thumbnail

Sejarah Dinasti Buwaihi

Sejarah Dinasti Buwaihi

A.Masa Pembentukan Dinasti Buwaihi

Kehadiran Bani Buwaihi berawal dari tiga orang putra Abu Syuja’buwaihi yaitu ali, Hasan, dan Ahmad. Abu Syuja’ adalah seorang rakyat kecil yang miskin, pekerjaan sehari-hari sebagai nelayan. Sejak Istrinya meninggal ia menitipkan anaknya, ali, hasan, dan ahmad kepada sahabat karibnya, syahrir, Syahir, ibn Rustman al-Dailami supaya mereka di pelihara dan di didik[5]. Dan Dinasti ini muncul pada awal ke 10 atau tepatnya pada tahun 945-1055 M.[6]
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 4/18/2017
thumbnail

Makalah - Wawasan Multikultural Dalam Konteks Penyebaran Agama

A. Masyarakat Multikultural dan Tantangan Penyebaran Agama  

Makalah - Wawasan Multikultural Dalam Konteks Penyebaran Agama
Kata ”multikultural” terdiri dari  dua suku kata, yaitu ”Multi” berarti banyak, beragam, berbeda-beda, dan “cultural” berasal dari kata cultural yang berarti kebudayaan.[1] Jadi multikultural berarti keanekaragaman budaya.
Menurut M. Arfah Shiddiq, secara hakiki dalam kata multikultural terkandung pengakuan akan martabat manusia  yang hidup di tengah-tengah budaya, etnis dan kepercayaan yang berbeda. Dengan demikian setiap individu merasa dihargai sekaligus merasa bertanggung jawab untuk hidup bersama dalam komunitasnya. Pengingkaran suatu masyarakat terhadap kebutuhan untuk diakui, merupakan akar dari ketimpangan-ketimpangan di dalam pengembangan wawasan multikultural.
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 4/18/2017
thumbnail

Makalah - Tantangan Dakwah

A. Pendahuluan Tantangan Dakwah

Makalah - Tantangan Dakwah
Saat ini revolusi ilmu pengetahuan dan teknologi sedang menyapu planet. Tidak ada aspek kehidupan manusia yang luput dari sentuhannya. Semua masyarakat terpengaruh olehnya dan tak sedikit di antaranya yang terguncang sendi-sendi kehidupannya. Revolusi teknologi informasi-komunikasi telah melemahkan kekuasaan pemerintah sejumlah negara, dan mengintegrasikan perekonomian dunia di dalam cara yang tidak pernah disaksikan sebelumnya.
            Arus informasi dalam segala bentuknya mengalir cepat kemana-mana dan sukar dikendalikan. Salah satu pendorong terjadinya ledakan informasi ini adalah kemajuan teknologi yang mengalami peningkatan luar biasa dalam hal kemampuan menciptakan informasi baru. Sejalan dengan itu, jenis aplikasi seperti simulasi dan virtual reality juga meningkat, sehingga membuka peluang untuk mengembangkan pengetahuan baru secara lebih pesat.
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 4/18/2017
thumbnail

Makalah - Komunikasi Islam

A. Pengertian Komunikasi Islam

Makalah - Komunikasi Islam
Mempelajari komunikasi dalam suatu kegiatan kehidupan dimaksudkan agar manusia dapat melakukan interaksi dua arah atau banyak arah secara timbal balik yang akan melahirkan masukan serta hasil. Di samping itu agar dapat mengetahui bagaimana interaksi dipergunakan secara efektif untuk membantu mencapai tujuan-tujuan tertentu.
            Kata komunikasi bukan merupakan suatu hal yang aneh, karena merupakan kegiatan manusia yang seolah-olah sudah berjalan dengan sendirinya. Komunikasi bukanlah barang yang telah ada, tetapi suatu yang harus diciptakan atau diwujudkan melalui suatu kegiatan pernyataan. Sebagai kegiatan dan usaha menjalin pengertian yang memungkinkan orang mau diajak bekerjasama.
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 4/18/2017
thumbnail

Makalah - Perkembangan Moral

A. Pengertian Perkembangan Moral

Makalah - Perkembangan Moral
             Moral : Mores : tata cara, kebiasan, dan adat. Perilaku moral : perilaku yang sesuai dengan kode moral kelompok sosial. Perilaku moral dikendalikan oleh konsep- konsep moral. Perilaku amoral atau non moral adalah perilaku yang tidak sesuai dengan harapan sosial yang disebabkan oleh ketidak acuhan terhadap harapan
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 4/18/2017
thumbnail

Makalah Riba dalam Pandangan Islam

A. Pendahuluan Tentang Riba

Makalah Riba dalam Pandangan Islam
Alquran adalah kalam Allah diturunkan kepada manusia sebagai petunjuk dan pembeda antara yang hak dan yang bathil. Demikian Sunnah Nabi berfungsi  menjelaskan isi kandungan Alquran, sehingga dapat dipahami dan diterapkan kepada berbagai aspek kehidupan dalam rangka mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.
      Alquran dan Sunnah Nabi banyak terdapat ayat-ayat atau hadis-hadis yang menganjurkan manusia untuk kerja keras -- kegiatan ekonomi, dan mencela orang-orang yang malas. Akan tetapi, tidaklah semua kegiatan ekonomi (kegiatan pencapaian harta) dapat diterima oleh Islam, banyak di antaranya yang dicela (haram) karena dianggap merugikan diri sendiri, dan atau orang lain. Seperti peraktek kolusi, korupsi, monopoli barang, riba yang hanya dinikmati oleh orang-orang tertentu saja, dan perjudian yang kemungkinannya merugikan oleh semua pihak.
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 4/17/2017
thumbnail

Makalah Mukjizat Alquran

A. Pengertian Mukjizat Alquran

Makalah Mukjizat Alquran
Seperti diketahui bahwa mukjizat adalah suatu peristiwa yang luar biasa, terjadi pada diri nabi dan atau rasul. Mukjizat tak dapat dipisahkan dengannya karena merupakan pembuktian atas kebenaran kenabian dan atau kerasulannya, demikian pula Alquran pada diri Nabi Muhammad saw.

           Kata mu’jizah (i’jaz), secara etimologi berasal dari kata أعجز  (melemahkan atau menjadikan sesutau tidak berdaya) atau lawan dari al-    qudrah (memiliki kemampuan), seperti firman Allah swt.(QS. 6:31) أعجزتُ أن أكون مثل هذا الغراب فأُوَارِىَ سَوْءَةَ أَخِى ... (Aduhai celaka aku, mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini, kalau aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini ...).[1] Pelaku yang melemahkan dinamai مُعْجِز, maka pada pihak lawan menjadilah ia lemah. Kemudian kata ini dibubuhi akhiran ta al-marbuthah yang mengandung arti mubalaghah (superlatif), maksudnya, para penantang samasekali tak berdaya (sangat lemah) karenanya.[2]
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 4/17/2017