Home » » Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar

Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar

Kata Pengantar Makalah

A. Pengertian Kata Pengantar Makalah


Kata pengantar Makalah ialah halaman yang berisi ucapan-ucapan dari si penulis atas selesainya makalah yang disususun tentang ucapan rasa syukur, ucapan rasa terima kasih, tujuan dan manfaat penulisan serta kritik dan saran yang membangun. Kata pengantar terbagi dalam 3 bagian yaitu pembukaan isi dan penutup.

B. Unsur-unsur Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar


Dalam pembuatan kata pengantar makalah janganlah asal-asalan ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya penggunaan kata yang baik dan benar, terdapat kalimat pembuka dan kalimat penutup, isi kata pengantar yang berisi ucapan terima kasih, dan di tutup dengan dibubuhi tanda tangan penulis. Dibawah ini ada beberapa langkah membuat kata pengantar makalah, diantaranya:

1. Pada paragrap pertama sertakan ucapan terima kasih kepada Tuhan yang maha esa, disertai dengan judul makalah.
“Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, penulis panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah memberikan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul (…..).”
2. Pada paragrap kedua berisi tujuan penulisan makalah tersebut.
“Penelitian ini merupakan tugas wajib dan sebagai syarat untuk menyelesaikan tugas mata pelajaran biologi”
3. Untuk paragraph ketiga memberikan ucapan terima kasih kepada pihak yang membantu penyusunan makalah atau karya tulis tersebut.
“Dengan makalah biologi yang berisi tentang keanekaragaman hayati ini telah penulis susun semaksimal mungkin dan pastinya bantuan dari berbagai pihak, sehingga penulis mampu menyusun makalah ini dengan tepat waktu. Dengan itu penyusun sangat berterima kasih banyak kepada semua belah pihak yang telah membantu terselesainya makalah ini.”
4. Pada paragrap keempat berisi kritik dan saran.
“Penulis menyadari sepenuhnya bahwa banyak kekurangan baik dari dalam susunan bahasa maupun penulisan. Oleh sebab itu terbuka bagi penulis saran dan kritik dari pembaca kepada penulis sehingga penulis dapat memperbaiki karya tulis ini”
5. Paragraph kelima berisi bagian penutup, disertai dengan nama penyusun dan tanda tangan.

“Penyusun berharap semoga makalah ini memberikan manfaat dan inpirasi kepada pembaca.”

Makassar, Januari 2014


Penyusun”

C. Contoh Kata Pengantar makalah yang Baik dan Benar


KATA PENGANTAR


Puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah swt. karena berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penyusun dapat menyelesaikan makalah ini seperti yang diharapkan.
Dalam penyusunan makalah ini, penulis banyak mendapat tantangan dan hambatan akan tetapi dengan bantuan dari berbagai pihak tantangan itu bisa teratasi. Olehnya itu, penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini, semoga bantuannya mendapat balasan yang setimpal dari Allah swt.
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya. Kritik konstruktif dari pembaca sangat penyusun harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya.
Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat kepada kita sekalian.


Makassar, Januari 2014




Penyusun,

Terimakasih telah membca artikel berjudul Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar

Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 8/26/2017

0 komentar Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak