PANDUAN LENGKAP NGEBLOG

PANDUAN LENGKAP NGEBLOG

BAB I
PENDAHULUAN
     A.    Latar BelakangSejalan dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi informasi serta komunikasi semakin canggih. Untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi tersebut anda tidak akan mengalami kesulitan lagi, karena semua itu dapat dicari melalui media internet, yang
PANDUAN LENGKAP NGEBLOGsekarang dikenal dengan sebutan om google. Salah satu alamat situs yang dipopulerkan oleh om google yaitu situs yang kita kenal yaitu aplikasi blog atau weblog. Melalui blog ini kita dapat membuat sebuah data-data, informasi, pengetahuan, bahkan hal-hal yang sifatnya promosi dengan cara mempostingnya (memasukkan data tersebut) maka data anda dapat diambil oleh orang lain atau pengunjung yang berkaitan (membutuhkan) informasi yang sudah anda posting.

Kita sebagai mahasiswa, jangan hanya bisa mengambil informasi dan mengomentari blog orang lain saja. Akan tetapi kita juga harus mampu membuat blog agar orang lain juga dapat berkunjung ke blog anda. Selain melatih anda membuat blog yang menarik juga proses berpikir dan mecari pengetahuan serta mengembangkan pengetahuan yang telah anda miliki.
Bagaimana cara pembuatan blog yang praktis dan mengalami pengembangan agar mudah di buat dan menarik untuk dibaca?   Di dalam makalah ini akan jelaskan mengenai tutorial cara pembuatan blog, pengembangan blok, dan membandingkan dengan aplikasi lainnya yaitu wordpress.
Tujuan dibuatnya makalah tutorial ini, yaitu untuk memberikan informasi kepada anda agar dapat membuat blog sendiri, dapat mengembangkan blok supaya terlihat menarik, dapat mengetahui keuntungan dari blog itu sendiri, selain itu anda diharapkan dapat membandingkan blog dengan wordpress yang nanti dapat terlihat berbagai kelemahannya.
Baca juga:

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Blog dan Wordpress

       Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
Selain itu, beberapa definisi mengenai weblog yakni :
1.    Weblog atau blog merupakan teks dokumen, gambar, objek media dan data yang tersusun secara hierarkis dan menurut kronologi tertentu yang dapat dilihat melalui bowser internet (misalnya internet explorer).
2.    Blog merupakan publikasi secara periodik dan tetap mengenai pemikiran personal seseorang dan juga link web.
3.    Blog adalah jurnal yang disediakan pada sebuah web. Aktivitas meng-update sebuah blog dinamakan “blogging”. Seseorang yang mengelola blog disebut “blogger”.
4.    Blog adalah suatu perjalanan yang berkesinambungan, dengan panduan logika yang berkelanjutan dan konsisten. Topik dan pembahasan di dalam sebuah blog biasanya konsisten pada topik utama, misalnya politik, sastra, musik dan sebagainya.
5.    Blog adalah jurnal yang disediakan pada web. Blog dapat di-update setiap hari dengan suatu aplikasi yang disediakan oleh penyedia. Tidak dibutuhkan suatu keahlian khusus untuk melakukan update atau mengelola blog. Posting dalam blog tersusun secara teratur sesuai kriteria tertentu, biasanya dengan pengaturan urutan tanggal.
 Web ini mampu memuat tulisan- tulisan, gambar atau sering dikenal dengan istilah posting. Posting di blog artinya kita mengisi blog kita dengan tulisan ataupun gambar yang bersifat informasi, hiburan, penawaran bisnis, iklan, dan banyak lagi.
Para pembuat blog dinamakan Blogger. Melalui Blognya, kepribadian Blogger menjadi mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, tanggapan terhadap link-link yang di pilih dan isu-isu didalamnya. Oleh karena itu Blog bersifat sangat personal.
Secara umum blog memiliki fitur utama, yaitu: arsip dan kotak komentar. Situs layanan penyedia blog gratis saat ini begitu banyak diantaranya: blogger.com, wordpress.com, friendster.com, xanga.com, blogdrive.com, blogsome.com, wordpress.com, multiply.com, myspace.com dan lain-lain. Diantara sekian banyak penyedia layanan blog, blogger.com, merupakan penyedia layanan blog yang populer. Jika Anda membuat blog dengan blogger.com, maka alamat url blog Anda nantinya adalah:http://terserahanda.blogspot.com.

B.     Sejarah Munculnya Blog

Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman "What’s New" pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Kalau kita masih ingat, Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape.
Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya "Justin’s Home Page" yang kemudian berubah menjadi "Links from the Underground" yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang. Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri. Weblog di populerkan oleh blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab yang kemudian diambil oleh om Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu banyak terdapat aplikasi – aplikasi yang diperuntukkan terhadap perkembangan para penulis blog.
Namun saat ini, kita tidak perlu menjadi seorang programmer untuk menjadi seorang Blogger, karena kita dapat menampilkan seluruh isi dalam web dengan mudah melalui menu editor yang telah disediakan.

C.    Berbagai Keuntungan dari Aplikasi Weblog/ Blog

Keuntungan dari penggunaan Weblog antara lain:
1.       Melalui weblog,kita dapat memperluas hubungan teman/ kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar.
2.       Weblog melebihi surat elektronik (Email), karena satu posting blog yang anda bahas, dapat dibaca oleh pengunjung blog yang tak terbatas. Beda dengan email yang hanya bisa dibaca oleh orang yang kita kirimkan. Selain itu, pengunjung blog juga dengan cepat dapat memberikan respon terhadap posting blog melalui komentar yang dapat langsung dituliskan di blog tersebut.
3.       Weblog bisa dijadikan media publikasi, media iklan, penawaran bisnis perusahaan, catatan harian dll. Sebagian besar blog dipelihara oleh seorang penulis, namun ada juga yang dikerjakan oleh sebuah tim.
Ø  Keuntungan lainnya yaitu:
•      Mudah di buat
•      Cocok untuk semua user
•      Bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan pada tiap profesi
•      Send of purpose; blog dibuat sesuai tujuan dan kebutuhan
•      Melatih berpikir, menyampaikan pendapat, pengalaman, dan menulis.
•      Sarana edukasi dan pemberdayaan
•      Saling berbagi ekspresi dan informasi secara tertulis.
•      Membentuk komunitas blogger
•      Berdiskusi mengenai blog dan permasalahannya
•      Media komunikasi baru di internet yang populer.
•      Gratis
Berikut ini beberapa blog yang cukup populer, yaitu :
a.        Blogspot atau blogger yang merupakan penyedia blog paling laris saat ini karena bisa dimodifikasi seperti web yang berbayar. Namun anda harus bersabar karena membutuhkan banyak latihan.
b.      Wordpress keungulanya tampilannya begitu buat langsung bagus namun tidak dapat dipasangi iklan. dan kurang suport untuk mesin pencari seperti google.
c.       Multiply merupakan blog situs jejaring social

D.    Cara Pembuatan Blog/Blogspot atau Weblog

Sebelum anda membuat blog, terlebih dahulu anda harus mempunyai alamat e-mail. Baik dari gmail.com ataupun yahoo.com. Mengenai kata emai ini mungkin sudah tidak asing algi terdengar, akan tetapi tidak sedikit pula orang yang belum tahu cara pembuatan email bahkan mungkin ada orang yang belum tahu apa itu email. Untuk itu, kami memaparkan terlebih dahulu mengenai cara pembuatan email lewat gmai.com.

a.       Cara Membuat Account e-mail di Gmail

1.      Masuk ke www.gmail.com
2.      Pilih Signup ke Gmail untuk mendaftar, kemudian isi formulir dengan lengkap
3.      Jika sudah selesai mengisi formulir, silakan klik tombol “saya menerima, buat akunku”
4.      Jika Muncul tampilan seperti di bawah ini, berarti anda sudah berhasil membuat e-mail.
5.      Untuk meyakinkan bahwa anda sudah membuat e-mail, klik link saya siap, tampilkan account saya.
6.      Silakan Sign Out kalau sudah selesai melihat e-mail.

b.      Cara Membuat Blogspot/ Weblog

          Setelah anda memiliki account email, maka anda tinggal melanjutkan untuk membuat blog. Berikut langkah-langkah pembuatan blog dengan blogger.com:
1.        Ketikkan alamat url blogger di www.blogger.com
2.       Klik CREATE YOUR BLOG NOW, kemudian Anda isikan data-data pada kolom yang disediakan.
3.       Setelah itu klik CONTINU, dan beri nama blog Anda
4.       Klik CONTINU untuk melanjutkan pemilihan template. Klik template yang sesuai dengan keinginan Anda. Template yang disediakan pada langkah ini merupakan template standar. Anda dapat mengganti dengan template yang lebih menarik pada situs-situs penyedia template gratis untuk blogger.com atau dengan template buatan Anda sendiri.
5.       Klik CONTINU dan jika berhasil maka akan ditampilkan pernyataan bahwa blog sudah berhasil dibuat.
6.       Klik START POSTING, jika Anda ingin mencoba untuk posting pertama kali
7.       Jika Anda sudah menuliskan posting, maka lanjutkan langkah Anda dengan mengeklik PUBLISH POST
8.       Jika Anda ingin mengedit posting Anda, maka Anda pilih Edit post, namun jika Anda sudah yakin dengan posting yang baru saja dibuat Anda dapat melihat preview blog Anda dengan mengeklik View Blog atau in a new window

c.       Pengembangan Blog

Berikut langkah-langkah untuk mengembangkan blog Anda, agar blog Anda menjadi lebih menarik dan dinamis.
1.       DASHBOARD. Dashboard merupakan halaman utama pada blog yang digunakan untuk meletakkan fitur-fitur pengaturan blog. Menu dashboard terletak di kanan atas halaman blog Anda.
2.       Create a Blog _ membuat blog baru, sehingga dengan fitur ini Anda dapat membuat banyak blog dengan hanya 1 login (account)
3.       View Blog _ melihat preview blog Anda
4.        New Post _ membuat posting baru
5.       Manage Posts _ mengatur posting (edit/hapus posting)
6.       Setting _ pengaturan blog
7.        Layout _ mengganti template, ukuran dan warna huruf, edit HTML
8.       Edit Profile _ mengubah profil Anda
9.       My Account _ pengaturan account blog Anda
10.   LAYOUT, Merupakan fitur yang digunakan untuk menambah elemen-elemen halaman blog (html, polling, kalender, slide show dan lain-lain), pengaturan font-color, edit html dan menganti template baru yang disediakan blogger.
11.   PAGE ELEMENT
12.   Edit (header) _ mengatur header (bagian atas blog/banner). Pada fitur ini Anda dapat mengganti gambar header sesuai dengan keinginan Anda. Caranya dengan upload dari hardisk komputer/flashdisk/media lainnya. Selain itu Anda dapat menambahkan deskripsi blog Anda. Jangan lupa untuk mengeklik SAVE CHANGES, jika Anda melakukan perubahan pada header
13.   Add a Page Elements, merupakan fitur yang digunakan untuk menambah elemenelemen blog, misalnya slideshow, poll, list, link list dan lain-lain. Saya percaya Anda dapat meng-explore bagian-bagian ini dengan mudah
14.   Dari sekian elemen yang dapat ditambahkan pada halaman blog, elemenHTML/JavaScript merupakan elemen terpenting untuk membuat blog Anda menjadi lebih menarik. Pada elemen ini Anda dapat menambahkan kode-kode HTML atau Javascipt yang diperoleh dari situs-situs penyedia elemen blog, misalnya Anda dapat menambahakan kode HTML shoutbox (kotak komentar) dari oggix.com atau menambahkan counter dari statcounter.com dan lain-lain. (daftar situs penyedia elemen blog gratis terdapat pada akhir tutorial ini).
15.   Mengganti Template dari situs lain, Seperti yang disebutkan di atas, bahwa Anda dapat mengganti template blog Anda dengan template seperti yang disediakan finalsense.com atau dengan template buatan Anda sendiri. Dari situs penyedia template gratis, Anda akan mendapatkan kode-kode HTML yang dapat Anda copy, kemudian paste ke menu Edit HTML pada bagian Layout. Hal penting yang perlu Anda lakukan ketika Anda melakukan perubahan template dengan menu Edit HTML adalah bahwa Anda harusmembackup kode-kode HTML yang asli. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi bila kode HTML yang Anda peroleh error atau tidak berfungsi. Selain itu Anda harus mengaktifkan Expand Widget Templates dengan memberi tanda check pada kotak yang disediakan.

d.      Cara Membuat Wordpress

Setelah menjelaskan cara membuat blog menggunaakan self-hosting, kami akan membuat postingan tentang Cara Membuat Blog WordPress.Com. WordPress.Com merupakan salah satu layanan yang menyediakan blog gratis bagi penggunanya. Walaupun gratis, blog WordPress.Com tak kalah dengan WordPress self-hosting. Anda tidak perlu pusing-pusing membayar registrar (penyedia jasa layanan domain dan hosting) untuk memperpanjang kontrak domain dan hosting. Selain itu Anda juga dapat mengganti default domain name blog wordpress.com menjadi custom domain.
Yang harus ada sebelum memulai membuat blog di WordPress.com ini adalah email. Jika Anda belum punya, silahkan membuat email terlebih dahulu. Saya asumsikan Anda sudah mempunyai email, ikuti langkah-langkah/cara berikut untuk membuat blog wordpress.com:
1.       Jalankan browser Anda kemudian buka http://www.wordpress.com. Tunggu hingga muncul tampilan awal WordPress.com.
2.       Klik Get Started Here
3.        Isi formulir yang telah tersedia, kemudian klik Create Blog.
4.       Selanjutnya Anda diminta untuk melakukan aktivasi blog dengan cara mengeklik link yang dikirimkan ke email Anda.
5.       Klik link yang ada di pesan email Anda.
6.       Setelah Anda klik link tersebut maka Anda akan langsung menuju halaman dashboard. Ini artinya akun Anda telah aktif dan blog Anda telah jadi.
7.       Selesai.

E.     Perbedaan Antara Blogspot dengan Wordpress
Perbedaan antara wordpress dan blogspot adalah blogspot memiliki satu kelebihan yang dimana ia mempunyai support untuk pemasangan iklan Adsense namun tidak dengan wordpress, bahkan blogspot menyediakan sebuah widged khusus untuk menggunakan Adsense (note: untuk iklan yang akan tampil dalam blog berbahasa indonesia adalah iklan dari PSA).
Selain itu ada beberapa hal yang membedakan yaitu:
WordPress dapat mengimport sebuah/banyak postingan yang ada/tertanam blog yang menggunakan engine Blogspot, namun sebaliknya blogspot tidah dapat mengimport postingan yang ada pada WordPress. Secara khusus jika anda membuat blog dengan selfhost maka Kamu akan mendapatkan bahwa software WordPress telah tersedia dan siap di install di cpanel Kamu. Sedangkan blogspot tidak tersedia disana. WordPress menyediakan plugin-plugin yang memudahkan penggunanya untuk mengoptimalisasikan blog wordpress yang dimilikinya. Halaman dasbor wordpress lebih easy eye cacth dibanding dengan blogspot Untuk custom domain atau domain berbayar, Blogspot pasti lebih unggul dari segi biaya, karena tanpa harus membeli paket hosting, pengguna Blogspot dapat melakukan custom domain dengan tetap menggunakan Blogspot sebagai media servernya. Sedangkan WordPress, kita wajib membeli paket hosting + domain  Fitur di blogspot lebih user friendly, contohnya seperti fitur edit theme yang berfungsi untuk memudahkan user untuk mengedit template dari web blogspot tersebut.
Blogspot memberikan full access untuk penggunaannya meskipun Kamu menggunakannya secara cuma-cuma atau geratis, sedangkan wordpress harus bayar terlebih dahulu untuk mendapatkan itu semua.Blogspot lebih cocok bagi pemula yang ingin membuat blog secara gratis namun ingin memiliki kuasa penuh atas blognya dan juga ingin mencoba bermain adsense.

BAB III
PENUTUP
A.    Simpulan
     Weblog atau blog merupakan teks dokumen, gambar, objek media dan data yang tersusun secara hierarkis dan menurut kronologi tertentu yang dapat dilihat melalui bowser internet (misalnya internet explorer). Secara umum blog memiliki fitur utama, yaitu: arsip dan kotak komentar. Situs layanan penyedia blog gratis saat ini begitu banyak diantaranya: blogger.com, wordpress.com, friendster.com, xanga.com, blogdrive.com, blogsome.com, wordpress.com, multiply.com, myspace.com. WordPress.Com merupakan salah satu layanan yang menyediakan blog gratis bagi penggunanya. Walaupun gratis, blog WordPress.Com tak kalah dengan WordPress self-hosting. 
Perbedaan antara wordpress dan blogspot adalah blogspot memiliki satu kelebihan yang dimana ia mempunyai support untuk pemasangan iklan Adsense namun tidak denganwordpress, bahkan blogspot menyediakan sebuah widged khusus untuk menggunakan Adsense (note: untuk iklan yang akan tampil dalam blog berbahasa indonesia adalah iklan dari PSA).

B.     Saran
        Di zaman sekarang apabila masih belum mengenal blog rasanya sudah ketinggalan, untuk itu diharapkan dengan adanya makalah tentang blog dan wordpress ini, mudah-mudah dapat dijadikan sebagai bahan acuan atau tutorial bagi pembaca dalam mempelajari blog dan wordpresss.   Setelah anda membaca makalah kami ini yang berjudul PANDUAN LENGKAP NGEBLOG alangkah lebih baik agar lebih memahami, maka anda langsung mencoba membuat blog dan wordpress sesuai langkah-langkah yang telah dijelaskan, sehingga mengenai perbedaannya anda bisa menjelaskan dan merasakan sendiri keuntungan dari aplikasi ini.


DAFTAR PUSTAKA

Kindarto, Asdani.2005.Tip Mudah Membuat Blog Bergaya dan Interaktf.Yogyakarta: Penerbit Andi

 http://eriskiswana18.blogspot.co.id/2012/03/makalah-cara-membuat-blog.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PANDUAN LENGKAP NGEBLOG"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak