Home » » PANDUAN LENGKAP MEMBUAT WEBSITE

PANDUAN LENGKAP MEMBUAT WEBSITE

PANDUAN LENGKAP MEMBUAT WEBSITE


BAB I
PENDAHULUAN
     A.    Latar Belakang
       Dalam membuat sebuah website ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum Anda memulainya.
PANDUAN LENGKAP MEMBUAT WEBSITEPertama, Anda bisa mengajukan sebuah pertanyaan kepada diri Anda sendiri yaitu “Apa tujuan Saya membuat website?” dengan menjawab pertanyaan tersebut dapat mengarahkan pikiran Anda untuk menentukan
dan menjawab pertanyaan selanjutnya yaitu,Website seperti apa yang akan saya buat untuk mencapai tujuan tersebut dan bagaimana cara membuat websitenya.” Mengapa dimulai
dengan mengajukan pertanyaan tersebut? Karena diharapkan nantinya website yang kita buat sesuai dengan yang kita inginkan dan bisa membawa kita mencapai tujuan yang kita inginkan dalam membuat websiteJangan sampai website sudah selesai Anda buat tetapi website yang Anda buat tidak sesuai dan tidak bisa menjadi media atau sarana untuk mencapai tujuan Anda.
Baca juga:
Perlu Anda ketahui, jenis website itu bermacam-macam, ada yang hanya satu halaman sederhana saja seperti website ini, ada yang memuat beberapa halaman seperti website perusahaan, ada yang menggunakan sistem blog dan sering disebut juga blog atau weblog (website blog), ada yang menggunakan sistem CMS (Content Management System) seperti joomla, ada yang berupa forum diskusi, ada yang berupa website iklan baris, ada yang berupa website toko online dan ada yang lebih kompleks lagi seperti website komunitas friendster. Anda perlu memulainya dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut sebelum Anda membuat website. Sehingga nanti Anda bisa memutuskan website seperti apa yang paling cocok dan sesuai untuk mencapai tujuan Anda. Karena masing-masing jenis website yang saya sampaikan diatas memiliki fungsi yang berbeda-beda.
Contoh bila Anda ingin menjual berbagai macam produk, Anda membuat website toko online; bila Anda ingin menjual satu jenis produk saja bisa dengan satu halaman sederhana saja atau lengkap dengan menggunakan sistem pemesanannya; bila Anda ingin membuat website portal Anda bisa menggunakan Joomla; bila Anda ingin membangun branding dan mempublikasikan artikel bisa menggunakan blog; dan lain-lainnya. Jadi bisa saya rangkumkan 3 pertanyaan tersebut yaitu:
1.      Apa tujuan Saya membuat website?
2.      Website seperti apa yang akan saya buat untuk mencapai tujuan tersebut?
3.      Bagaimana cara membuat website tersebut?

Tuliskanlah jawaban tersebut dalam selembar kertas, dan jabarkanlah sedetail mungkin, bila perlu Anda bisa membuat sketsa website yang Anda inginkan atau bila Anda tidak memiliki gambaran sama sekali, Anda bisa googling (search) di internet untuk melihat-lihat website-website yang sudah ada.
Anda googling dengan topik tertentu sesuai dengan website seperti apa yang akan Anda buat, sehingga Anda bisa mengecek website-website lainnya menggunakan software website jenis seperti apa? Anda bisa menirunya, meniru BUKAN berarti Anda mengcopy isinya, tapi Anda meniru jenis websitenya (software website yang digunakan untuk membuat website tersebut). Karena membuat website saat ini sangat mudah, yaitu menggunakan software website, jadi Anda tidak perlu membuat web dari nol (dari dasar).
Setelah Anda memilih jenis website, bisa Anda pelajari dan telusuri, apakah ada software website yang tersedia untuk membuat jenis website tersebut. Saat ini banyak software website yang sudah jadi, dan tinggal Anda gunakan.
Anda tidak perlu membuatnya dari dasar (awal) dan tidak perlu paham mengenai programming. Anda tinggal menginstalnya dan memasukkan data-data untuk website Anda.
Tentunya Anda harus mengikuti lisensi penggunaan software website tersebut, karena ada yang menjualnya dan ada juga yang menyediakannya secara open source yang bisa digunakan secara gratis dengan syarat tertentu. Syarat penggunaan pada umumnya yaitu Anda diharuskan tetap mencantumkan link ke pembuat software tersebut. Dan pada tahap pertama ini, Anda harus sudah menentukan tujuan Anda dalam website dan website seperti apa yang Anda inginkan

BAB II
PEMBAHASAN

A.      Persiapan Belajar Membuat Website / Buat Web

Untuk membuat website ada 3 bagian utama yang perlu Anda pahami yaitu:
1.      Domain
2.      Hosting
3.      Softwere Website

B.1   Domain

Domain adalah nama atau alamat dari sebuah website. Di Internet, setiap orang harus mengetikkan sebuah nama domain untuk bisa membuka dan membaca isi dari sebuah website. Dalam hal ini, peranan pemilihan nama domain cukup penting untuk membedakan website Anda dengan website orang lain.
Domain ini terdiri dari nama domain dan extension. Contoh blogbisnisinternet.com, blogbisnisinternet adalah nama domain dan .com adalah extensionnya. Extension biasanya mewakili untuk kategori tertentu seperti .com untuk keperlukan komersial, .net untuk keperluan jaringan, .org untuk keperluan website nonkomersial, dan lain-lainnya.
Extension bermacam-macam, bisa berupa TLD (Top Level Domain) seperti .com, .net, .org atau ada juga yang berupa cTLD (country Top Level Domain) seperti .co.id, .co.cc dimana id mewakili domain negera Indonesia.
Untuk memilih nama domain Anda bisa menggunakan website yang menyediakan jasa registrasi nama domain atau dengan menggunakan software domain tools untuk membantu memilih nama domain untuk website Anda.
Bila Anda mengunakan website yang menyediakan jasa registrasi nama domain, contohnya domainhostingmurah.net, Anda tinggal masukkan nama domain yang Anda sukai untuk mengecek apakah masih tersedia atau tidak .
Anda buka http://www.domainhostingmurah.net dan masukkan nama doman dan extension yang Anda pilih.Bila masih tersedia, Anda bisa melakukan registrasi nama domain tersebut. Usahakan untuk memilih nama domain dengan extension .com karena lebih umum dan lebih banyak dikenal orang. Registrasi domain ini akan dilakukan pertahun, setahun sekali Anda harus membayar biaya registrasi domain tersebut bila Anda ingin tetap memiliki dan menggunakannya. Dan bila Anda tidak melakukan perpanjangan registrasi untuk tahun berikutnya, maka setelah domain Anda expired, domain tersebut akan terbuka kembali untuk umum sehingga orang lain bisa mendaftarkan dan menggunakannya.
Bila Anda tidak memiliki bayangan untuk nama domain Anda, Anda bisa menggunakan domain tools untuk membantu Anda memberikan saran nama domain yang bisa Anda gunakan. Anda buka http://domaintools.com dan pilih Tabs "Suggestions". Dan masukkan kata-kata yang akan Anda gunakan dalam nama domain Anda. Anda bisa memasukan lebih dari satu kata dan dipisahkan dengan tanda (,).
Dan dari domaintools.com ini, Anda bisa menggunakan fasilitas lainnya seputar domain.
Tips dalam memilih nama domain antara lain:
1.     Pilih nama domain yang simpel dan mudah diingat
2.     Pilih nama domain yang sesuai dengan mewakili isi dan tujuan dari website Anda, untuk mempermudah orang mengingat nama domain atau alamat website Anda nantinya.
3.     Bila Anda menggunakan nama domain yang panjang, usahakan menggunakan nama domain yang berisi kata-kata yang umum, sehingga menghidari untuk kesalahan dalam menuliskan nama domain.
4.     Anda bisa menggunakan tanda (-) bila Anda mau.
5.     Usahakan pilih domain .com
6.     Anda bisa mengikut sertakan keyword dalam nama domain Anda untuk membantu proses SEO (search engine optimization), agar website Anda tampil di search engine dengan posisi lebih atas.
Pada langkah ini, Anda sudah mendapatkan nama domain untuk website Anda.

       B.2 Hosting

        Hosting adalah tempat Anda meletakkan file-file website Anda di sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet. Jadi agar website Anda bisa ditampilkan, maka file-file website perlu Anda simpan di sebuah server hosting. Anda perlu membeli paket hosting. Harga dari sebuah paket hosting bermacam-macam, tergantung fasilitas yang diberikan. Anda bisa membeli paket hosting di luar negeri maupun di Indonesia.
Dalam memilih paket Hosting, Anda beberapa hal yang perlu diperhatian yaitu:
1.      Sistem Server yang digunakan apakah Linux atau Windows. Hal ini akan menentukan software dan bahasa pemograman website yang bisa digunakan. Kebanyakan orang menggunakan Linux. Anda pilih Linux saja.
2.      Besaran Disk Space yang diberikan. Disk Space adalah kapasitas pada server hosting yang diberikan untuk Anda, untuk menyimpan file-file website Anda. Seperti besaran space untuk menyimpan file Anda di komputer Anda. Tentunya pilihan terbaik adalah paket hosting yang memberikan Disk Space yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
3.      Besaran Bandwidth yang diberikan. Bandwidth adalah kapasitas akses perbulan yang diberikan untuk mengakses website Anda. Setiap orang yang membuka website atau mendownload file dari website Anda agar bisa ditampilkan pada browser firefox atau internet explorer-nya akan mendownload file Anda, hal tersebut akan memakan bandwidth. Dan kapasitas pemakaian bandwidth ini akan direset setiap awal bulan.
4.      Domains Allowed. Jumlah domain yang bisa digunakan dalam sebuah paket hosting. Anda bisa menggunakan 1 buah paket hosting untuk semua domain Anda bila paket hosting tersebut memberikan akses untuk itu, dan Anda juga perlu mempertimbangkan besarnya disk space maupun bandwiidth yang diberikan, apakah cukup untuk menjalankan domain-domain Anda.
5.      Jumlah Database yang diijinkan. Contoh untuk Linux, berapa banyak jumlah database MySQL yang diijinkan.
Untuk pembelian domain dan hosting ini tidak perlu Anda lakukan pada satu buah perusahaan. Anda bisa membelinya dari tempat-tempat yang berbeda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menghubungkan antara domain dan hosting ini dengan melakukan setting DNS (Domain Name Server) pada account domain Anda. Hal ini dilakukan untuk mengkoneksi domain dengan hosting. Anda bisa membeli domain dan hosting pada website berikut:
1.      Untuk pembelian di Indonesia, Anda bisa membeli melalui domainhostingmurah.net yang merupakan sebuah website waralaba dari hosting idwebhost. Pembelian melalui website waralaba lebih murah dibandingkan pembelian langsung di idwebhost, kurang lebih 8-10% dari harga. Fasilitas dan support tetap sama diberikan oleh idwebhost.
2.      Untuk pembelian di luar negeri, setiap pembelian domain dan hosting di luar negeri memerlukan pembayaran menggunakan kartu kredit atau dengan PayPal, tetapi Anda bisa mendapatkan paket unlimited domain, unlimited bandwidth, unlimited hosting, unlimited database untuk semua website Anda sehingga tidak perlu membeli hosting lagi ditempat lain. Anda bisa membandingkan harganya dan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda, bila Anda cuma memerlukan satu website saja, Anda bisa membeli domain dan hosting didomainhostingmurah.net, tetapi bila Anda berencana membuat banyak website, agar tidak membeli hosting setiap kali, akan lebih hemat dengan membeli di Hostupon.  

B.3   Software Website

Bila Anda belum tahu software website yang akan Anda gunakan, Anda bisa googling di internet, untuk melihat website-website lain yang sudah ada, dan lihat contoh website yang Anda rasa cocok sebagai website yang Anda inginkan.
Anda dapat mengecek pada website yang sudah ada tersebut, websitenya menggunakan software apa? Bila website tersebut menggunakan software website open source seperti blog wordpress, joomla, phpbb, dan lain-lainnya, tentunya Anda bisa membuat website yang sama. Tetapi harap di ingat yang Anda contoh adalah jenis websitenya, bukan mencopy tampilan, dan isi (content) websitenya, hal tersebut tidak diperbolehkan. Untuk mengetahui software website yang digunakan, bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu:
1.      Anda cek link pada website yang bersangkutan, biasanya bisa dilihat pada bagian footer-nya (bagian paling bawah dari sebuah website). Untuk website yang menggunakan software open source (gratis), Anda biasanya bisa melihat ada sebuah link pada bagian footer ke website pembuat software tersebut. Anda bisa mendownload softwarenya dan menginstall software tersebut mengikuti petunjuk manual penginstallan yang disediakan.
2.      Cara kedua, Anda bisa melihat melalui source code halaman tersebut melalui browser Anda. Biasanya ada juga petunjuk di source code halaman website tersebut.
Setelah Anda membeli domain dan hosting, dan juga memilih software website, baru selanjutnya Anda membuat website tersebut. Dan dalam contoh pembuatan website pada website belajarmembuatwebsite.com, Anda akan belajar membuat website menggunakan Blog WordPress.

B.       Belajar Membuat Website dengan Blog WordPress

Langkah-Langkah Belajar Membuat Website dengan Blog WordPress adalah:
1.      Anda login di cpanel hosting Anda, dengan alamat http://domainanda.com/cpanel. Kemudian masukkan username dan password yang diberikan oleh hosting Anda. Pada cpanel hosting Anda biasanya sudah tersedia video yang akan memandu Anda dalam menggunakan fasilitas di cpanel dengan baik. Lebih baik Anda belajar melalui video tersebut.
2.      Pada Cpanel Hosting Anda, Anda klik icon "Fantastico"
3.      Kemudian akan ditampilkan daftar software open source yang bisa digunakan. Fantastico merupakan program yang membantu proses penginstallan software dengan mudah. Hanya dengan mengisi data dan mengikuti langkah-langkah yang sudah disediakan, seperti yang akan dijelaskan dalam tutorial belajar membuat website dengan blog wordpress ini. Anda Pilih WordPress.
4.      Selanjutnya klik "New Installation".
5.      Dilanjutkan dengan mengisi data untuk tempat penginstallan blog wordpress. Bila Anda ingin menginstall blog wordpress pada directory utama di domainanda.com, Anda kosongkan kolom "Install in directory". Tetapi bila Anda ingin menginstall pada subdomain Anda, Anda masukkan nama subdomain folder yang akan digunakan.
6.      Klik "finish installation" untuk menyelesaikan proses penginstallan blog worpress.

Hasilnya:
Selanjutnya Anda dapat login ke halaman admin area website blog wordpress Anda dan mengedit isi maupun tampilan blog Anda. Untuk mengganti tampilan blog wordpress Anda, ikuti petunjuk lengkapnya pada ebook belajar membuat website dibawah ini.

Bagi Anda yang ingin mendownload materi website ini ke komputer Anda dalam ebook Belajar Membuat Website
Anda bisa memasukkan Nama dan Alamat Email Anda pada form dibawah ini. Dan saya akan kirimkan link download ke email Anda langsung dan juga mengabari Anda untuk update dan informasi lainnya.
Nama Anda :
Alamat Email :

    C.    Cara Membuat Webste melalui Weebly

1.    Pengertian Webbly

Weebly adalah sebuah sarana untuk membuat website gratis. Menggunakan format widget, memungkinkan pengguna untuk membuat halaman dengan hanya be?berapa klik, menyeret dan menjatuhkan elemen halaman yang berbeda (gambar, teks, atau konten interaktif, dll) ke halaman dan mengisi konten. Situs ini diciptakan oleh David Rusenko, Dan Veltri, dan Chris Fanini, dan semua yang menghadiri Penn State untuk gelar sarjana. Weebly pernah masuk dalam majalah Time sebagai Situs Keempat terbaik dari lima puluh situs pada tahun 2007.
Pada Juni 2008, Weebly menambahkan fitur baru yaitu Weebly pro, memungkinkan pengguna untuk membuat password halaman yang dilindungi, peninkatan batasan ukuran file upgrade, serta menerima layanan dukungan tambahan atau support. Pada tahun 2008, fitur Weebly editor kompatibel dengan Safari dan Google Chrome, kompatibilitas weebly editor diperkenalkan sebelumnya untuk Internet Explorer dan Firefox.


2.     Fitur-Fitur yang ada di weebly

Antarmuka Weebly editor memungkinkan pengguna untuk dengan mudah dan cepat "seret dan jatuhkan" konten ke dalam halaman website yang terbuka, yang mana ini merupakan fitur utama weebly. Selain itu di weebly pengguna bisa membuat desain tema, menambah blog, dan tentunya terbebas dari iklan. Weebly terdiri dari 2 jenis akun yaitu akun free dan akun pro, untuk akun free hanya terbatas untuk membuat 2 weebsite saja, sedangkan untuk akun pro bisa membuat hingga 10 website. Selain itu akun pro memiliki keunggulan seperti peningkatan ukuran "filesize" untuk menggunggah berkas, unggah video, perlindungan halaman, favicon, menghapus tautan kaki dari weebly, dan dukungan premium. Di weebly anda juga dapat mengundah pengguna lain untuk mengedit websitenya.
Weebly juga memungkinkan pengguna untuk menggunakan nama domain kustom untuk versi gratis. Ini memberikan kesempatan untuk mencoba weebly sebelum memutuskan untuk meningkatkan ke versi pro. Selain itu terdapat fitur "archive" bilamana ingin migrasi ke penyedia layanan hosting lainnya. Fitur ecommerce atau toko online juga tersedia untuk weebly.

3.  Langkah- Langkah Membuat Website Melalui Weebly

1.      Masuk ke situs weebly.com, setelah itu lakukan sign-up dengan mengisi nama, email dan password yang anda sukai lalu klik Ok let’s go
2.      Kemudian ketikkan nama situs dan pilih kategori. Lalu klik “Continue”.
3.      Kemudian pilih alamat web. pada contoh di bawah menggunakan contoh subdomain. Anda juga bisa gunakan domain anda sendiri jika anda sudah punya. Klik continue.
4.      Pada tahap ini pembuatan dasar web sudah jadi, dan hasilnya seperti gambar dibawah.
5.      langkah berikutnya untuk membuat web adalah memasukkan elemen-elemen web yang anda butuhkan. Misalnya kita masukkan di sini elemen paragraph with picture. Tarik elemen tersebut ke tengah halaman website.
6.      Kemudian klik elemen yang sudah dimasukkan tersebut. Dan mulailah untuk mengisi landing page tersebut dengan beberapa teks (misal kalimat welcome)
7.      Kemudian anda juga bisa tambahkan gambar sesuai kebutuhan anda.
8.      Setelah dirasa cukup, anda bisa melihat hasilnya dengan mengklik tombol publish.

D.      Membuat Website melalui Hostinger

1.    Langkah-Langkah Membuat Website melalui Hostinger



1.      Buka browser  favorit Anda (Chrome /Firefox) lalu buka halaman berikut ini :


2.      Setelah itu, klik “Order sekarang” atau “Buat Akun”
3.       Masukkan data diri Anda dengan benar, lalu klik “Buat Akun”
4.       Sekarang Anda diminta untuk konfirmasi email.


5.      Silahkan buka email yang Anda gunakan untuk mendaftar tadi, lalu klik kode konfirmasi yang telah dikirimkan. Hostinger Indonesia info@idhostinger.com


Halo xxxxx , Terimakasih telah bergabung dengan kami. Silahkan klik link di bawah ini untuk melakukan aktivasi akun Anda: http://cpanel.idhostinger.com/auth/confirm/hash/xxxxxxxx

Terimakasih
6.      Pendaftaran berhasil, sekarang masukkan nama website yang akan kita buat, misalkan www.topinfo.16mb.com dan lengkapi data dibawahnya, kemudian klik “Buat”.
7.      Akan muncul proses pembuatan akun website, tunggu sampai selesai dan statusnya menjadi Akun Aktif (Sekitar 5 menit).


8.      Jika sudah “Akun Aktif”, cek dengan mengakses alamat website Anda tadi di browser, maka akan muncul gambar berikut ini :


Your website is up and running!”, artinya website anda sudah jadi dan sudah berjalan.
9.      Tahap selanjutnya ialah instalasi script/ software website. Kembali ke halaman idhostinger, klik “Kontrol Panel” lalu pilih website Anda kemudian tekan “Beralih” (Switch).
10. Setelah masuk “Kontrol Panel”, cari di bagian “Website” dan klik “Penginstall Otomatis” (Auto Installer).
11. Kemudian silahkan pilih salah satu script / software website yang disediakan, misalnya WordPress. Klik “Install WordPress”, lalu masukkan user dan password untuk login website.
a.       Kotak pertama biarkan kosong. Artinya anda akan menggunakan main folder (root situs) sebagai tempat installasi wordpress
b.      Kotak kedua isi dengan nama akun admin situs anda, isi apa saja sesuai selera. Ini adalah username yang akan digunakan untuk login bagian backend situs wordpress anda, yakni ketika anda akan posting, membalas komentar, dll.
c.       Kotak ketiga isi pasword sesuai selera.
12. Jika muncul pertanyaan, klik saja “OK”.
13. Tunggu proses instalasi website sampai selesai (sekitar 10 detik saja).
14. Setelah instalasi selesai, maka akan muncul data-data website Anda. Silahkan ini dicatat untuk login ke website Anda.
15. Website Anda sudah jadi, silahkan buka “URL instalasi” untuk melihat website dan “URL Login” untuk login dan mengatur website.
16. Tahap selanjutnya Anda tinggal mengatur beberapa settingan tampilan website Anda agar lebih menarik. Jangan lupa juga untuk menambahkan beberapa artikel agar web tidak terlihat kosong tanpa ada berita. Untuk langkah-langkahnya silahkan baca artikel “Update” dibawah ini.
17. Setelah semuanya siap jangan lupa daftarkan website Anda ke mesin pencari seperti google, yahoo dan bing serta sering-sering promosi dan submit artikel ke berbagai jejaring sosial bookmark agar banyak pengunjung.

2.     Panduan Dasar Mengelola Situs Berbasis WordPress

Cara Login ke Dashboard WordPress Self Hosting
1.      Ketikkan “www.   alamat-situs-anda   .16mb.com/wp-admin”
2.      Masukkan username dan password, lalu klik “Log In”

 Cara Recovery Password yang Lupa WordPress Self Hosting
1.      Ketikkan “www.   alamat-situs-anda   .16mb.com/wp-admin”
2.      Pada bagian bawah kotak login, klik “Lost Your Password?”
3.      Masukkan username / email Anda, maka password akan dikirim ke alamat email Anda

3.    Mengubah Password Admin WordPress Self Hosting

1.      Login ke Dashboard WordPress Anda
2.      Pada bagian kanan atas, klik link username Anda misalkan “Howdy, Admin
3.      Scoll ke bawah, pada bagian “New Password” isikan dengan password baru dan isikan pula pada kotak dibawahnya. Tips: Lihat indikator di bawah kotak, jika berwarna Merah / low, sebaiknya ganti password Anda dengan yang lebih aman sampai indikator berwarna Hijau / Strong NB: Pada halaman ini Anda juga bisa melengkapi data-data Anda seperti mengganti nama, avatar (Foto Profil), email, website dsb.
4.      Klik “Update Profile”

4.    Cara Mengganti Tema / Template WordPress Self Hosting

1.      Login ke Dashboard WordPress Anda
2.      Scroll ke bawah, klik menu “Apperance” -> “Themes”
3.      Klik tema yang Anda inginkan, lalu klik “Activate”

5.     Cara Menambah Tema WordPress Self Hosting

1.      Login ke Dashboard WordPress Anda
2.      Scroll ke bawah, klik menu “Apperance” -> “Themes”
3.      Pada bagian atas, klik “Install Themes”
4.      Jika Anda ingin menginstall secara online, masukkan kata kunci pada kotak pencarian misalnya “simple theme” atau “magazine” lalu klik “Search atau bisa juga melalui Feature Filter, centang fitur yang Anda inginkan, lalu klik “Find Theme”
5.      Jika Anda sudah punya file tema wordpress, silahkan klik menu Upload dan pilih file wordpress Anda. Setelah itu klik “Install Now”

6.     Panduan Menulis Artikel Dinamis pada WordPress Self Hosting

1.      Login ke Dashboard WordPress Anda
2.      klik menu “Posts” -> “Add New”
3.      Klik “Enter Title Here”, lalu masukkan judul artikel
4.      Pada kotak dibawahnya, masukkan artikel Anda. Bisa dengan cara copy paste dari file ms. word atau dokumen yang lain
5.      Untuk menambahkan gambar, lagu atau film klik icon sebelah tulisan “Upload/Insert”
6.      Untuk membuat fitur “Read More” atau “Selengkapnya…” klik icon “Insert More Tag” atau tekan “Alt+Shift+T
7.      Lihat pada bagian kanan, pada kotak “Categories” pilih kategori artikel atau buat baru dengan klik “+Add New Category”
8.      Pada kotak “Tags”, masukkan kata kunci artikel misalnya “jaringan komputer, tkj, panduan”. Setiap kata kunci dipisahkan dengan koma. Setelah kata kunci dituliskan semua, tekan “Enter”
9.      Untuk menerbitkan tulisan, klik tombol biru bertuliskan “Publish”
10.  Untuk menyimpan tulisan saja tanpa diterbitkan, klik “Save Draft”

7.    Cara Mengubah Nama Situs / Blog Anda

1.      Login ke Dashboard WordPress Anda
2.      Scroll ke bawah, klik menu “Settings” -> “General” (Pengaturan->Umum)
3.      Ganti Site Title / Judul Situs sesuai dengan yang Anda inginkan, misal “Habibie Blogs”
4.      Ganti Slogan menjadi moto hidup Anda.

BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Website adalah sering juga disebut Web, dapat diartikan suatu kumpulan-kumpulan halaman yang menampilkan berbagai macam informasi teks, data, gambar diam ataupun bergerak, data animasi, suara, video maupun gabungan dari semuanya, baik itu yang bersifat statis maupun yang dinamis, yang dimana membentuk satu rangkaian bangunan yang saling berkaitan dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan halaman atau hyperlink.
Atau definisi website adalah kumpulan dari berbagai macam halaman situs, yang terangkum didalam sebuah domain atau juga subdomain, yang lebih tempatnya berada di dalam WWW (World Wide Web) yang tentunya terdapat di dalam Internet. Halaman website biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format Hyper Text Markup Language (HTML), yang bisa diakses melalui HTTP, HTTP adalah suatu protokol yang menyampaikan berbagai informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para user atau pemakai melalui web browser.
Terdapat bermacam-macam website diantaranya:
·       Website Statis adalah suatu website yang mempunyai halaman yang tidak berubah. Yang artinya adalah untuk melakukan sebah perubahan pada suatu halaman hanya bisa dilakukan secara manual yitu dengan cara mengedit kode-kode yang menjadi struktur dari website itu sendiri.
·       Website Dinamis adalah merupakan suatu website yang secara strukturnya diperuntukan untuk update sesering mungkin. Biasanya selain dimana utamanya yang bisa diakses oleh para pengguna (user) pada umumnya, juga telah disediakan halaman backend yaitu untuk mengedit kontent dari website tersebut. Contoh dari website dinamis seperti web berita yang didalamnya terdapat fasilitas berita, dsb.
·       Website Interaktif adalah suatu website yang memang pada saat ini memang terkenal. Contohnya website interaktif seperti forum dan blog. Di website ini para pengguna bisa berinteraksi dan juga beradu argument mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka.
Manfaat dari website biasanya sebagaian orang memiliki suatu alasan untuk membuat web itu sendiri, diantaranya:
·           Memperluas jangkauan promosisesuatu, dengan memiliki website maka produk kita lebih bisa dikenal oleh masyarakat khususnya pengguna internet.
·           Bisa menjadi media tanpa batas, sebab internet adalah media informasi yang tanpa batas. Dengan memiliki website kita berarti sama saja memiliki banayk karyawan yang mempromosikan produk kita selama 24 jam. Yang artinya diman website kita akan memberikan suatu informasi kepada calon konsumen selama 24 jam.
·           Promosi yang luas, internet adalah suatu media promosi terluas di dunia jika dilihat dari jangkauan area.
·           Media pengenalan perusahaan, Jika kita memeliki suatu perusahaan akan lebih mudah kita mengenalkan perusahaan lewat website, kerana jangkauannya internet yang luas dan pemakainya yang banyak, sehingga perusahaan kita akan dikenaloleh masyarakat banyak sehingga dapat mendatangkan calon konsumen dengan cara promosi produk lewat website.
·           Dan lain-lain.
Domain website, contohnya bisa di baca di bawah ini:
  • .co.id : Biasanya digunakan untuk badan usaha yang memiliki badan hukum sah.
  • .go.id : Khusus digunakan untuk Lembaga Pemerintahan  RI.
  • .ac.id : Dipakai untuk Lembaga Pendidikan.
  • .or.id: Dipakai untuk segala macam organisasi yang tidak termasuk kedalam kategori ”co.id”,”go.id”,”mil.id”, “ac.id” dan sebagainya.
  • .war.net.id : Dipaki untuk industri warung internet (warnet) yang ada di Indonesia
  • .sch.id: Dipakai khusus untuk Lembaga Pendidikan SD, SMP dan SMU atau SMK
  • .web.id: Biasanya digunakan untuk organisasi, badan usaha, ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di WWW.

B.     SARAN

Demi kesempurnaan makalah ini, kami membuka hati yang lapang dan pikiran yang jernih untuk menerima masukan yang sifatnya membangun demi kesempurnaan makalah selanjutnya. Semoga makalah ini dapat membantu para pembaca terkait website.

PANDUAN LENGKAP MEMBUAT WEBSITE

Terimakasih telah membca artikel berjudul PANDUAN LENGKAP MEMBUAT WEBSITE

SL Blogger
Kumpulan Makalah Updated at: 12/21/2016

0 komentar PANDUAN LENGKAP MEMBUAT WEBSITE

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak