Home » » Fungsi dan Manfaat Musik dalam Kehidupan Sehari-hari

Fungsi dan Manfaat Musik dalam Kehidupan Sehari-hari

Fungsi dan Manfaat Musik dalam Kehidupan Sehari-hari

     A. Sebuah fungsi dari musik seni

  Di tengah kemajuan pesat dalam berbagai aspek kehidupan, keindahan tidak lagi tujuan yang paling penting dalam bidang ini. Sementara Yang Jie percaya bahwa semacam ini melekat dalam seni nilai meliputi: 1) nilai Beauty 2) nilai pengetahuan 3) nilai kehidupan.
Hal ini dapat dibagi menjadi fungsi dan tujuan seni untuk:


1. fungsi agama 


karya seni religius atau pesan agama. Sebagai contoh: garis pakaian dan seorang Muslim / Islam, dan lagu-lagu rohani. Sering juga digunakan perayaan seni ulang tahun, kematian, perkawinan dan sebagainya. Sebagai contoh: Gamelan pada upacara pembakaran di Bali (Luwang Gamelan, angklung dan gambang)
     2. Fungsi Pendidikan

Seni sebagai sarana pendidikan dapat ditemukan dalam musik, seperti band karena dalam bahwa ada kerjasama, atau angklung dan gamelan tidak ada nilai pendidikan karena seni bukan nilai, kerjasama sosial dan disiplin. Sering digunakan pendidikan / pendidikan seni seperti buku komik, film ilmiah / dokumenter, poster, lagu anak-anak dan alat-alat ilmiah, dll
     3. fungsi komunikasi

Seni dapat digunakan sebagai alat komunikasi, seperti kritik sosial, ide dan kebijakan dan pengenalan produk kepada masyarakat. Dapat dilihat dalam boneka, boneka teater atau seni poster, sandiwara dan billboard.
     4. Fungsi Hiburan / Entertainment

Seni yang berfungsi sebagai cara untuk menghilangkan kebosanan atau mitigasi penawaran untuk mengekspresikan kesedihan atau hiburan.
     5. Fungsi Teknis

Seni yang berfungsi untuk menyediakan sarana ekspresi dalam karya artis bukan untuk tujuan komersial, seperti: contentporer musik, tari contentporer, seni contentporer. (Seni pertunjukan yang tidak bisa dinikmati oleh pendengar / pengunjung, dan hanya bisa dinikmati oleh seniman dan masyarakat)
     6. Gunakan fungsi (Applied Arts)

Karya seni tanpa mempertimbangkan kegunaannya, kecuali sebagai sarana ekspresi (karya seni murni) atau bahkan dalam proses mempertimbangkan aspek penciptaan kegunaan, seperti: perangkat / perangkat yang berasal dari tembikar atau rotan.
     7. Fungsi kesehatan (pengobatan)

Seni sebagai fungsi kesehatan, seperti medis atau dirangsang oleh gangguan fisik terapi musik (disesuaikan dengan latar belakang pasien). Musik telah terbukti terbukti digunakan untuk mengobati orang yang menderita autisme, trauma gangguan mental dalam acara ini, dan sebagainya. Pada tahun 1999, Siegel mengklaim bahwa musik klasik menghasilkan gelombang alfa-menenangkan yang merangsang sistem limbik neuron di otak dan Gamelan AD untuk mempertajam pikiran.

B. Manfaat musik dalam kehidupan sehari-hari

Musik adalah sebuah simfoni kehidupan, dan sebuah karya seni yang mewarnai kehidupan orang setiap hari di bumi. Tanpa dunia musik dan kesepian, kosong dan monoton karena musik dapat meringankan suasana, jantung santai dan merangsang pikiran manusia sebagai aktor cerita hidup. Musik tidak hanya memberikan efek hiburan, tetapi mereka mampu memberi makna untuk membangkitkan semangat dan semangat hidup dan untuk memungkinkan pemahaman hidup. Mendengarkan musik, menikmati dan menikmati itu menyenangkan dan dapat membuat kita nyaman. Efek ini secara medis dan psikologis reaksi positif terhadap keadaan fisik dan psikologis orang, termasuk saya dan bagi kita. Apa sebenarnya manfaat musik dalam kehidupan kita sehari-hari?
Musik menderita zaman keemasan dalam sejarah peradaban Islam. Dari literatur yang saya baca, karakter seperti Al - Kanada dan Al - Farabi adalah dunia yang menempatkan terapi musik. Pada abad ke-9, mencoba menerapkan terapi musik Kanada untuk anak-anak yang benar-benar lumpuh. Selain itu, penggunaan musik sebagai terapis berkembang di era Ottoman Ottoman. Perkembangan terapi musik masih tersebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Pengaruh musik sangat penting dalam upaya pemulihan, memberi makan dan mendidik orang. Oleh karena itu, manfaat dari kehidupan musik di salah satu yang sangat waktu dengan aspek fisik kesehatan mental dan kecerdasan manusia, yang dikembangkan melalui terapi musik, khususnya. Ada banyak manfaat dari musik yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dan menggunakannya sebagai terapi.

Pertama, musik ini berguna untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh kita karena musik ternyata terapi dan penyembuhan. Menurut Campbell, musik dapat menghasilkan steroid berirama. Kemudian mengambil stimulus melalui sidang dan diproses dalam sistem saraf dan kelenjar otak dalam tubuh yang kembali suara ritme internal untuk menafsirkan ketertiban umum. Ini ritme internal yang mempengaruhi metabolisme manusia sehingga proses ini lebih maju. metabolisme meningkatkan menyebabkan tubuh untuk dapat membangun sistem kekebalan tubuh yang lebih baik. Dengan sistem kekebalan tubuh yang lebih baik, tubuh menjadi lebih tahan terhadap kemungkinan penyakit. Kedua, musik dapat meningkatkan kecerdasan dengan merangsang b Erirama dapat meningkatkan fungsi kerja otak kita. Resul dengan irama internal musik membuat kerja saraf di otak, merasa nyaman dan tenang dan ini adalah apa yang memotivasi musik dan fungsi otak bekerja optimal. Bila ini dilakukan sering, fungsi otak lebih dinamis, sehingga kemampuan untuk berpikir kita lebih jernih dan tajam, dan dapat mencegah demensia (Alzheimer). Kita perlu tahu bahwa bagian kanan dari otak yang berhubungan dengan kecerdasan dan perkembangan artistik dan kreatif, bahasa, musik, fantasi, warna, pengetahuan diri, sosialisasi dan pengembangan pribadi. Dengan demikian, dapat, musik juga memainkan pengaruh berirama meningkatkan kemampuan berbahasa, meningkatkan kreativitas, meningkatkan konsentrasi dan memori yang kita miliki. Ketiga, musik dapat menyebabkan respon fisiologis dari tindakan yang dapat mengubah suasana hati dan keadaan emosional, sehingga sangat berguna sebagai musik santai dapat menghilangkan stres, mengatasi kecemasan, meningkatkan mood, dan menumbuhkan kesadaran spiritual. Sebagai bentuk seni, musik tidak hanya membuat harmoni yang harmonis untuk didengar, tetapi juga memberikan kesan indah yang mampu Al Z untuk menginspirasi dan membawa orang ke kesadaran bahwa dalam dan melalui ruang kosong tanpa putus asa. Manusia alam kesadaran merupakan bagian integral dari masalah, dan kesadaran akan kekuatan paling sempurna, yang mengakibatkan menyerah kepadanya. Aplikasi ini mengurangi dan bahkan menghilangkan pikiran dan perasaan memberatkan. Efek yang dihasilkan dari musik berirama dapat membuat pikiran dan bersantai, dan menimbulkan perasaan positif, tenang, nyaman dan optimis meski bahagia. Media musik keempat berguna sebagai sarana komunikasi antara manusia karena musik adalah bahasa universal yang dapat mengintegrasikan keanekaragaman, perdamaian dan solidaritas manusia. Sejarah sering mencatat peran dan penggunaan musik sebagai sarana asosiasi media dan kontak yang dapat dipahami oleh semua orang, bahkan jika kita tidak mengerti bahasa setiap bangsa.
Terimakasih telah membaca artikel berjudul Fungsi dan Manfaat Musik dalam Kehidupan Sehari-hari

Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 5/13/2017

0 komentar Fungsi dan Manfaat Musik dalam Kehidupan Sehari-hari

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak