Home » » Pengertian dan Jenis-jenis THT

Pengertian dan Jenis-jenis THT

Pengertian dan Jenis-jenis THT

A. Pengertian THT

THT (Oto Rhino laryngologi) adalah sebuah cabang ilmu kedokteran yg dikenal secara umum menangani konflik tentang indera pendengaran, hidung, & tenggorokan mesipun terdapat cabang kedokteran yang lebih luas lagi berdasarkan THT yaitu Otolaringologi.
Penyakit THT ada beberapa jenis, yang perlu buat Anda ketahui. Jadi mungkin beberapa terdapat yang nir umum yang terdengar pada indera pendengaran Anda, tetapi ini semua terdapat. 

Berbeda jenis penyakit THT maka tidak sinkron jua penyebabnya, dan tentu cara menyembuhkan yg harus dilakukan pun pula tentu ikut tidak sinkron. Kami sebelumnya pula telah membahas pada artikel mengenai macam-macam penyakit dalam telinga, namun mungkin pada sini kami akan menambahkan beberapa yang sekiranya belum tertera dalam berita tadi, sebagai akibatnya mampu menambah wawasan Anda. Anda pun sanggup ikut berjaga-jaga jika ada sanak saudara atau teman yang terkena beberapa jenis penyakit ini. Mari baca selengkapnya.

B. Jenis-jenis THT

Beberapa jenis THT  yaitu sebagai berikut:
1. Sinusitis
Sinusitis adalah sebuah kondisi peradangan yg terjadi di sinus. Peradangan ini diakibatkan oleh infeksi virus maupun alergi, infeksi jamur & bakteri jua sanggup sebagai faktor penyebabnya. Sinusitis dapat terjadi ke galat satu menurut 4 sinus yg dimiliki manusia, adapun keempat sinus tadi yakni etmoidalis, maksilaris, sfenoidalis, dan frontalis. Penyakit THT sinusitis ini dapat bersifat akut, menggunakan ciri berlangsung pada tiga minggu, sanggup pula kurang. Juga dapat bersifat kronis, dengan ciri berlangsung pada 3 hingga 8 minggu lamanya, namun sanggup jua berlanjut terus hingga dengan berbulan-bulan, tak hanya itu bahkan ada yg hingga bertahun-tahun lamanya.

2. Contact Ulcers
Contact Ulsers yaitu luka yang berdampak pada munculnya rasa sakit pada selaput lendir yang membungkus kartilago yaitu tulang rawan.

Untuk mengatasi Contact Ulcers penderita diwajibkan buat istirahat berbicara, berbicara seperlunya saja, buat saat minimal 6 minggu lamanya. Agar penyakit ini pergi jauh dan tidak kembali lagi, si penderita mesti memahami tingkat batas suaranya, serta belajar untuk menyesuaikan suara yang tercipta. Terapi suara juga merupakan salah  satu alternatif yang dapat dilakukan. Apabila hasil rontgen menampakan masih ada refluks asam lambung, maka perlu diberikan antasid maupun obat buat anti-ulkus, misalnya penghambat histamin. Selain itu penderita jua wajib  tidur posisi ketua yang lebih tinggi.

3. Faringitis
Faringitis nama kata awamnya Anda kenal dengan radang tenggorokan. Radang tenggorokan adalah suatu peradangan yang terjadi di faring (Tenggorokan). Cara pengobatan buat penyakit THT yg satu ini yaitu dengan obat analgetik buat pereda nyeri yg terjadi pada tenggorokan penderita, ada juga obat hisap maupun obat kumur memakai larutan garam hangat atau obat kumur yg dibeli di apotik. 

4. Kanker leher Metastatik
Penyakit THT kanker leher Metastatik dapat dibilang adalah penyakit yang relatif berfokus. Ini merupakan syarat terjadinya kanker leher pada seseorang karena penyebaran berdasarkan kanker dalam bagian tubuh yang lain, jadi sumber utama kanker bukan pada tenggorokan. 

Cara pengobatan bila sel kanker terdapat dalam bagian dalam kelenjar getah bening, termasuk bila sel kanker tak sanggup ditemukan, perlu dilakukan prosedur terapi penyinaran pada tonsil, faring, kedua sisi leher & dasar pengecap penderita penyakit kanker leher Metastatik ini. Juga akan dilakukan pengangkatan kelenjar getah bening dan jaringan lain pada daerah tersebut yang telah terjangkit sel kanker, menggunakan tujuan agar sel kanker tidak makin menyebar lantaran bisa berbahaya. Sekian artikel tentang penyakit THT, semoga lekas sehat.
Terimakasih telah membaca artikel berjudul Pengertian dan Jenis-jenis THT

Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 10/22/2017

0 komentar Pengertian dan Jenis-jenis THT

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak