Lowongan Kerja


Hasil gambar untuk lowongan kerjaLowongan Kerja adalah Sebuah kesempatan kerja pada posisi tertentu di instansi atau tempat usaha yang tersedia untuk individu maupun kelompok yang telah memenuhi persyaratan yang dibutuhkan.


Kesempatan bekerja pada posisi atau Jabatan tertentu dalam hal ini memiliki arti yang cukup sederhana. Setiap lowongan kerja akan mencantumkan jenis pekerjaan beserta posisi/jabatan yang bisa dipilih oleh para pencari kerja. Dalam konteks ini, pencari kerja bisa memilih posisi atau jabatan tertentu yang sesuai dengan bakat dan keahlian yang dimilikinya.


Bagi anda yang ingin mencari informasi terkait lowongan kerja, adan dapat mengunjungi beberapa situs berikut ini:

Adapun ketentuan umum yang biasanya anda harus penuhi jika ingin melamar pada suatu lowongan kerja yaitu sebagai beriku:

1. Surat Lamaran

Sudah barang tentu surat lamaran adalah hal yang paling utama dan di letakkan di lembar paling depan sendiri. Surat lamaran pada dasarnya berisi maksud dan tujuan pelamar, posisi apa yang di lamar serta nilai jual apa yang bisa di sampaikan guna mendukung posisi yang di lamar. Sebaik – baiknya surat lamaran kerja adalah disajikan dengan ringkas,  padat dan jelas.
Jika instansi perusahaan yang anda lamar tidak mengharuskan anda untuk membuat lamaran dengan tulisan tangan maka ada baiknya anda membuat surat lamaran kerja print/ketik, begitu juga sebaliknya.

2. Daftar Riwayat Hidup

Daftar riwayat hidup berisikan detail informasi diri si pelamar, mulai dari nama, alamat, TTL, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan dan masih banyak lainnya. Bagaimana daftar riwayat hidup yang lengkap? anda dapat mencari informasi tersebut di internet, ada banyak sekali format daftar riwayat hidup yang bisa anda coba.

3. Foto Copy KTP dan Pas Photo

Foto copy KTP wajib ada, untuk pas foto anda bisa menggunakan ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar jika tidak ada ketentuan terkait persyaratan melamar.

4. Foto Copy Ijazah (Legalisir)

Sebaiknya foto copy ijazah di legalisir dari lembaga tempat anda menempuh pendidikan. Jika anda baru lulus dan ijazah asli belum keluar maka anda dapat menggunakan surat keterangan lulus dan transkrip nilai yang juga di legalisir.

5. Sertifikat Pelatihan/Ketrampilan Tertentu

Sertifikat pelatihan atau kursus tertentu merupakan berkas pendukung surat lamaran yang sebaiknya ada jika memang anda memiliki ketrampilan khusus. Terutama jika ketrampilan tersebut berhubungan posisi pekerjaan yang anda lamar. Sertifikat pelatihan pada umumnya seperti sertifikat komputer.

6. SKCK

SKCK merupakan Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang menyatakan bahwa pihak yang bersangkutan tidak pernah terlibat kasus pidana hukum apapun. Anda dapat mengurus SKCK di Polsek ataupun Polres tergantung kebutuhan dan di wilayah mana SKCK tersebut akan di gunakan.
7. Kartu Kuning (AK 1)
Kartu kuning atau kartu pencari kerja dapat anda buat di Depnaker/Disnakertrans terdekat. Untuk membuat Kartu Kuning ini gratis alias tidak di kenakan biaya sepeserpun, maka ada baiknya anda untuk membuatnya. Ada banyak sekali keuntungan menggunakan kartu kuning.

8. Surat Keterangan Sehat

Anda dapat mengurus Surat Keterangan Sehat ini di dokter atau lebih disarankan di Puskesmas terdekat. Surat keterangan sehat ini berisikan informasi seperti tinggi dan berat badan, golongan darah, tensi darah dan lain sebagainya.

9. Surat Keterangan Kerja

Bagi anda yang mempunyai pengalaman kerja maka melampirkan Surat Keterangan Kerja adalah hal yang wajib. Maka dari itu sebaiknya anda harus mempunyai atau bisa juga meminta Surat Keterangan Kerja pada perusahaan tempat anda bekerja pada saat anda berhenti bekerja. Surat Keterangan Kerja merupakan bukti formal bahwa anda benar – benar pernah bekerja di lembaga atau instansi perusahaan tertentu.
Sekali lagi persyaratan melamar kerja diatas merupakan persyaratan umum saja apabila memang informasi lowongan pekerjaan yang anda terima tidak mencantumkan syarat apa saja yang harus anda lengkapi. Jika sudah ada ketentuan syarat apa saja yang harus anda lengkapi dalam berkas surat lamaran kerja maka anda harus melengkapinya agar anda bisa lolos seleksi administratif.
Semoga Informasi ini memberikan manfaat bagi anda terkait lowongan kerja. sebagai saran, anda harus tetap berhati-hati dalam menentukan pilihan mengingat banyak penipuan yang berkeliaran dalam dunia maya. wassalam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lowongan Kerja"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak