Home » » Sejarah Munculnya Aliran Murji'ah

Sejarah Munculnya Aliran Murji'ah

Sejarah Munculnya Aliran Murji'ah

1.Sejarah Munculnya Murji’ah

Murji’ah adalah sebuah aliran yang muncul di tengah-tengah pertikaian politik (kekhalifahan) antara ‘Ali ibn Abi Talib dengan Mu’awiyah ibn Abi Sufyan. Murji’ah tampil dengan mengambil sikap netral dan tidak berpihak kepada satu di antara keduanya, dan tidak pula setuju dengan Khawarij yang mengkafirkan keduanya.
            Murji’ah terambil dari kata الإرجاء yang mempunyai dua makna. Pertama bermakna mengakhirkan atau menunda. Sebagaimana firman Allah dalam Q.S al-A’raf (7) : 111 :
قَالُوا أَرْجِه ِِ وَأَخَاه ُُ وَأَرْسِلْ فِي الْمَدَائِنِ حَاشِرِينَ
Terjemahnya:
‘Pemuka-pemuka itu menjawab: "Beri tangguhlah dia dan saudaranya serta kirimlah ke kota-kota beberapa orang yang akan mengumpulkan (ahli-ahli sihir).’
    Sedangkan makna yang kedua adalah memberi pengharapan. Adapun pemakaian kata Murji’ah sebagai paham keislaman yang dipakai adalah makna pertama, karena kaum Murji’ah mengakhirkan perbuatan daripada niat dan keyakinan, serta menundakan/menyerahkan soal dosa besar yang dilakukan oleh orang Islam kepada Tuhan pada hari kiamat.
       Sebenarnya pandangan-pandangan kaum Murji’ah ini telah ada di kalangan sahabat pada masa awal, seperti ketidakberpihakan para sahabat dalam pertikaian politik yang terjadi di akhir masa pemerintahan ‘Usman ibn Affan. Di antara yang mengambil sikap seperti ini adalah Abdullah ibn Umar, Abi Bakrah, Imran ibn al-Husein.[20]

2. Konsep Ajaran Murji’ah

Munculnya Murji’ah adalah karena perselisihan yang terjadi antara Khawarij dengan Syi’ah yang sudah keterlaluan, Khawarij mengkafirkan ‘Ali, Mu’awiyah dan orang-orang yang terlibat dalam majelis tahkim, begitu juga halnya dengan Syi’ah yang mengkafirkan Abu Bakar, ‘Umar, ‘Usman dan para pendukungnya. Syi’ah juga mengkafirkan dan melaknat Mu’awiyah dan orang-orangnya karena kepemimpinannya dianggap telah batal. Masing-masing kelompok juga mengklaim bahwa hanya kelompoknyalah yang benar, sedangkan yang lain salah, sesat dan kafir.
Murji’ah kemudian muncul dengan menerima semua kelompok yang berselisih, tidak mengkafirkan golongan-golongan tersebut. Bahkan sebaliknya menilai semua kelompok tersebut adalah mukmin, sedangkan keberadaan mereka yang sesungguhnya diserahkan kepada Allah kelak.
Ajaran yang paling mendasar bagi Murji’ah adalah bahwa yang dimaksud dengan iman adalah tasdiq (التصديق) atau pembenaran, sedangkan perbuatan (العمل ) tidak termasuk sama sekali dalam bagian iman. Oleh karena itu, seluruh orang yang telah beriman kepada Allah dan rasul-Nya disebut mukmin, walaupun melakukan dosa besar. Murji’ah juga berpendapat bahwa semua golongan dalam Islam adalah mukmin, walaupun salah dalam berijtihad bahkan walaupun lisannya berkata kafir, lahirnya menyembah berhala, intim dengan kehidupan Yahudi atau Nasrani di negara Islam, kemudian mati dalam keadaan seperti itu, maka Allah dapat mengampuni dosa-dosanya atau menyiksanya pada suatu waktu, kemudian memasukkannya ke dalam syurga.
Adapun pandangan politiknya sama dengan pandangan Syi’ah, bahwa penjahat dapat dihukum sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, dengan tanpa harus mengucilkannya dari masyarakat. Karena melihat apa yang dilakukan oleh Muawiyah dan orang-orangnya sebagai hal yang menyebabkan mereka kafir, maka Murji’ah merupakan golongan pertama mendukung Bani Umayyah atas dasar agama, meskipun mereka mungkin tidak terlalu menyukai Bani Umayyah, mereka mengakui pentingnya ketertiban.
Melihat pertumbuhan pemikiran politik dan teologi Murji’ah, maka ada yang menduga bahwa Murji’ah memang sengaja dibentuk oleh orang-orang Bani Umayyah untuk mengimbangi Khawarij dan Syi’ah. Dengan demikian sikap netral Murji’ah yang demikian sangat menguntungkan bagi pihak Muawiyah.

3. Tokoh-tokoh Aliran Murji'ah

Dalam golongan Murji’ah moderat terdapat Abu Hasan Ibnu Muhammad Ibnu ‘Ali bin Abi Thalib, Abu Hanifah, Abu Yusuf. Adapun golongan Murji’ah ekstrim adalah Jahm bin Safwan.


Terimakasih telah membaca artikel berjudul Sejarah Munculnya Aliran Murji'ah

Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 9/09/2017

0 komentar Sejarah Munculnya Aliran Murji'ah

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak