thumbnail

Renungan Jiwa Dari Hamba Yang Hina

Renungan Jiwa Dari Hamba Yang Hina
Ketika niat tak lagi terikat, mungkin itulah pernyataan yang saat ini perlu direnungkan oleh masing-masing diri. Setiap tingkah dan laku kita, setiap alur nalar pikiran kita apakah sudah benar berasaskan asa tujuan hidup yang hakiki? ataukah hanya terbawa bisikan ambisi iblis penghancur kehidupan?

Memang manusia mahluk yang lalai, lalai dari kehidupan yang akan berujung, berujung pada kematian yang tak terbantahkan, tak terbantahkan oleh setiap wasilah hidup, oleh nalar logika yang jenius, oleh setiap rabaan qalbu yang tak pernah berdusta, dan oleh persaksian realita yang  setiap hari ia sodorkan. harta,tahta,dan wanita adalah media empuk untuk dijadikan umpan para pembangkan-pembangkan Tuhan untuk mengalihkan hati dengan logika mereka.
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 12/07/2017
thumbnail

"Bisikan Hati" Sebuah Renungan Untuk Hari Esok

"Bisikan Hati" Sebuah Renungan Untuk Hari EsokDunia semakin ronta perubahan terjadi seiring masa cara pandang manusia semakin modern segala bentuk kehidupan harus rasional. Subtitusi pola hiidup pun tidak bisa dibendung. Semuanya serba materii. Kini, nilai etika dan estetika hanyalah dongeng pengantar tidur yang dianggap petuah-petuah nenek moyang yang serba klasik. Moral dan ahlak tidak lagi dijadikan sebagai bahan renungan keharmonisan sulit dicapai pertentangan menjadi budaya hidup, mencari lawan adalah kebanggaan.. kenapaaaaaa? Bukankan saat ini kita sudah pintar…? Konsep hidup masa silam semuanya dikikis… kemana kita mencari akan  pola..? ohhhh…… kehidupan yang belum kita alami yang mau  dijadikan pola….? Canggih….! Tapi sayang, tidak rasional.. berpikirlah yang rasional benarkah materi merupakan sumber ketenangan…?
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 12/07/2017
thumbnail

Pengertian dan Tujuan Mempelajari Filsafat Ilmu

Pengertian dan Tujuan Mempelajari Filsafat Ilmu

A. Pengertian Filsafat Ilmu

Filsafat ilmu adalah berfikir secara mendalam tentang sesuatu tanpa melihat dogma & kepercayaan  pada mencari kebenaran sedang ilmu adalah pengetahuan tentang suatu bidang(pengetahuan) yang disusun secara bersistem menurut metode-metode tertentu, yang bisa digunakan  buat menampakan gejala-gejala tertentu dibidang itu. 

Menurut  Berry  Filsafat  Ilmu  adalah penelaahan tentang  nalar intern  &  teori-teori  ilmiah  dan  hubungan-hubungan   antara  percobaan  dan teori,  yakni mengenai  metode  ilmiah. Bagi  Berry, filsafat  ilmu  merupakan  ilmu  yang  pada pakai  untuk menelaah  tentang  akal, teori-teori  ilmiah  serta  upaya  pelaksanaannya  buat  membentuk suatu metode atau  teori  ilmiah.
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 12/05/2017
thumbnail

Pengertian Thaharah Menurut Mazhab Hanafi, Maliki, Syafi'i dan Hanbali

Pengertian Thaharah Menurut Mazhab Hanafi, Maliki, Syafi'i dan Hanbali

A. Pengertian Thaharah

Secara generik, kata thaharah menurut bahasa adalah bersuci berdasarkan sesuatu yg kotor, baik yg kotor itu bersifat hissiy (dapat dirasakan oleh alat), maupun maknawi (sebaliknya). Kotor yang bersifat maknawi ini diartikan sebagai dosa, sebagaimana hadist riwayat Ibnu ‘Abbas r.A, Bahwa baginda Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sakit akan menjadi pembersih (thahurun) dalam bagimu insyaAllah”. Dalam hadist lain, Rasulullah SAW bersabda “Sesungguhnya sakit itu adalah pencuci sebagian dosa”.
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 12/05/2017