Home » » Makalah - Wirausaha

Makalah - Wirausaha

A. Pengertian Wirausaha

Wirausaha
Wirausaha adalah orang yang memiliki kemampuan melihat serta  menilai peluang-peluang bisnis, mengumpulkan sumber-sumber daya yang diperlukan untuk mengambil sebuah tindakan yang tepat guna untuk meraih kesuksesan. Wirausaha biasa disebut Entrepreneur, seorang yang yang membangun sumber daya kerja, orang yang membawa perubahan, inovasi yang mampu meningkatkan suatu nilai yang lebih besar dari sebelumnya.
Pengertian wirausaha menurut para ahli yaitu:
JOSEPH C. SCHUMPETER Wirausaha adalah orang yang mampu menghancurkan keseimbangan pasar dan kemudian membentuk keseimbangan pasar yang baru dan mengambil keuntungan-keuntungan atas perubahan-perubahan tersebut

RAYMOND W.Y. KAO Wirausaha adalah orang yang mampu menciptakan dan merancang suatu gagasan menjadi realita.
RICHARD CANTILLON Wirausaha adalah seseorang yang mampu memindahkan atau mengkonversikan sumber-sumber daya ekonomis dari tingkat produktivitas rendah ketingkat produktivitas yang lebih tinggi
SCHUMPETER Wirausaha merupakan inovator yang tidak selalu menjadi inventor (penemu)
SYAMSUDIN SURYANA Wirausaha adalah seseorang yang memiliki karakteristik percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, pengambil resiko yang wajar, kepemimpinan yang lugas, kreatif menghasilkan inovasi, serta berorientasi pada masa depan.
PRAWIROKUSUMO Wirausaha adalah mereka yang melakukan upaya-upaya kreatif dan inovatif dengan jalan mengembangkan ide dan meramu sumber daya untuk menemukan peluang dan perbaikan hidup

B. Tujuan dan Manfaat Wirausaha

Berikut ini berbagai tujuan wirausaha yang bisa dijadikan sebagai referensi sebelum memulai berwirausaha supaya tidak salah langkah dan melenceng dari pengertian wirausaha. 

1. Meningkatkan jumlah wirausaha yang berkualitas 
Ketika seseorang berwirausaha, tentunya ia membutuhkan sumber daya manusia yang dapat membantunya meningkatkan kualitas dari usahanya. Dengan memberdayakan sumber daya manusia, tidak hanya dapat meningkatkan pencapaian usaha, juga dapat melatih sumber daya manusia tersebut menjadi calon wirausaha yang berkualitas. Dengan begitu, ketika ia telah mempunyai usaha sendiri, bukan tidak mungkin ia menjadi seorang wirausaha yang sukses, sehingga jumlah wirausaha berkualitas semakin bertambah. 
2. Memberikan kesadaran terhadap masyarakat untuk berwirausaha secara kuat dan tangguh 
Seorang wirausahawan yang sukses, tentunya akan membuat masyarakat tergerak dan sadar untuk mencoba berwirausaha, sekaligus memahami pentingnya pengertian wirausaha. Masyarakat akan berusaha untuk mencari tahu tips dari wirausahawan tersebut dalam menjalankan usaha hingga berhasil mencapai kesuksesan. Masyarakat akan paham bahwa mereka harus berusaha dengan kuat dan tangguh dalam menjalankan usahanya jika ingin mencapai kesuksesan. 
3. Memajukan Dan Menyejahterakan Masyarakat
Usaha yang sukses dan semakin besar, tentunya semakin banyak membutuhkan sumber daya manusia. Dengan memberdayakan masyarakat sekitar tempat usaha, hal tersebut dapat memberikan lapangan pekerjaan sekaligus mengurangi jumlah pengangguran. Dan dengan mempunyai pekerjaan yang tetap, kemajuan dan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai.
4. Membudayakan Perilaku, Sikap, Semangat, Dan Kemampuan Wirausaha Di Masyarakat
Jika di masyarakat terdapat wirausaha yang sukses, bukan tidak mungkin hal tersebut akan menggugah semangat masyarakat di sekitar untuk mencoba berwirausaha. Tidak hanya semangat, masyarakat juga akan belajar untuk berperilaku dan bersikap layaknya seorang wirausahawan yang sukses jika ingin meraih keberhasilan dalam usahanya. Dengan begitu, seorang wirausahawan dapat menularkan rahasia suksesnya kepada masyarakat mulai dari pengertian wirausaha.


Sementara itu, wirausaha memberikan banyak manfaat bagi masyarakt. Berikut manfaat wirausaha:
1. Membuka Lowongan Pekerjaan
Seseorang yang memulai untuk berwirausaha, tentunya memerlukan sumber daya manusia yang dapat membantunya meningkatkan hasil usaha. Dengan semakin banyaknya wirausaha, hal tersebut berarti membuka lowongan pekerjaan dan mampu menambah daya tampung pekerja. Semakin banyaknya lowongan pekerjaan yang dibuka, hal tersebut akan membantu pemerintah dalam mengurangi jumlah pengangguran di masyarakat. 
2. Generator Membangun Kesejahteraan Lingkungan
Seseorang yang berwirausaha, secara tidak langsung ia akan membangkitkan semangat lingkungan di sekitarnya untuk ikut menyejahterakan kehidupan masyarakat. Di lingkungan sekitar akan tumbuh sikap untuk terus berusaha semaksimal mungkin guna mendapatkan kesuksesan yang diinginkan. Dengan semakin banyak yang sukses, pembangunan di masyarakat dapat terus ditingkatkan. 
3. Memberi contoh Ketekunan, Kerja Keras, dan Berkepribadian Unggul
Seorang pemilik usaha yang sukses akan memberikan contoh baik untuk lingkungan sekitarnya, yakni menumbuhkan semangat kerja keras, berusaha dengan tekun, dan mempunyai kepribadian yang unggul. Dengan begitu, masyarakat dapat melatih dirinya menjadi lebih baik lagi dan berusaha mencontoh apa yang telah dicapai oleh wirausahawan tersebut. 
4. Mendidik Karyawan Menjadi Mandiri, Tekun, Disiplin, dan jujur dalam Bekerja
Seorang wirausahawan yang sukses dapat menularkan semangat kemandirian dan ketekunan dalam bekerja untuk meraih kesuksesan. Tentunya, semangat tersebut harus dibarengi dengan rasa disiplin dan kejujuran, sekaligus betul-betul memahami pengertian wirausaha yang sebenarnya. Demikian ulasan mengenai pengertian wirausaha, baik arti, tujuan maupun manfaat wirausaha. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang hendak berwirausaha agar lebih matang sebelum terjun ke dunia wirausaha. Untuk berwirausaha, Anda tidak perlu menunggu punya modal besar. Sebab, Anda bisa memulai dari usaha rumahan. Yang terpenting adalah segera action, Anda akan banyak belajar dari pengalaman langsung.

C. Syarat Menjadi Wirausaha

Syarat-syarat tersebut, yaitu sebagai berikut : Memiliki sikap mental positif; Memiliki daya pikir kreatif; Bertindak inovatif; Memiliki motivasi; Mengenal resiko dan persaingan.
selain itu, wirausaha juga harus memiliki terkait:
1. Memiliki Kemampuan Berkomunikasi 
Seorang calon wirausaha seharusnya menjalin sebanyak mungkin persahabatan. Memberikan perhatian kepada para kolega dan mitranya sampai dengan hal-hal yang dianggap kecil sekalipun. Jalur persahabatan tersebut yang akan memberikan banyak kemudahan dalam mengem bangkan bisnis pada masa yang akan datang.

2. Memiliki Kemampuan Memelihara Jaringan 
Sering tidak disadari bahwa sebenarnya seseorang memiliki banyak teman dari berbagai latar belakang keahlian dan penga laman yang berbeda yang dapat dijadikan sebagai sumber jaringan dalam rangka membina bisnis atau wirausaha bersama.


Referensi
http://www.temukanpengertian.com/2013/07/pengertian-wirausaha.html
https://yayukarinistmikpringsewu.wordpress.com/materi-kuliah/semester3/kewirausahaan/pengertian-dan-definisi-wirausaha-menurut-para-ahli/
http://usaharumahan.org/2014/07/pengertian-wirausaha-arti-tujuan-manfaat-wirausaha.html
http://simplenews05.blogspot.co.id/2013/07/syarat-menjadi-wirausaha.html
Terimakasih telah membca artikel berjudul Makalah - Wirausaha

Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 5/04/2017

0 komentar Makalah - Wirausaha

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak