SENI MUSIK


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Hasil gambar untuk macam-macam musik

Seni Musik. Perkembangan zaman era Globalisasi sekarang ini amatlah pesatnya sehingga membuat kita sering takjub dengan segala penemuan-penemuan baru disegala bidang. Penemuan-penemuan baru yang lebih banyak didominasi oleh negara-negara Barat tersebut dapat kita simak dan saksikan melalui layar televisi, koran, internet dan sebagainya yang sering membuat kita geleng-geleng kepala sebagai orang Indonesia yang hanya bisa menikmati dan memakai penemuan orang-orang Barat tersebut. Penemuan-penemuan baru tersebut merupakan sisi positif yang dapat kita ambil dari negara-negara Barat itu sedangkan di negara-negara Barat itu sendiri makin maju dan modern diiringi pula dengan bebasnya mereka dalam bertindak dan berperilaku dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadi suatu kebiasaan yang membudaya.

internet dan sebagainya yang sering membuat kita geleng-geleng kepala sebagai orang Indonesia yang hanya bisa menikmati dan memakai penemuan orang-orang Barat tersebut. Penemuan-penemuan baru tersebut merupakan sisi positif yang dapat kita ambil dari negara-negara Barat itu sedangkan di negara-negara Barat itu sendiri makin maju dan modern diiringi pula dengan bebasnya mereka dalam bertindak dan berperilaku dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadi suatu kebiasaan yang membudaya. Kebiasaan-kebiasaan orang Barat yang telah membudaya tersebut hampir dapat kita saksikan setiap hari melalui media elektronik dan cetak yang celakanya seni dan kebudayaan orang-orang Barat tersebut yang sifatnya negatif dan cenderung merusak serta melanggar norma-norma ke timuran kita sehingga ditonton dan ditiru oleh orang-orang kita terutama para remaja yang menginginkan kebebasan seperti orang-rang Barat. Seni dan Kebudayan-kebudayaan Barat tersebut dapat kita mulai dari pakaian dan mode, musik, film sampai pada pergaulan dengan lawan jenis.
Sementara itu, Indonesia adalah bangsa yang majemuk, terkenal dengan keanekaragaman dan keunikannya. Terdiri dari berbagai suku bangsa, yang mendiami belasan ribu pulau. Masing-masing suku bangsa memiliki keanekaragaman seni budaya tersendiri. Di setiap seni budaya tersebut terdapat nilai-nilai sosial yang tinggi. Pada kondisi saat ini seni dan kebudayaan mulai ditinggalkan, bahkan sebagian masyarakat Indonesia malu akan seni dan kebudayaannya sebagai jati diri sebuah bangsa. Hal ini mengakibatkan hilangnya keanekaragaman seni budaya Indonesia secara perlahan-lahan, yang tidak terlepas dari pengaruh budaya luar dan karakter mayarakat Indonesia yang suka meniru. Dalam menjaga kelestarian seni budaya Indonesia tersebut banyak cara yang dapat dilakukan sesuai dengan kemampuan dan batasan-batasan yang ada. Jangan sampai di saat seni budaya kita diambil bangsa lain, baru kita menyadari betapa bagusnya nilai-nilai yang terkandung dalam budaya kita itu sendiri. Perkembangan zaman dan teknologi yang semakin lama semakin canggih serta perdagangan bebas yang telah terjadi di dunia khususnya Indonesia telah meracuni bangsa Indonesia terhadap moral akhlak dan tatakrama pergaulan anak remaja, adat budaya Indonesia yang dulu katanya Indonesia kaya akan seni budayanya kini terhapus semua oleh yang namanya kemajuan zaman.

B.    Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang akan menjadi pokok pembahasan dalam makalah ini yaiti:
1.       Apakah yang dimaksud seni musik?
2.      Bagaimana penggolongan jenis musik?
3.      Apa fungsi musik?
4.      Bagaimana manfaat musik dalam kehidupan sehari-hari?


C.    Tujuan
Hal-hal yang akan penulis uraikan dalam penulisan makalah tentang seni dan Tujuan Penulis membuat makalah tentang seni dan budaya di Indonesia  adalah untuk memenuhi dan melengkapi tugas yang di berikan di mata Kuliah Seni Budaya. Selain itu tujuan penulisan makalah ini di harapkan dapat menambah wawasan pembaca dan agar masyarakat mau melestarikan seni dan kebudayaan di Indonesia yang telah di warisi leluhur kita terdahulu kelak dikemudian hari.

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Seni  Musik
Musik adalah bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan selera seseorang.
Definisi sejati tentang musik juga bermacam-macam yaitu:
a.      Bunyi/kesan terhadap sesuatu yang ditangkap oleh indera pendengar.
b.      Suatu karya seni dengan segenap unsur pokok dan pendukungnya.
c.       Segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajikan sebagai musik.
Beberapa orang menganggap musik tidak berwujud sama sekali.  Musik menurut Aristoteles mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme. David Ewen mencatat sebuah definisi tentang musik yang dibuat oleh penyusun kamus sebagai Ilmu pengetahuan dan seni tentang kombinasi ritmik dari nada-nada, baik vokal maupun instrumental, yang meliputi melodi dan harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu yang ingin diungkapkan terutama aspek emosional.
Berikut ini adalah pengertian dan definisi musik :
PHILIP SHEPPARD Musik adalah sistem yang unik untuk mengomunikasikan ide dan emosi
MASDUKI Musik adalah produk kebudayaan manusia. Keterkaitan antara musik dan manusia selalu menjadi fokus kajian karena kebudayaan musik adalah produk konseptual (cognitive) dan perilaku (behavior) masyarakat.
DAVID EWEN. Musik adalah ilmu pengetahuan dan seni tentang kombinasi ritmik dari nada-nada, baik vokal maupun instrumental, yang meliputi melodi dan harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu yang ingin diungkapkan terutama aspek emosional
SCHOPENHAUER Musik adalah melodi yang syairnya adalah alam semesta.
DELLO JOIO. Mengenal musik dapat memperluas pengetahuan dan pandangan selain juga mengenal banyak hal lain di luar musik. Pengenalan terhadap musik akan menumbuhkan rasa penghargaan akan nilai seni, selain menyadari akan dimensi lain dari suatu kenyataan yang selama ini tersembunyi.
SUHASTJARJA. Musik ialah ungkapan rasa indah manusia dalam bentuk suatu konsep pemikiran yang bulat, dalam wujud nada-nada atau bunyi lainnya yang mengandung ritme dan harmoni, serta mempunyai suatu bentuk dalam ruang waktu yang dikenal oleh diri sendiri dan  manusia lain dalam lingkungan.
BLACKING, 1973. Musik merupakan ciri khusus spesies manusia karena musik merupakan aspek perilaku manusia yang ada di mana -mana
ADJIE ESA POETRA
Musik merupakan bunyi yang teratur, bukan saja bersifat moral normatif, melainkan juga diakui selaras berdasarkan penghitungan para ahli ilmu fisika

B.    Macam-macam Seni Musik
Musik memiliki banyak macam yang berbeda antara satu dengan yang lain dengan masing-masing karakteristiknya. Berikut ini diuraikan secara singkat maacam-macam seni musik.
1.      Musik Seni
Musik seni atau disebut juga dengan Musik serius, adalah istilah untuk pengelompokan suatu jenis musik yang berbentuk musik klasik Eropa. Berbeda dengan musik yang sekarang dikenal sebagai musik populer. Musik populer memiliki masa yang terus berganti, musik yang hits 20 tahun lalu berbeda dengan musik yang hits sekarang. Namun musik seni akan terus awet sepanjang masa, terbukti musik jenis ini masih eksis sampe sekarang.
2.     Musik Klasik
Musik klasik ada yang berasal dari Eropa, Persia, India dan lain lain. Namun yang dimaksud di sini adalah musik klasik yang merujuk pada musik klasik Eropa. Musik klasik Eropa sendiri terdiri dari beberapa periode, seperti klasik, barok dan romantik. Musik klasik sendiri memiliki suatu istilah luas yang mencau pada musik yang bersumber dari suatu tradisi kesenian dari Barat, musik orkestra dan musik kristiani yang mencangkup periode dari sekitar abad ke 9 sampai dengan abad 21.
3.     Musik Jazz
Musik Jazz adalah musik yang biasa dinikmati oleh kalangan tertentu. Musik Jass adalah musik yang terlahir dari penggabungan beberapa jenis musik seperti musik ragtime, blues dan musik eropa terutama musik band. Alat yang digunakan pada musik jazz diantaranya adalah gitar, piano, trombon, saksofon dan trompet. Ada sebuah elemen penting dalam musik jazz, yaitu improvisasi, polyrhythms, sinkopasi, shuffle note dan blue notes.
4.     Musik Gospel
Musik gospel adalah musik yang iasanya didominasi oleh vokal. Biasa dinyanyikan oleh penyanyi beragama kristiani pada acara keagamaan. Beberapa sub genre dari musik gospel adalah urban contemporary gospel dan contemporary gospel. Nuansa dari Musik gospel ini mirip dengan Rock n Roll karena sebenarnya musik Rock n roll ini merupakan gabungan dari rock, jazz dan gospel yang dulunya dikenalkan oleh orang kulit hitam beragama kristen di Amerika.
5.     Musik Blues
Musik Blues berasal dari masyarakat Afro-Amerika lalu berkembang dari musik Afrika Barat. Kemudian jenis ini memengaruhi genre musik pop saat ini, termasuk juga ragtime, jazz, big band, rhythm and blues, rock and rool, country dan musik pop.
6.     Musik Rhythym And Blues (R&B)
Rhythym dan blus atau biasa disingkat R&B, adalah musik tradisional dari masyarakat Afro-Afrika yaitu musik pop kulit hitam yang dikenal mulai dari tahun 1940-an yang berbeda dari jazz maupun blues.
7.      Musik Funk
Musik funk adalah sebuah musik yang mengandung tarian asal Afrika-Amerika. Musik ini dapat dikenali lewat ritmenya yang sering terpotong singkat, bunyi ritme gitar yang tajam, pengaruh jazz yang kuat dan irama yang dipengaruhi oleh musik Afrika. Serta perasaan gembira yang ditimbulkan akibat mendengarkan musik.
8.     Musik Rock
Musik rock atau dikenal juga sebagai musik Rock and Roll (Rock’n roll), merupakan perpaduan dari berbagai macam genre pada akhir 1940an. Musik rock sendiri meliputi hampir semua jenis musik pop sejak awal tahun 1950an. Musik ini kemudian tersebar ke seluruh dunia pada pertengahan tahun 1960-an dan melahirkan beberapa grup musik terkenal dari inggris seperti The beatles. The beatles merupakan band atau kelompok musik yang melegenda pada masanya. Musik rock sendiri akhirnya berkembang menjadi psychedelick rock dan kemudian menjadi progressive rock.
9.     Musik Metalcore
Musik metal mirip dengan rock, sama-sama ber aliran keras, namun musik metal lebih keras dibandingkan musik rock. Perbedaannya adalah musik metal memiliki ciri khas yaitu terdapat scream, grow dan yang terbaru adalah pigsqueal pada vocalnya. Vokal ini banyak di gunakan pada aliran musik hardcore, post hardcore, metalcore, screamo, death metal, death core, electronic hardcore, black metal dan lainnya.
10. Musik Electronic / Techno
Musik Electronic atau dikenal juga dengan nama Techno. Techno dimulai sebelum synthesizer ditemukan dengan menggunakan tape loops dan berbagai alat musik elektronik analog pada sekitar tahun 1950-an sampai dengan tahun 1960-an.
11.   Hip Hop / Rap / Rapcore
Musik ini dimulai pada tahun 1970-an sampai dengan tahun 1980-an. Pada mulanya musik ini berkembang di pantai timur AS yang kadang disebut juga sebagai east coast Hip Hop. Musik hip hop dapat dianggap sebagai sub genre dari R&B. Pada sekitar tahun 1992, muncul musik hip hop dari pantai barat yang akhirnya dikenal dengan nama West Coast Hip Hop. Musik jenis ini juga biasa dicampur dengan heavy metal dan menghasilkan rapcore.
12.  Musik Tradisional
Berbeda dengan jenis musik lainnya, Musik tradisional adalah musik yang hidup dalam masyarakat secara turun menurun, dan biasa dipakai juga untuk pengobatan maupun ritual. Musik tradisional juga biasa digunakan untuk berkomunikasi antara manusia dan penciptanya, bahkan untuk masyarakat tertentu, musik tradisional bisa digunakan untuk memanggil roh para leluhur. Hal ini biasanya tergantung dari kepercayaan masing-masing kelompok masyarakat. Musik tradisional juga merupakan seni lokal yang biasa dipelajari di bangku sekolah.
13.  Musik Dangdut
Musik dangdut adalah musik khas yang berasal dari tanah Melayu. Musik ini biasa digemari oleh kalangan menengah ke bawah, musik ini juga memiliki nuansa India dan melayu. Pada perkemabgannya musik dangdut menjadi cukup trend di masyarakat, karena sering diputar pada kendaraan umum seperti bis dan angkot.

C.    FUNGSI SENI MUSIK
Dalam perkembangan ditengah pesatnya kemajuan di berbagai aspek kehidupan, keindahan tidak lagi menjadi tujuan yang paling penting dalam berkesenian. Sedangkan The Liang Gie berpendapat bahwa jenis nilai yang melekat pada seni mencakup: 1) nilai keindahan, 2) nilai pengetahuan, 3) nilai kehidupan.
Fungsi Seni serta tujuannya bisa dibagi menjadi :
1.      Fungsi Religi/Keagamaan
Karya seni sebagai pesan religi atau keagamaan. Contoh : kaligrafi, busana muslim/muslimah, dan lagu-lagu rohani. seni juga sering digunakan untuk sebuah upacara kelahiran, kematian, pernikahan dsb. contohnya : gamelan dalam upacara Ngaben di Bali (gamelan luwang, angklung dan gambang)
2.     Fungsi Pendidikan
Seni sebagai media pendidikan dapat dilihat dalam musik, misalkan Ansambel karena didalamnya terdapat kerjasama, atau Angklung dan gamelan pun ada nilai pendidikannya karena kesenian tersebut terdapat nilai sosial, kerjasama dan disiplin. karya seni yang sering digunakan untuk pelajaran/pendidikan seperti : gambar ilustrasi buku pelajaran, film ilmiah/dokumenter, poster, lagu anak-anak, alat peraga IPA, dsb.
3.     Fungsi Komunikasi
Seni dapat digunakan sebagai alat komunikasi seperti, kritik sosial, gagasan, kebijakan dan memperkenalkan produk kepada masyarakat. bisa dilihat dalam pagelaran wayang kulit, wayang orang dan seni teater ataupun poster, drama komedi dan reklame.
4.     Fungsi Rekreasi/Hiburan
Seni yang berfungsi sebagai sarana melepas kejenuhan atau mengurangi kesedihan yang khusus pertunjukan untuk berekspresi ataupun hiburan.
5.     Fungsi Artistik
Seni yang berfungsi sebagai media ekspresi seniman dalam menyajikan karyanya tidak untuk hal yang komersial, seperti : musik kontenporer, tari kontenporer, dan seni rupa kontenporer. (seni pertunjukan yang tidak bisa dinikmati pendengar/pengunjung, hanya bisa dinikmati oleh para seniman dan komunitasnya)
6.     Fungsi Guna (seni terapan)
Karya seni yang dibuat tanpa memperhitungkan kegunaannya, kecuali sebagai media ekspresi (karya seni murni) atau pun dalam proses penciptaan mempertimbangkan aspek kegunaannya, seperti : perlengkapan/peralatan rumah tangga yang berasal dari gerabah ataupun rotan.
7.      Fungsi Kesehatan (terapi)
Seni sebagai fungsi untuk kesehatan, seperti pengobatan penderita gangguan physic ataupun medis distimulasi melalui terapi musik (disesuaikan dengan latar belakang pasien). terbukti musik telah terbukti mampu digunakan untuk menyembuhkan penyandang autisme, gangguan psikologis trauma pada suatu kejadian dsb. pada tahun 1999 Siegel menyatakan bahwa musik klasik menghasilkan gelombang alfa yang menenangkan dapat merangsang sistem limbic jarikan neuron otak dan gamelan menurut Gregorian dapat mempertajam pikiran.

D.   Manfaat Musik dalam Kehidupan Sehari-hari
Musik merupakan simfoni kehidupan, menjadi bagian seni yang mewarnai kehidupan sehari-hari manusia di muka bumi. Tanpa musik dunia sepi, hampa dan monoton karena musik mampu mencairkan suasana, merelaksasi hati serta menstimulasi pikiran manusia sebagai pemeran cerita kehidupan. Musik tak sekedar memberikan efek hiburan, tetapi mampu memberikan makna untuk membangkitkan gairah dan spirit hidup untuk memberdayakan dan memaknai hidup. Mendengarkan musik, menghayati dan menikmatinya merupakan aktivitas yang menyenangkan dan bisa membuat kita nyaman. Efek inilah yang secara medis dan psikologis menimbulkan reaksi positif pada kondisi fisik dan psikis manusia, termasuk  saya dan kita. Lalu apakah manfaat musik yang sebenarnya dalam kehidupan kita sehari-hari?
Musik mengalami masa keemasan dalam sejarah peradaban Islam. Dari berbagai literatur yang saya baca, tokoh-tokoh seperti Al – Kindi dan Al – Farabi merupakan ilmuwan yang mengembangkan musik sebagai terapi. Pada abad ke- 9, Al – Kindi sudah mencoba menerapkan pengobatan dengan musik kepada seorang anak yang lumpuh total. Selanjutnya, pemanfaatan musik sebagai terapi berkembang pesat di era kejayaan Turki Usmani. Pengembangan terapi musik ini terus berlanjut hingga menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Efek musik begitu signifikan dalam upaya menyembuhkan, menyehatkan dan mencerdaskan pribadi manusia. Oleh karena itu, manfaat musik dalam kehidupan begitu simultan dengan aspek kesehatan fisik, psikologis dan kecerdasan manusia, terutama yang dikembangkan melalui terapi musik.
Ada beberapa manfaat musik berkaiatan dengan keseharian kita dan penggunaannya sebagai terapi.
Pertama, musik bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh kita karena musik ternyata bersifat terapeutik dan bersifat menyembuhkan.
Menurut Campbel, musik mampu menghasilkan stimulan yang bersifat ritmis. Stimualan ini kemudian ditangkap oleh pendengaran kita dan diolah di dalam sistem saraf tubuh serta kelenjar otak yang mereorganisasikan interpretasi bunyi ke dalam ritme internal pendengarnya. Ritme internal ini mempengaruhi metabolisme tubuh manusia sehingga prosesnya berlangsung dengan lebih baik. Metabolisme yang lebih baik akan mengakibatkan tubuh mampu membangun sistem kekebalan yang lebih baik. Dengan sistem kekebalaan yang lebih baik, tubuh menjadi lebih tangguh terhadap kemungkinan serangan penyakit.
Kedua, musik dapat meningkatkan intelegensi karena rangsangan ritmis mampu meningkatkan fungsi kerja otak kita. Ritme internal yang dihasilkan musik membuat saraf-saraf otak bekerja, rasa nyaman dan tenang yang distimulasi musik membuat fungsi kerja otak bekerja optimal. Bila hal ini sering dilakukan, fungsi kerja otak kita akan semakin prima, sehingga kemampuan berpikir kita lebih jernih dan tajam, serta bisa mencegah kepikunan(alzheimer). Perlu kita ketahui bahwa bagian kanan otak kita berkaitan dengan kecerdasan dan perkembangan artistik dan kreatif, bahasa, musik, imajinasi, warna, pengenalan diri, sosialisasi dan pengembangan kepribadian. Karena itu, rangsangan ritmis dari musik yang diperdengarkan juga dapat meningkatkan kemampuan berbahasa, meningkatkan kreativitas, serta meningkatkan konsentrasi dan daya ingat kita.
Ketiga, musik bisa menimbulkan reaksi psikologis yang dapat mengubah suasana hati dan kondisi emosi, sehingga musik bermanfaat sebagai relaksasi yang dapat menghilangkan stress,mengatasi kecemasan, memperbaiki mood dan menumbuhkan kesadaran spiritual. Sebagai sebuah bentuk seni, musik tak hanya menciptakan harmoni nada yang enak didengar, tetapi juga memberikan kesan indah yang mampu menggugah dan mengantarkan manusia pada kesadaran yang dalam dan penuh, menelusuri lorong-lorong hampa dalam ketidakberdayaan harapan. Kesadaran akan fitrah kemanusiaan yang tak bisa lepas dari masalah, kesadaran akan keberadaan kekuatan Yang Maha Sempurna, sehingga timbul kepasrahan untuk berserah kepada-Nya. Penyerahan diri inilah yang bisa mengurangi bahkan menghilangkan beban pikiran dan perasaan yang menekan. Rangsangan ritmis yang dihasilkan musik mampu membuat pikiran rileks, serta menimbulkan perasaan-perasaan positif , tenang, nyaman dan optimis bahkan bahagia.
Keempat, musik bermanfaat sebagai alat dan media komunikasi antarmanusia karena musik merupakan bahasa universal yang mampu memadukan perbedaan, menciptakan perdamaian dan solidaritas kemanusiaan. Sejarah sering kali mencatatkan peran dan manfaat musik sebagai sarana pergaulan dan media komunikasi yang bisa dipahami semua orang, sekalipun kita tidak memahami bahasa tiap-tiap bangsa. 
BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Berdasarkan uraian diatas yang telah dipaparkan, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
1.       Dalam kehidupan kita sehari hari banyak melibatkan musik karena definisi paling mendasar dari musik itu sendiri adalah merupakan bunyi yang teratur.
2.      Musik adalah bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan selera seseorang.
3.      Musik modern nusantara dikelompokkan, antara lain: Dangdut, Pop, Balada, Rock, Rhythm dan Blues.
4.      Secara umum, fungsi musik bagi masyarakat Indonesia antara lain sebagai sarana atau media upacara ritual, media hiburan, media ekspresi diri, media komunikasi, pengiring tari, dan sarana ekonomi.
5.      Skala diatonik memiliki tujuh not yang berbeda dalam satu oktaf. Not-not ini adalah not-not putih pada piano.
6.      Pentatonik berasal dari gabungan kata penta (lima) dan tonik (nada), sehingga pentatonik dapat diartikan sebagai tangga nada yang terdiri dari lima nada.
B.    Saran
Demikianlah makalah ini kami susun, kepada para pembaca diharapkan tetap merujuk kepada referensi lain terkait seni musik mengingat makalah ini masih sangat sederhana. Oleh karena itu, kami sangat terbuka dalam menerima masukan yang bersifat membangun. Semoga bermanfaat. Wassalam.
Untuk masukannya silahkan kirim di kolom E-Mail yang telah disiapkan. Terimaksih.

DAFTAR PUSTAKA

http://id.wikipedia.org/wiki/Musik_tradisional
http://sukolaras.wordpress.com/2008/07/05/musik-tradisional-indonesia/
http://id.wikipedia.org/wiki/Tangga_nada_pentatonik
http://id.wikipedia.org/wiki/Tangga_nada_diatonik
Modern



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SENI MUSIK"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak