Home » » Ilmu Hipnotis

Ilmu Hipnotis

Ilmu Hipnotis

Ilmu Hipnotis

Dewasa ini, pertunjukan hipnotis bukanlah kejadian yang langka untuk disaksikan baik untuk panggung hiburan, pengobatan, bahkan dalam dunia kedokteran dan pendidikan hipnotis seringkali dilakukan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Hipnotis merupakan sebuah seni yang bermain di ranah kesadaran seseorang. dengan kata lain, kesadaran seseorang adalah objek 
manipulasi dari sesorang hipnosis (sebutan orang yang menghipnotis) untuk mempormat pikiran baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka panjang. pada dasarnya kesadaran manusia dibagi mejadi 2 bagian yaitu alam sadar yang disebu t consius mind dan alam bawah sadar yang disebut unconsius mind. oarang yang terhipnotis adalah mereka yang beraktifitas dibawah pengaruh alam bawah sadar. Pertnyaannya kemudian adalah bagaimana caranya agar seseorang bisa berada di alam bawah sadarnya?

Pertnyaan inilah yang merupakan awal pendalam dari hipnotis. Secara singkat akan saya jelaskan untuk menjawab pertanyaan tersebut.
Tingkat kesadaran manusia dibagi menjadi 4 tingkatan yaitu: tingkatan alfa, beta, teta, dan delta. Tingktan alfa adalah tingkatan paling tinggi dari kesadaran manusia. Pada tingkatan ini seluruh aktivitas manusia bisa dikontrol secara maksimal sehingga ia akan sulit untuk terpengaruh. Namun jangan salah, justru tingkat kesadaran alfa ini merupakan pintu masuk untuk sampai ke tingkat kesadaran yang di bawahnya yaitu alfa. Pada tingkat kesadaran alfa seseorang cenderung lupa jangka pendek dan kurang waspada dengan kondisi yang ada di sekitarnya sehingga ia akan sulit terpokus pada suatu objek. Pada tingkatan ini seseorang akan lebih mudah untuk tepengaruh terhadap informasi sederhan yang disampaikan. Pada tahap ini alam sadar dengan alam bawah sadarnya cenderung seimbang dan secara behavior terlihat jelas seperti ia melamun dan saat ia dengar sesuatu ia akan kaget. Mengapa ? karena secara kesadaran ia belum sepenunya berada di alam bawah sadarnya.

Tingkatan kesadaran selanjutnya adalah teta. Pada tahap ini seseorang masih akan tetap merespon secara sadar informasi yang ia terima namun ia tidak mampu mengolah informasi itu secara sadar dibawah kendali pikirannya yang secara pisik ia lakukan. Hal-hal yang ia anggap nyaman secara psikologis akan ia lakukan dan hal-hal yang menurut ia buruk secara psikologis tidak akan ia lakukan. Kondisi seperti inilah yang oleh ahli mentalis panggung sebut saja uya kuya menyebutnya tingkat relaksasi artinya tingkat kenyaman pisik yang diterima oleh orang tersebut secara psikis.

Tingkatan pikiran yang terendah adalah delta. Pada tingktan ini seseorang seseorang tidak mampu merespon secara psikis maupun pisik sehingga ia hanya terpaku pada satu pokus saja.ia akan sulit menerima informasi yang disampaikan sehingga seseorang yang terhipnotis dan sampai pada tingkatan ini akan melakukan informasi awal yang disampaikan karena ia akan terpokus pada informasi itu. Kondisi kesadaran delta dalam kehidupan sehari-hari misalnya pingsan, tidur dan kemudian bermimpi. Misalnya bermimpi berjalan ke suatu tempat dan ternya ia benar
-benar berjalan sementara ia dalam keadaan tertidur.
Ke-4 tingkatan kesadaran tersebut merupakan kondisi seseorang ketika pikirannya dipengaruhi.
Salam mind hecker

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Ilmu Hipnotis

Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 2/05/2017

0 komentar Ilmu Hipnotis

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak