Home » » 9 Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

9 Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

9 Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

9 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Menurut Riyadi (2009) setiap orang tua akan mengharapkan anaknya tumbuh & berkembang secara sempurna tanpa mengalami kendala apapun.

Namun terdapat 9 faktor yg mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan anak yaitu :

1. Faktor Herediter
Herediter atau faktor keturunan adalah faktor yg nir dapat diubah. Melalui instruksi genetik yg terkandung di pada sel telur yang telah dibuahi bisa memilih kualitas & kuantitas pertumbuhan, yg termasuk pada faktor genetik ini adalah jenis kelamin, suku atau ras (Riyadi, 2009).

2.  Faktor Lingkungan
Menurut Hidayat (2005) faktor lingkungan merupakan faktor yang memegang peranan krusial pada memilih tercapai atau tidaknya potensi yang telah dimiliki. Yang termasuk dalam faktor lingkungan ini meliputi lingkungan perinatal yaitu lingkungan waktu pada kandungan dan lingkungan postnatal yaitu lingkungan selesainya bayi lahir.

3. Lingkungan Perinatal
Merupakan lingkungan pada kandungan, mulai dari konsepsi sampai lahir yang meliputi pada waktu ibu hamil, lingkungan mekanis seperti zat kimia, penggunaan obat-obatan, alkohol atau norma merokok ibu selama kehamilan.

4. Lingkungan Posnatal
Selain faktor lingkungan perinatal terdapat jua lingkungan sehabis lahir yg dapat menghipnotis tumbuh kembang anak antara lain adalah sebagai berikut:
a. Budaya Lingkungan
Budaya lingkungan pada hal ini merupakan budaya dimasyarakat yg mempengaruhi pertumbuhan & perkembangan anak. Budaya lingkungan bisa memilih bagaimana seseorang atau rakyat mempersepsikan pola hidup sehat.
b. Sistem Sosial Ekonomi
Status sosial ekonomi pula dapat mensugesti pertumbuhan dan perkembangan anak. Anak menggunakan keluarga yang memiliki sosial ekonomi tinggi tentunya pemenuhan kebutuhan gizi cukup baik dibandingkan anak menggunakan famili yg memiliki status sosial ekonomi rendah. Demikian juga dengan status pendidikan keluarga, misalnya taraf pendidikan rendah akan sulit buat mendapat arahan pada pemenuhan gizi & mereka tak jarang tidak mau atau tidak meyakini pentingnya pemenuhan gizi atau pentingnya pelayanan kesehatan lain yang menunjang tumbuh kembang anak
c. Nutrisi
Nutrisi adalah salah  satu komponen yang paling krusial dalam menunjang keberlangsungan proses pertumbuhan & perkembangan. Menurut Arif (2009) dalam nutrisi masih ada kebutuhan zat gizi yg diperlukan buat pertumbuhan & perkembangan diantaranya: Energi, Protein, Asam Lemak & Omega-tiga, Vitamin A (Retinol), Vitamin D (Calciferol), Vitamin E (Alfa Takoferol), Vitamin C (Asam Askorbat), Vitamin B1 (Thiamin), Vitamin B2 ( Ribovlafin), Vitamin B3 (Niacin), Vitamin B12 (Cyanocobalamin), Kalsium, Fosfor, Zat Besi, Yodium, Seng, Selenium.

5. Status Kesehatan
Status kesehatan anak dapat berpengaruh pada pencapaian pertumbuhan & perkembangan. Hal ini dapat terlihat jika anak berada pada syarat sehat dan sejahtera, maka akselerasi buat tumbuh kembang menjadi sangat gampang.

6.  Iklim atau cuaca
Iklim atau cuaca juga berperan dalam pertumbuhan & perkembangan. Hal ini dapat dilihat pada ekspresi dominan tertentu kebutuhan gizi gampang diperoleh. Demikian jua pada musim eksklusif lainnya yang terkadang mengakibatkan kesulitan menerima kuliner bergizi seperti penyediaan air bersih ketika demam isu kemarau.

7. Olahraga atau Latihan Fisik
Olahraga atau latihan fisik bisa memacu perkembangan anak karena dapat menaikkan sirkulasi darah sehingga suplai oksigen ke semua tubuh dapat teratur.

8. Posisi anak pada famili
Posisi anak pada famili dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan. Hal ini bisa dipandang dalam anak pertama atau tunggal, pada aspek perkembangan secara umum kemampuan intelektual umumnya lebih menonjol & cepat berkembang lantaran seringkali berinteraksi dengan orang dewasa, akan namun dalam perkembangan motoriknya kadang-kadang terlambat karena tidak ada stimulasi yang biasa dilakukan saudara kandungnya. Demikian pula menggunakan anak kedua atau berada pada tengah kesamaan orangtua yang merasa biasa dalam merawat anak lebih percaya diri sebagai akibatnya kemampuan buat mengikuti keadaan anak lebih cepat dan mudah, akan tetapi dalam perkembangan intelektual umumnya terkadang kurang bila dibanding dengan anak pertamanya, kesamaan tersebut pula tergantung kepada keluarga.

9. Faktor Hormonal
Faktor hormonal yang berperan dalam tumbuh kembang anak diantaranya: somatotropin yang berperan pada mensugesti pertumbuhan tinggi badan dengan menstimulasi terjadinya proliferasi sel kartilago & sistem skeletal, hormon tiroid menggunakan menstimulasi metabolisme tubuh, sedangkan glukokortikoid yang mempunyai fungsi menstimulasi pertumbuhan sel interstisial menurut testis buat memproduksi testosteron & ovarium buat menghasilkan estrogen selanjutnya hormon tadi akan menstimulasi perkembangan seks baik pada anak pria juga perempuan   yg sesuai dengan peran hormonnya.
Terimakasih telah membaca artikel berjudul 9 Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

loading...
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 12/02/2017

0 komentar 9 Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak