Home » » Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa

    A. Memahami Sumber Belajar

    Sumber belajar adalah segala jenis materi yang dapat digunakan untuk memberikan informasi dan berbagai keterampilan kepada siswa dan guru. Demikian pula alat permainan termasuk satu sumber belajar. Sumber belajar lainnya adalah: buku referensi, buku cerita, gambar, narasumber, benda budaya atau barang, tempat khusus dan lainnya. Sumber belajar adalah sumber data, orang dan bentuk khusus yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun kombinasi sehingga memudahkan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran atau mencapai kompetensi tertentu. Dalam arti luas, sumber belajar adalah (learning resources) segala macam sumber daya yang ada di luar seseorang (peserta didik) dan yang memungkinkan (memudahkan) proses pembelajaran.

Sementara itu, pemahaman sumber belajar menurut para ahli adalah sebagai berikut:
1. Cece Wijaya dan A.Thabrani Rusyah, berpendapat bahwa sumber belajar adalah lingkungan yang bisa dimanfaatkan oleh sekolah sebagai sumber pengetahuan, bisa manusiawi atau tidak manusiawi (Cece Wijaya dan A. Thabrani Rusyah, 1994)
2. Ahmad Rohani dan Abu Ahmadi menjelaskan bahwa sumber belajar adalah semua sumber daya yang dapat digunakan untuk kepentingan proses atau kegiatan mengajar baik secara langsung maupun tidak langsung di luar siswa (lingkungan) yang melengkapi diri pada saat mengajar (Ahmad Rohani dan Abu Ahmadi, 1991).
3. Nana Sudjana dan Ahmad Rivai menjelaskan bahwa sumber belajar adalah kekuatan yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan proses belajar mengajar baik secara langsung maupun tidak langsung sebagian atau seluruhnya (Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, 1989).
4. Fred Percival dan Henry Ellington masuk akal bahwa pembelajaran sumber daya adalah seperangkat bahan atau situasi belajar yang sengaja diciptakan sehingga siswa dapat belajar secara individual (Fred Percival dan Henry Ellington, 1988)
Fatah Syukur NC, menjelaskan bahwa sumber belajar adalah segala sesuatu (kekuatan, lingkungan dan pengalaman) yang dapat digunakan dan dapat mendukung proses pengajaran secara lebih efektif dan efisien serta dapat memudahkan tercapainya pengajaran atau pembelajaran, baik secara langsung maupun tidak langsung baik beton maupun abstrak. (Fatah Syukur NC, 2005)
6. AECT (Asosiasi Komunikasi dan Teknologi Pendidikan) menyatakan bahwa sumber belajar adalah semua sumber (termasuk orang dan barang) yang dapat digunakan oleh peserta didik atau kombinasi, biasanya dalam situasi informal untuk memfasilitasi pembelajaran (Yusuf Hadi Miarso, 1986)

     B. Berbagai Sumber Pembelajaran


Sumber belajar dibagi menjadi lima jenis, yaitu: manusia, bahan ajar, alat atau peralatan, aktivitas, dan lingkungan.
1. Manusia; Yang dimaksud dengan sumber pembelajaran manusia (orang, masyarakt) adalah orang yang menyampaikan langsung menyampaikan dan menyajikan pesan pengajaran tanpa menggunakan alat lain sebagai perantara. Contoh: guru, tutor, dosen, pembicara, pembicara dan sebagainya.
2. Materi pengajaran; Materi atau materi sebagai sumber pengajaran adalah sesuatu yang memiliki pesan untuk tujuan pengajaran, baik yang disajikan dengan menggunakan alat atau materi itu sendiri tanpa sarana pendukung. Materi ini sering disebut media atau software (software). Contoh: buku, modul, transparansi, kaset video, peta, grafik (bagan dan grafik), berita / tokoh sejarah, perekam kaset dan sebagainya.
3. Alat dan peralatan (alat dan peralatan); Dalam hal ini didefinisikan sebagai perangkat yang digunakan untuk menyampaikan dan menampilkan pesan yang tersimpan dalam materi tadi. Alat ini disebut hardware atau hardware. Contoh: proyektor, OHP, monitor televisi, tape recorder, pesawat radio dan sebagainya. Dalam hal ini berupa teknik yang didefinisikan sebagai prosedur koheren terkoordinasi dengan sumber belajar lainnya untuk menyampaikan ajaran atau materi pelajaran. Contoh: simulasi, sistem pembelajaran modul, kunjungan lapangan, diskusi, ceramah, tanya jawab dan sebagainya.
4. Kegiatan dalam hal ini adalah teknik yang didefinisikan sebagai prosedur koheren atau referensi yang digabungkan dan dikoordinasikan dengan sumber belajar lainnya untuk menyampaikan ajaran atau materi pelajaran. Contoh: simulasi, sistem pembelajaran modul, kunjungan lapangan, diskusi, ceramah, tanya jawab dan sebagainya.
5. Lingkungan; Lingkungan sebagai sumber belajar adalah tempat atau ruangan atau situasi seputar proses belajar yang dapat mempengaruhi pembelajaran siswa. Lingkungan ini terbagi menjadi dua macam, yaitu lingkungan fisik (bangunan sekolah, perpustakaan, laboratorium, m Useum, masjid, dll) dan lingkungan non fisik (struktur ruang belajar, fentilasi, cuaca, dll).
C. Memahami Prestasi Siswa
Menurut Siti Partini (1980: 49), "Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai oleh seseorang dalam kegiatan belajar". Sejalan dengan pendapat yang diraih seseorang dalam kegiatan belajar. "Sejalan dengan pendapat tersebut Sunarya (1983: 4) menyatakan" Prestasi belajar adalah perilaku cha Nge yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotor yang mengukur keberhasilan siswa. "Haditomo dkk (1980: 4), mengatakan," Prestasi belajar adalah kemampuan Dewa Ketut Sukardi (1983: 51), yang menyatakan bahwa " Mengukur prestasi belajar dengan menggunakan uji prestasi sebagai alat untuk mengungkapkan kemampuan aktual sebagai hasil belajar atau pembelajaran ". Menurut Sumadi Suryabrata (1987: 324), "Nilai adalah formulasi terakhir yang bisa diberikan oleh guru mengai kemajuan atau prestasi siswa selama periode tertentu". Dengan nilai rapor, kita bisa mengetahui prestasi belajar siswa. Siswa yang berprestasi tinggi dikatakan berprestasi tinggi, sedangkan yang berprestasi rendah dikatakan memiliki prestasi belajar rendah. 

   C. Pengaruh Sumber Daya Pembelajaran Pemanfaatan Prestasi Belajar Siswa 

   Segala sesuatu yang ada disekitar kita bisa dijadikan sumber belajar. Karena manfaat sumber belajar sangat besar, yaitu memberi banyak informasi dan pengetahuan, maka sumber belajar bisa memberikan pengalaman belajar secara langsung dan konkret bagi peserta didik. Sehingga peserta didik diharapkan bisa benar-benar mengetahui manfaat dari penggunaan sumber belajar, sehingga siswa dapat memanfaatkan sumber belajar secara mandiri atau individual, karena fokus proses belajar mengajar adalah siswa, atau dengan kata lain proses pemanfaatannya. Sumber belajar akan meningkatkan aktivitas belajar siswa. Dengan demikian peran sumber belajar sangat penting karena menentukan keberhasilan pembelajaran. Setelah banyak bertanya kepada guru dan berkonsultasi tentang masalah pelajaran dan masalah terkait pelajaran, siswa akan mendapatkan jawaban dan masalah yang dihadapi. Dengan demikian, siswa akan mendapatkan banyak informasi dari guru, selain itu akan menambah hubungan akrab dengan guru. Begitu juga dengan membaca dan memahami buku, pengetahuan siswa, terutama pengetahuan dan penguasaan bahan pelajaran akan meningkat. Oleh karena itu, membaca buku khususnya buku teks diharapkan bisa menjadi tugas rutin siswa, karena dengan membaca akan menambah wawasan, pengetahuan dan pengetahuan. Selain membaca buku teks, siswa jangan lupa menjadwalkan kunjungan dan meminjam buku atau koleksi bahan pustaka, karena perpustakaan merupakan jantung setiap institusi pendidikan. Bisa dikatakan bahwa buku tersebut sebagai sumber pengetahuan, adalah satu-satunya koleksi buku terlengkap yang menjadi perpustakaan. Dengan demikian, peran perpustakaan dalam pengembangan dan pengembangan sains dan teknologi memiliki peran yang sangat penting, karena perpustakaan mencakup berbagai aspek disiplin ilmu dan ketrampilan. Dengan hanya membaca buku saja, siswa mungkin mengalami verbalisme karena bacaannya tidak jelas, karena ini bisa disampaikan melalui penggunaan media. Dengan menggunakan media, kompleksitas materi yang akan dipresentasikan kepada siswa dapat disederhanakan. Bahkan kelimpahan materi pun bisa dikonkretkan dengan kehadiran media. Dengan demikian siswa lebih mudah mencerna materi daripada tanpa bantuan media. Jadi setelah memanfaatkan sumber belajar siswa benar-benar menguasai materi pembelajaran yang dipelajari. Di sinilah letak peran pemanfaatan sumber belajar yang memiliki arti signifikan dalam menentukan keberhasilan pembelajaran. Siswa yang benar-benar memanfaatkan sumber belajar akan mempengaruhi prestasi belajar yang berarti prestasi belajar akan meningkat, jika tidak siswa yang tidak menggunakan sumber belajar maka prestasi belajar akan menurun. Referensi: http: //fitrianovitasari6.blogspot.co.id/2014/12 /pengertian-fungsi-jenis-jenis-dan.htmlhttp://www.wawasanpendidikan.com/2015/10/pengertian-sumber-belajar-menurut- Ahli.htmlhttp: //ayunmeliana.blogspot.co.id/2015/02 / jenis-sumber-belajar.htmlhttp://www.wartamadrasahku.com/2016/04/pemanfaatan-sumber-belajar-dan.html
Terimakasih telah membca artikel berjudul Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 5/18/2017

0 komentar Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak