KOMUNIKASI BISNIS

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang

Manusia merupakan makhluk sosial yang harus berinteraksi dengan sesamanya dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk dapat saling berinteraksi satu dengan yang lainnya, manusia perlu menggunakan suatu proses penyampaian informasi yang disebut proses komunikasi. Sebagai pembahasan lanjutan, makalah ini juga akan mengupas penggunaan komunikasi oleh manusia dalam berbisnis, yang popular disebut komunikasi bisnis.

Pada dasarnya, komunikasi yang dilakukan haruslah komunikasi yang efektif. Suatu proses komunikasi dapat dikatakan komunikasi yang efektif apabila informasi yang disampaikan oleh sumber (komunikator) tidak hanya menambah imu pengetahuan si penerima (komunikan), namun juga memberi efek/pengaruh bahkan ia sudah mau melakukan apa yang dikehendaki komunikator tersebut.
Untuk dapat melakukan komunikasi yang efektif diatas, kita harus mengetahui dengan jelas apa yang dimaksud dengan komunikasi, bentuk dasar komunikasi, proses komunikasi, unsur-unsur komunikasi serta apa itu komunikasi bisnis.
B.    Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang akan memberikan batasan terkait pembahasan judul makalah ini yaitu:
1.       Apakah yang dimaksud komunikasi bisnis?
2.      Apa unsur-unsur komunikasi bisnis?
3.      Apa tujuan dan manfaat komunikasi bisnis?

C.     Tujuan
Makalah ini disusun dengan tujuan untuk memenuhi tugas sebagai salah satu kategori penilaian mata kuliah Komunikasi Bisnis. Selain itu, juga bertujuan agar penyusun dan pembaca dapat memahami komunikasi (bisnis) dengan baik, sehingga mampu melakukan komunikasi yang efektif dalam berinteraksi sehari-harinya dengan teman sesama mahasiswa, dosen, maupun masyarakat luas.
BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Komunikasi Bisnis
Berikut adalah beberapa pengertian komunikasi bisnis yang diambil dari beberapa sumber :
Komunikasi bisnis adalah setiap komunikasi yang digunakan untuk membangun partnerships, sumber daya intelektual, untuk mempromosikan satu gagasan; suatu produk; servis; atau suatu organisasi, dengan sasaran untuk menciptakan nilai bagi bisnis yang dijalankan. Komunikasi Bisnis meliputi pengetahuan yang menyeluruh dari sisi internal dan eksternal bisnis tersebut. Komunikasi yang internal termasuk komunikasi visi (perseroan/perusahaan), strategi, rencana-rencana, kultur/budaya perusahaan, nilai-nilai dan prinsip dasar yang terdapat di perusahaan, motivasi karyawan, serta gagasan-gagasan, dll. Komunikasi eksternal termasuk merek, pemasaran, iklan, hubungan pelanggan, humas, hubungan-hubungan media, negosiasi-negosiasi bisnis, dll. Bagaimanapun bentuknya, semua hal tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu menciptakan suatu nilai bisnis (create business value).
Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi baik komunikasi verbal maupun nonverbal. 
Komunikasi bisnis berbeda dengan komunikasi antar pribadi maupun komunikasi lintas budaya. Komunikasi antar pribadi (interpersonal communications) merupakan bentuk komunikasi yang lazim dijumpai dalam kehidupan sehari-hariantara dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan komunikasi lintas budaya (intercultural/communication) merupakan bentuk komunikasi yang dilakukan antara dua orang atau lebih, yang masing-masing memiliki budaya yang berbeda.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Komunikasi Bisnis adalah suatu proses pertukaran pesan atau informasi untuk mencapai efektivitas dan efisiensi produk kerja di dalam struktur dan sistem organisasi. Dalam kegiatan komunikasi bisnis, pesan hendaknya tidak hanya sekedar informatif tetapi juga haruslah Persuasif, agar pihak lain bersedia menerima suatu paham atau keyakinan atau melakukan suatu perbuatan atau kegiatan.
B.    Unsur-unsur Komunikasi Bisnis

Dalam komunikasi bisnis terdapat enam unsur pokok, yaitu:
1.       Memiliki tujuan, artinya komunikasi bisnis harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan tujuan organisasi
2.      Pertukaran, dalam hal ini melibatkan paling tidak dua orang atau lbih yakni komunikator dan komunikan.
3.      Gagasan, opini, informasi, instruksi merupakan isi dari pesan yang bentuknya beragam tergantung tujuan, situasi, dan kondisinya.
4.      Menggunakan saluran personal atau impersonal yang mungkin bersifat tatap muka, menggunakan media tertentu atau melalui media yang menjangkau jutaan orang secara bersamaan.
5.      Meggunakan simbol atau sinyal yang merupakan alat atau metode yang dapat dimengerti atau dipahami oleh penerima untuk menyampaikan pesan.
6.      Pencapaian tujuan organisasi: salah satu karakteristik yang membedakan organisasi atau lembaga formal dari informasi adalah adanya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.

C.    Tujuan dan Manfaat Komunikasi Bisnis
1.      Tujuan Komunikasi Bisnis
Secara umum, ada tiga tujuan komunikasi bisnis yaitu; memberi informasi (Informing) persuasi (persuading) dan melakukan kolaborasi, (collaborating) dengan audiens (pelanggan).
a.     Memberi Informasi
Tujuan pertama dalam komunikasi bisnis adalah memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia bisnis kepada pihak lain, contoh seorang pemimpin perusahaan ingin mendapatkan pegawai yang diharapkan, maka Dia memasang iklan melalui mass media, memasang websitus/situs di jalur internet, dalam hal ini setiap media mempunyai kelebihan dan kekurangan dilihat dari jangkauan dan biayanya, untuk itu harus memilih media mana yang akan dipilih. 
Dan itu tergantung pada kebijakan perusahaan dengan melihat kemampuan internal perusahaan tersebut. Contoh yang lain misalnya sebuah Departemen Store memasang tulisan discotn besar-besaran pada produknya.
b.     Memberi Persuasi
Tujuan kedua komunikasi bisnis adalah memberikan persuasi kepada pihak lain agar apa yang disampaikan dapat dipahami dengan baik dan benar, hal ini sering dilakukan terutama yang berkaitan dengan penegasan konfi rmasi pesanan pelanggan atau negoisasi dengan pelanggan, agar kedua pihak memperoleh manfaat secara bersama-sama tanpa ada yang merasa dirugikan.
c.     Melakukan Kolaborasi
Tujuan ketiga dalam komunikasi bisnis adalah melakukan kolaborasi, atau kerja sama bisnis antara seseorang dengan orang lain, melalui jalinan komunikasi bisnis tersebut seseorang dapat dengan mudah melakukan kerja sama bisnis, saat sekarang seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi komunikasi maka seseorang dapat menggunakan berbagai media telekomunikasi seperti telpon, faksimile, telpon seluler, internet surat elektronik, teleconference. Teknologi komunikasi tersebut sangat penting artinya dalam pererat kerja sama bisnis.
2.     Manfaat Komunikasi Bisnis
Dalam melakkan komunikasi bisnis, terdapat 2 manfaat secara umum yang dapat diperoleh. 2 manfaat tersebut adalah:
a.      Manfaat Eksternal
Komunikasi bisnis dengan pihak ketiga yang efektif membawa dampak positif  dalam keberhasilan usaha bisnis dan upaya membangun citra perusahaan di mata masyarakat. Contohnya: laporan, brosur dan presentasi bisnis yang disusun secara profesional dapat meningkatkan citra perusahaan.
Komunikasi bisnis yang tidak efektif yaitu sangat mahal biayanya, menurunkan cita perusahaan, memboroskan jam kerja dan menjauhkan pelanggan.
b.      Manfaat Internal
Kemampuan berkomunikasi secara efektif menunjang karir eksekutif perusahaan. Delapan  hal yang menjadi pertimbangan mempromosikan jenjang karir eksekutif:
1.       Kemampuan bekerja keras
2.      Kemampuan manajemen
3.      Kepercayaan diri
4.      Kemempuan mengambil keputusan yang sehat
5.      Latar belakang akademis
6.      Mempunyai ambisi untuk maju
7.      Kemampuan berkomunikasi secara efektif
8.     Berpenampilan menarik



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KOMUNIKASI BISNIS"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak