sumber pokok yaitu Al-Qur’an dan Hadis yang kemudian dikembangkan berdasarkan kondisi kekinian. Sumber belajar pai perlu dipahami sebagai landasan utama untuk menetapkan sumber belajar bagi peserta didik untuk memahami ajaran islam secara mendalam. 
Pengembangan sumber belajar pai penting untuk dilakukan seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern untuk mengikuti arus kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pengertian Sumber Belajar PAI

Sumber belajar adalah semua sumber data, orang dan bentuk tertentu yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam pembelajaran, baik secara terpisah atau dalam kombinasi untuk memudahkan pelajar untuk mencapai tujuan atau kompetensi tertentu.
Edgar Dale seorang ahli pendidikan, menjelasakan bahwa sumber belajar adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk memfasilitasi pembelajaran seseorang. 
Pendapat lain diungkapkan oleh Asosiasi pendidikan comunication dan Tehnology atau AECT, bahwa sumber belajar adalah berbagai sumber data atau bentuk lain yang digunakan oleh peserta didik untuk memudahkan mereka mancapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, baik dilakukan secara terpisah maupun secara kolektif.
Sementara itu, pengertian pendidikan agama Islam menurut tafsir Ahmad, adalah upaya sadar untuk mempersiapkan peserta didik untuk memahami ajaran Islam, terampil dalam melaksanakan atau mempraktikkan ajaran Islam. 
Sementara itu, pengertian pendidikan agama Islam disebutkan dalam kurikulum 2004 tentang standar kompetensi agama Islam yaitu upaya sadar dan terencana dalam mempersiapkan pelajar untuk mengetahui, memahami internalisasi moral, bertaqwa, berakhlaq Mulia, dan mempraktekkan ajaran Islam dari sumber utama Al Qur'an dan Hadis, melalui kegiatan bimbingan.
Dengan demikian, Pengertian sumber belajar pai adalah seluruh sumber data yang digunakan oleh peserta didik untuk memahami dan menerapkan ajaran islam terkait konsep internalisasi nilai dan moral yang sumber utamanya adalah Al-Qur’an dan Hadis.

Sumber Belajar Pai

Dalam proses perencanaan program pembelajaran PAI ada dua sumber belajar yang dijadikan sebagai rujukan dalam penerapan pembelajaran pai. Adapun sumber belajar pai yang dimaksud yaitu sumber dasar yaitu Al-Qur’an dan Hadis dan sumber tambahan.

1. Quran dan Al-hadis Sebagai Sumber Utama

Sumber belajar pai yang paling dasar yaitu Al-Qur’an dan Hadis. Posisi Al-Qur'an, sebagai sumber pembelajaran yang paling utama dijelaskan oleh Allah di dalam Al-Qur'an Surah Al-Nahl ayat 64. Ayat tersebut menjelaskan bahwa Al-Qur’an diturunkan untuk menjadi petunjuk dan sumber solusi terhadap suatu permasalahan.

2. Sumber Tambahan 

Sumber tambahan pembelajaran pai termasuk beberapa komponen penting dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Sumber belajar pai yang bersifat tambahan tersebut yaitu:

a. Manusia

Manusia adalah salah satu sumber belajar pai yang sederhana. Manusia dewasa dapat mempengaruhi anak dalam belajar melalui hubungan sosial. Orang bisa menjadi sumber belajar, karena itu adalah tempat untuk mendapatkan sesuatu yang baru untuk anak atau orang lain. Melalui bahasa, orang adalah sumber belajar yang paling lengkap karena orang lain, seseorang bisa mendapatkan sesuatu yang lebih. Manusia sebagai anggota adalah sumber pembelajaran yang hidup sehingga dapat berkembang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, usia alam dan sekitarnya. 
Mengingat bahwa jumlah orang yang tidak terbatas, sumber belajar pai dari manusia tidak terbatas jumlahnya dan karena kemampuan manusia berbeda, maka sebagai sumber belajar setiap manusia tidak memiliki kualitas yang sama, tetapi untuk mendapatkan sesuatu yang baru manusia harus berusaha mencapainya. Manusia sebagai sumber belajar berada dalam tiga lingkungan pendidikan, yaitu Keluarga, sekolah, dan masyarakat.

b. Buku 

Buku ini adalah hasil dari manusia untuk mengemas dan melanjutkan budaya umat manusia, khususnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan demikian, buku ini dapat berfungsi sebagai sumber belajar pai bagi manusia. Kualitas buku tergantung pada penulisnya. Penerbit dan percetakan memiliki peran besar dalam pembukuan ini masalah. 

c. Media Massa

Media massa merupakan singkatan dari media komunikasi massa, yang berarti, saluran, atau media untuk berkomunikasi dengan publik. Media massa dapat digunakan sebagai sumber belajar pai bagi anak dan orang yang membutuhkannya. Di zaman modern ini, telah menjadi kebutuhan hampir setiap orang terhadap media massa. Hal tersebut tidak terlepas dari kemajuan teknologi di sektor telekomunikasi.
Media massa adalah sumber informasi dan mampu menjaga hal-hal nyata dan baru dari seluruh dunia dan digunakan untuk berbagai tujuan, sehingga penggunaannya selektif. Penggunaan media massa sebagai sumber pembelajaran pai di lapangan, membutuhkan pengolahan karena umumnya komunikasi melalui media massa untuk hidup religius masih relatif sedikit. Bentuk media massa bentuk, koran, majalah, radio, TV, tape recorder, vidio tape dll.

d. Lingkungan Alam

Lingkungan alam dapat berfungsi sebagai sumber belajar bagi siswa dalam pembelajaran pai. Kita dapat membedakan tiga lingkungan alam sebagai sumber belajar:
  • Lingkungan Alam Terbuka
Lingkungan terbuka adalah alam itu sendiri tanpa kehadiran manusia, di mana anak dapat mengetahui dan menikmati alam sehingga ia dapat melihat, merasakan dan menikmati keagungan Allah. Anak dapat menemukan sesuatu yang baru dari kehidupan makhluk Allah untuk bersyukur kepadanya.
  • Lingkungan Alam Sejarah
Lingkungan alam sejarah yaitu tempat bersejarah dan reliknya telah diatur seperti Museum. Dari sifat lingkungan bersejarah ini dapat memperoleh model atau pengajaran sehingga ia memiliki nilai-nila baru baginya.
  • Lingkungan Alam Manusia
Sebagai sumber belajar pai, Lingkungan alam manusia dimaksudkan dengan masyarakat, dari yang terkecil yaitu keluarga ke lingkungan pendidikan. Dampak anak sangat besar. Terutama pengaruh lingkungan keluarga. Berbagai pengaruh karena keragaman masyarakat tidak selalu menguntungkan anak. Dengan demikian penggunaannya sebagai sumber harus selektif.

e. Media Pengajaran

Sumber belajar pai yang terakhir yang dijelaskan di sini adalah media pengajaran. Media pengajaran yaitu semua jenis alat peraga dan alat yang digunakan dalam proses belajar-mengajar, Selain berfungsi sebagai alat bantu, media pengajaran juga dapat berfungsi sebagai sumber belajar bagi siswa. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar