thumbnail

Sejarah Munculnya Aliran Murji'ah

Sejarah Munculnya Aliran Murji'ah

1.Sejarah Munculnya Murji’ah

Murji’ah adalah sebuah aliran yang muncul di tengah-tengah pertikaian politik (kekhalifahan) antara ‘Ali ibn Abi Talib dengan Mu’awiyah ibn Abi Sufyan. Murji’ah tampil dengan mengambil sikap netral dan tidak berpihak kepada satu di antara keduanya, dan tidak pula setuju dengan Khawarij yang mengkafirkan keduanya.
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 9/09/2017
thumbnail

Pembagian Hadis Hasan

1. Pengertian Hadis Hasan

Pembagian Hadis Hasan
 Hadis  hasan  ialah hadis yang sanadnya bersambung, oleh penukil yang ‘adil namun kurang ke-dhabit-annya (tidak terlalu kuat ingatannya)  serta terhindar dari Syaz dan illatPerbedaan antara hadis Hasan dengan Shahih terletak pada dhabit yang sempurna untuk hadis shahih dan dhabit yang kurang untuk hadis hasan  Ibn Hajar sebagaimana dinukil Mahmud Thahhan dalam Musthalah Hadis mengemukakan bahwa khabar ahad yang diriwayatkan oleh perawi yang adil lagi sempurna
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 9/09/2017
thumbnail

Pembagian Hadis Dhai'if

Pembagian Hadis Dhai'if
       Dha’if menurut bahasa adalah lawan dari kuat. Dha’if ada dua macam, yaitu lahiriyah dan maknawiyah. Sedangkan yang dimaksud disini adalah dha’if maknawiyah. Hadis dhaif menurut istilah adalah “hadis yang didalamnya tidak didapati syarat hadis shahih dan tidak pula didapati syarat hadis hasan.”
        Diantara para ulama terdapat perbedaan rumusan dalam mendefinisikan hadis dhaif ini, akan tetapi pada dasarnya isi dan maksudnya sama.
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 9/09/2017
thumbnail

Sejarah Munculnya Hadis Maudhu'

Sejarah Munculnya Hadis Maudhu

1. Pengertian Hadis Maudhu’

Maudhu’ menurut bahasa artinya sesuatu yang diletakkan, sedangkan menurut istilah adalah: ”sesuatu yang diciptakan dan dibuat-buat lalu dinisbatkan kepada rasulullah secara dusta”Hadis ini adalah yang paling buruk dan jelek diantara hadis-hadis dhaif lainnya. Selain ulama membagi hadis menjadi empat bagian: shahih, hasan, dhaif dan maudhu’. Maka maudhu menjadii satu bagian tersendiri. Hadis maudhu adalah: seburuk-buruk hadis dhaif, hadis maudhu’ dinamakan juga hadis musqath, hadis matruk, mukhtalaq dan muftara.
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 9/09/2017
thumbnail

Penerapan Akuntansi Syari'ah

Akuntansi Syari'ah

A. Pengertian Akuntansi

Dari sisi ilmu pengetahuan, Akuntansi adalah ilmu yang mencoba mengkonversi bukti dan data menjadi informasi dengan cara melakukan pengukuran atas berbagai transaksi dan dikelompokkan dalam account, perkiraan atau pos keuangan seperti aktiva, utang, modal, hasil, biaya, dan laba. Kaidah Akuntansi dalam konsep Syariah Islam dapat didefinisikan sebagai kumpulan dasar-dasar hukum yang baku dan permanen, yang disimpulkan dari sumber-sumber Syariah Islam dan dipergunakan sebagai aturan oleh seorang akuntan dalam pekerjaannya, baik dalam pembukuan, analisis, pengukuran, pemaparan, maupun penjelasan, dan menjadi pijakan dalam menjelaskan suatu kejadian atau peristiwa.
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 9/08/2017
thumbnail

Manejemen Laba

Manejemen Laba

A. Pengertian kualitas laba 

Kualitas laba adalah jumlah yang dapat dikonsumsi dalam satu periode dengan menjaga kemampuan perusahaan pada awal dan akhir periode tetap sama. ( Schipper dan Vincent 2003). 
Dalam literatur penelitian akuntansi, terdapat berbagai pengertian kualitas laba dalam perspektif kebermanfaatan dalam pengambilan keputusan (decision usefulness). Schipper dan Vincent (2003) mengelompokkan konstruk kualitas laba dan pengukurannya berdasarkan cara menentukan kualitas laba, yaitu berdasarkan: sifat runtun-waktu dari laba, karakteristik kualitatif dalam rerangka konseptual, hubungan laba-kas-akrual, dan keputusan implementasi.
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 9/07/2017
thumbnail

Akuntan, Pasar Modal, Dan Jasa Akuntan

Akuntan, Pasar Modal, Dan Jasa Akuntan

A. Keterbukaan Perusahaan Publik

Setiap pihak yang melakukan penawaran tender untuk pembelian efek Emiten atau perusahaan publik wajib mengikuti ketentuan mengenai keterbukaan, kewajaran, dan pelapran yang ditetapkan oleh Bapepam. Prinsip keterbukaan (full discklosure) meliput dua fase, yaitu masa sebelum listing dan masa sesudah listing. Fase sebelum listing di mulai pada saat perusahaan ingin melakukan go publik, dan proses go publik itu sendiri sudah mengharuskan emiten terbuka. Keterbukaan masa sebelum listing umumnya tercermin dari prospektusnya. Keterbukaan padamasa setelah listing tercermin dalam laporan berkala yang wajib disampaikan oleh perusahaan publik kepada Bapepam dan mengumumkan laporan tersebut kepada masyarakat. Disamping itu perusahaan publik juga wajib menyampaikan laporan secara insidentil kasus demi kasus kepada Bapepam dan mengumumkan kepada masyarakat tentang adanya peristiwa material yang dapat mempengaruhi harga efek selambat lambatnya pada akhir kerja kedua setelah terjadinya peristiwa tersebut. Jadi setiap perusahaan publik memang harus membuat laporannya. Walaupun demikian, terdapat kecualian mengenai keterbukaan ini yaitu:
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 9/07/2017
thumbnail

Sejarah Singkat Perkembangan filsafat Islam

Sejarah Singkat Perkembangan filsafat Islam

A. Pengertian Filsafat Secara Umum

      Kata falsafah atau filsafat dalam bahasa Indonesia merupakan kata serapan dari bahasa Arab فلسة, yang juga diambil dari bahasa Yunani; philosophia Dalam bahasa ini, kata tersebut merupakan kata majemuk dan bersumber dari kata-kata (philia = persahabatan, cinta dsb.) dan (sophia = “kebijaksanaan”). Sehingga arti harafiahnya adalah seorang “pencinta kebijaksanaan” atau “ilmu”. Kata filosofi yang dipungut dari bahasa Belanda juga dikenal di Indonesia. Bentuk terakhir ini lebih mirip dengan aslinya. Dalam bahasa Indonesia seseorang yang mendalami bidang falsafah disebut “filsuf”.
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 9/05/2017